Article

Homepage Article Kain 5 Variasi Kain Linen Yang…

5 Variasi Kain Linen Yang Nyaman Dipakai Untuk Busana Sehari-Hari

Dikenal sebagai salah satu bahan kain yang sangat populer dan selalu eksis dalam dunia mode, kain linen yang biasa digunakan untuk membuat busana pria dan busana wanita ternyata variasinya ada banyak lho. Beda jenis bahan beda pula karakteristik yang dimilikinya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Linen

Kain linen termasuk ke dalam jenis bahan kain yang terbuat dari serat alami, yakni serat tanaman flax (Linum usitatissimum) yang juga dianggap sebagai tanaman budidaya penting di beberapa negara terutama Eropa dan Rusia. Khusus untuk pembuatan kain, bagian tanaman yang  diambil seratnya bukanlah bagian bunga melainkan kulit pohon.

  • Pada zaman Mesir Kuno kain linen yang juga dikenal sebbagai kain tertua dalam peradaban manusia kerap digunakan untuk membungkus mumi.
  • Praktek pembungkusan mumi dengan kain linen yang dianggap sebagai simbol cahaya dan kesucian.

Kain Linen

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Dari yang awalnya digunakan untuk membungkus mumi, kain linen kemudian dikembangkan lebih lanjut sebagai bahan pembuatan pakaian yang terkenal hingga saat ini. Salah satu ikon fashion Mesir yang juga mengenakan kain linen yaitu Ratu Cleopatra Philopator.

Kain Linen

Sumber : https://mymodernmet.com/

Simak juga 8 Karakteristik Paling Khas Dari Serat Flax / Serat Linen.

Jenis-Jenis Kain Linen

Seperti halnya kain katun dan bahan lain yang sama-sama dibuat dari serat alami, kain linen inipun pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Linen Rami

Kain linen rami merupakan sejenis kain berbahan dasar linen yang ditambah dengan aksen rami. Kain ini secara keseluruhan memiliki sifat yang serupa dengan kain linen yakni tergolong kuat, tahan lama dan nyaman digunakan hanya saja permukaannya agak kasar dan cenderung terlihat serat kainnya.

Tapi sekalipun permukaannya agak kasar dan serat kainnya terlihat jelas, kain linen rami ini justru terkenal ringan dan lembut dibandingkan dengan variasi linen yang lain yang ketebalannya sama.

Kain Linen

Sumber : https://www.alibaba.com/

2. Kain Pure Linen

Kain pure linen merupakan variasi kain linen yang dibuat dari 100 % serat tumbuhan flax dan tidak dicampur dengan bahan lain. Kain ini dianggap sebagai jenis linen yang paling berkualitas karena sifatnya yang kuat, tahan lama, dan nyaman digunakan saat cuaca panas.

  • Kain pure linen mempunyai tekstur yang spesial yang cocok untuk pakaian vintage maupun klasik.
  • Kain pure linen juga dikenal sebagai kain yang memiliki tekstur kasar dan keras, tetapi setelah digunakan beberapa kali akan menjadi lebih lembut dan nyaman digunakan.

Kain Linen

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Kain Linen Crinkle

Kain linen crinkle merupakan variasi kain linen yang memiliki tekstur berkerut atau aksen kerutan pada permukaannya. Namun meski teksturnya tidak rata atau bisa dibilang berkerut namun ketika dipegang bahan ini akan tetap terasa lembut dan nyaman ketika dipakai.

  • Kain linen crinkle bobotnya cenderung ringan.
  • Kain linen crinkle memiliki sirkulasi udara yang sangat baik.
  • Kain linen crinkle nyaman digunakan meskipun cuaca panas.
  • Kain linen crinkle memiliki kesan mewah.
  • Kain linen crinkle tidak perlu disetrika agar tekstur kusutnya tidak hilang.

Kain Linen

Sumber : https://id.aliexpress.com/

4. Kain Linen Crepe

Kain linen crepe merupakan variasi kain linen yang bersifat lentur dan memiliki tekstur seperti kulit jeruk, sedikit berpasir, kasar atau terlihat berkerut pada bagian permukaan kainnya namun tetap terasa lembut.

  • Kain linen crepe diproses dengan komposisi dan konstruksi yang khusus sehingga mendapatkan warna dan tekstur yang terbaik.
  • Kesan kasar yang ditampilkan bahan crepe tersebut umumnya diperoleh dari proses tenun kain yang sangat bervariasi.

Kain Linen

Sumber : https://www.moodfabrics.com/

5. Kain Linen Slub

Kain linen slub merupakan varian kain linen yang memiliki jalinan benang bergaris-garis (slub) sehingga menimbulkan kesan yang lebih eksklusif. Setiap garis yang ada pada bahan kain inipun umumnya memiliki warna yang senada dengan warna kain, sehingga memberikan motif elegan ketika digunakan.

  • Kain linen slub memiliki susunan serat yang rapat, bahannya halus dan adem.
  • Kain linen slub sedikit lebih tebal dibanding variasi linen yang lain, namun tetap mudah untuk menyerap keringat.
  • Kain linen slub cukup mudah untuk dibedakan dengan bahan linen lainnya karena memiliki tekstur slub alias garis-garis tak beraturan efek dari diameter benang yang dibuat tidak rata.

Kain Linen

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Meskipun banyak jenisnya, anda tidak perlu bingung karena setiap jenis kain linen punya kelebihan yang sama. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain linen yaitu:

  • Kain linen terkenal kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kain serat kapas.
  • Kain linen mempunyai sifat bahan yang halus, adem, tidak gatal dan mudah menyerap keringat.
  • Kain linen mempunyai kemampuan untuk menyerap molekul air dan cepat kering jika basah.
  • Kain linen termasuk ke dalam jenis kain yang tahan cuci dan warnanya tidak mudah berubah oleh sinar matahari.
  • Kain linen juga nyaman dipakai, tidak panas dan tidak transparan.

Pemanfaatan Kain Linen

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain linen memang sangatlah cocok digunakan untuk membuat berbagai macam model busana formal, busana casual bahkan baju tidur yang nyaman digunakan saat santai.

Beberapa contoh fashion item yang dapat dibuat dari kain linen tersebut antara lain berupa:

  • Fashion wanita : baju blus wanita, tunik, dress, gamis wanita, rok dan lain sebagainya.

Kain Linen

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Fashion pria : kemeja, baju koko, gamis pria dan lain sebagainya.

Kain Linen

Sumber : https://www.chinaecofiber.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kain linen yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan kain linen yang dapat digunakan untuk membuat pakaian, semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Butuh bahan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.