Article

Homepage Article Fashion Muslim 10 Alasan Mengapa Kain Moscrepe…

10 Alasan Mengapa Kain Moscrepe Sangat Direkomendasikan Untuk Busana Muslim

Butuh rekomendasi bahan kain yang bagus dipakai untuk membuat busana muslim?. Untuk anda yang ingin tampil beda dari biasanya, mungkin anda bisa memilih kain moscrepe yang memiliki permukaan berkerut layaknya kulit jeruk tetapi permukaannya licin apabila disentuh sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Moscrepe

Kain moscrepe dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang cukup populer dalam dunia mode. Kain ini umumnya dibuat dari serat rayon dan ditenun menggunakan mesin tenun dobby tenun bermotif yang ditemukan tahun 1840 sehingga tampilannya tampak seperti gambar-gambar kecil (biasanya bentuk geometris) yang dibentuk langsung oleh struktur tenun kain tersebut.

Kain Moscrepe

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, kain moscrepe sendiri memang sering digunakan dalam pembuatan busana muslim karena karakteristik kainnya terbilang cukup unik dan nyaman digunakan.

  • Memilih kain moscrepe untuk busana muslim sangatlah disarankan karena kain moscrepe sendiri diketahui memiliki banyak kelebihan.
  • Dengan menggunakan kain moscrepe sebagai bahan utamanya busana muslim yang dihasilkan akan memiliki tampilan yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis kain lainnya.

Kain Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

Alasan Harus Memilih Moscrepe

Alasan lain mengapa anda harus memilih bahan kain moscrepe sebagai bahan busana muslim yaitu:

1. Tampilannya Sangat Khas

Kain moscrepe memiliki tampilan yang sangat khas yakni teksturnya tampak seperti kulit jeruk atau seperti butiran pasir tapi tetap memiliki permukaan yang halus dan licin ketika diraba dengan telapak tangan.

2. Halus dan Lembut di Kulit

Kain moscrepe sangat cocok digunakan untuk pembuatan busana muslim karena memiliki tekstur yang halus dan lembut. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik busana yang dihasilkan tak hanya memiliki tampilan yang elegan tapi juga nyaman digunakan.

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita beberapa contoh busana muslim yang banyak dibuat dari kain moscrepe ini antara lain berupa gamis, kaftan, tunik serta berbagai model busana lain yang membutuhkan elastisitas yang baik.

Kain Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Seratnya Sangat Rapat

Dibanding bahan kain wollycrepe dan bubble crepe, kain moscrepe memiliki susunan serat yang jauh lebih rapat dan jika ditarik sedikit elastis. Tingkat kerapatan seratnya yang tinggi membuat kain moscrepe sangat kuat khususnya bila digunakan untuk jenis pakaian wanita.

  • Penggunaan kain moscrepe untuk busana muslim sangatlah direkomendasikan karena kain moscrepe sangatlah kuat.
  • Seratkainnya yang lebih rapat juga menghasilkan tekstur moscrepe yang lebih mewah.
  • Busana yang dibuat dari kain moscrepe inipun sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang cukup padat.

Kain Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Bahannya Tidak Menerawang

Kain moscrepe memenuhi kriteria yang bagus untuk busana muslim karena bahannya tidak tansparan dan tidak menerawang. Meski demikian untuk kain moscrepe yang berwara putih sebaiknya tetap diberi tambahan furing.

  • Karakteristiknya yang tidak menerawang menjadi salah satu alasan mengapa banyak produsen yang menggunakan kain ini sebagai busana muslim.
  • Dengan menggunakan kain moscrepe sebagai bahan utamanya bentuk tubuh pun tidak akan terlihat dari luar.

Kain Moscrepe

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Bahannya Sangat Nyaman Digunakan

Kain moscrepe cukup nyaman digunakan untuk banyak aktivitas meskipun daya serapnya tidak sebaik bahan kain yang dibuat dari serat katun.

6. Bahannya Sangat Lentur

Kain moscrepe memiliki kelenturan ke arah vertikal maupun horizontal sehingga sangat nyaman dipakai seharian, tidak seperti varian kain crepe lainnya yang kelenturannya hanya ke satu arah saja yakni arah vertikal atau arahh horizontal.

  • Kain moscrepe disusun dalam dua benang vertikal jadi karakterisiknya jadi lebih lentur.
  • Sifatnya yang lentur menjadi suatu keunggulan tersendiri walau kain moscrepe tidak mengandung bahan spandex.
  • Teksturnya yang lentur cocok digunakan untuk aktivitas yang mengharuskan bergerak lebih aktif.

Kain Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Bahannya Tergolong Ringan

Kain moscrepe dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang ringan bila dibandingkan dengan bahan crepe yang memiliki ketebalan sama. Dengan begitu busana muslim yang dibuat dari kain moscrepe tidak terasa berat, bahkan jika modelnya dibuat bertumpuk sekalipun.

8. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain moscrepe termasuk ke dalam jenis bahan kain yang tidak mudah kusut, bahkan tanpa harus diseterika sekalipun permukaan kain moscrepe akan senantiasa tampak rapi.

  • Permukaan kain yang membentuk seperti butiran pasir, membuat kain moscrepe tidak mudah kusut.
  • Sekalipun kusut hal tersebut bisa ditutupi dengan permukaan kain yang bertekstur seperti kulit jeruk atau butiran pasir.

9. Sangat Mudah Dibentuk

Kain moscrepe sangat mudah dibentuk mengikuti pola, terutama untuk jenis busana muslim wanita yang memiliki model dan potongan cuku rumit. Atas dasar itulah jika untuk membuat busana wanita yang rumit sebaiknya anda memilih bahan moscrepe ini.

10. Perawatannya Sangat Mudah

Kain moscrepe juga cukup mudah dalam perawatannya, sehingga cocok digunakan untuk pembuatan busana muslim yang sering digunakan sehari-hari. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam merawat busana berbahan kain moscrepe yaitu:

  • Biasakan untuk tidak merendam busana dari kain moscrepe terlalu lama karena akan membuat tekstur kain menjadi rusak.
  • Gunakanlah beterjen yang lembut dan dapat merawat kain dengan sempurna tanpa merusak teksturnya.
  • Hindari penggunaan mesin cuci, sebagai gantinya anda bisa mencuci busana muslim berbahan kain moscrepe dengan tangan saja.
  • Setelah melakukan pencucian jemur busana berbahan moscrepe di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung agar warna alaminya tetap terjaga dengan baik.
  • Untuk merapikan busana berbahan moscrepe setrika permukaan pakaian dengan suhu rendah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah alasan penting mengapa anda harus memiliki busana muslim yang dibuat dari kain moscrepe. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kedepannya anda tidak lagi menemukan kesulitan ketika hendak memilih bahan kain yang tepat untuk membuat busana muslim ya.  

Butuh bahan kain moscrepe berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model busana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain moscrepe yang kami miliki.

Download juga pola gamis siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat baju gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.