Article

Homepage Article Fashion Design Transformasi Warna Seragam…

Transformasi Warna Seragam Satpam Indonesia Dari Masa ke Masa

Biasa diidentikkan dengan warna biru-putih atau warna biru-biru selama puluhan tahun lamanya tepatnya sejak tahun 1980 hingga 2020, baju seragam yang digunakan oleh para satpam atau petugas keamanan belakangan telah berganti warna lagi lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Seragam Satpam

Seragam satpam dapat didefinisikan sebagai sejenis pakaian yang didesain khusus untuk dikenakan oleh para petugas keamanan atau satuan pengamanan yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan keselamatan di berbagai lokasi seperti bangunan, perusahaan, pusat perbelanjaan dan institusi lainnya.

  • Seragam satpam dirancang untuk memberikan identitas visual yang jelas bagi petugas keamanan dan juga menunjukkan otoritas mereka kepada masyarakat.
  • Seragam satpam diciptakan untuk memastikan bahwa semua anggota tim keamanan memiliki penampilan yang seragam dan konsisten.
  • Seragam satpam berfungsi untuk menciptakan kesan solidaritas dan identitas kelompok dalam melaksanakan tugas keamanan.

Sebagai salah satu atribut yang memiliki fungsi sangat penting untuk memberikan identitas visual pada penggunanya dan mencerminkan kesan profesionalisme pada penggunanya, seragam satpam sendiri dalam perjalanannya telah mengalami perubahan wajah kurang lebih sebanyak tiga kali lho.

Perkembangan Seragam Satpam

Mau tahu seperti apa perkembangan warna baju seragam satpam dari masa ke masa. Untuk menjawab rasa penasaran kamu berikut kami bagikan gambaran singkat mengenai perubahan baju seragam yang dikenakan oleh petugas satpam di Indonesia.

1. Putih Biru

Seragam satpam dengan biru-putih (bawahan biru dan atasan putih) dan biru-biru (bawahan biru dan atasan biru) menjadi seragam pertama yang dikenakan oleh para petugas keamanan sejak pertama kali mereka diresmikan oleh Jenderal Polisi Awaloedin Djamin dan dikukuhkan melalui surat kepolisian SKEP/126/XII/1980.

Sesuai dengan keputusan Awaloedin Djamin, berarti selama lebih dari 40 tahun para petugas keamanan telah menggunakan atasan putih dan celana biru tua untuk seragam kerja mereka.

  • Seragam satpam yang identik dengan warna biru putih telah menjadi seragam kebangaan satpam sejak 1980 hingga 2020.
  • Kombinasi warna biru putih ini memberikan kesan yang bersih, profesional dan mudah dikenali oleh masyarakat.

Seragam Satpam

Sumber : https://www.shopback.co.id/

2. Cokelat Mirip Polisi

Merujuk pada Peraturan Kapolri No. 4 Tahun 2020 yang termaktub dalam Pasal 45, seragam satpam yang identik dengan warna biru putih selanjutnya mulai diubah menjadi warna coklat muda untuk atasannya dan berwarna coklat tua untuk bawahannya sejak awal tahun 2021.

  • Seragam satpam yang berwarna coklat sepintas tampak mirip dengan yang dikenakan anggota kepolisian.
  • Kendati warnanya tampak serupa, tapi tetap saja terdapat sejumlah perbedaan antara seragam satpam dan polisi.

Beberapa hal mendasar yang bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk membedakan seragam satpam dan seragam polisi yaitu terletak pada lambang dan tanda kepangkatan.

  • Lambang

Pada baju seragam polisi terdapat lambang Polri yang bernama Rastra Sewakottama.

  • Lambang Polri terdiri dari gambar perisai, pancaran obor, tangkai padi dan kapas, serta tiga bintang yang bermakna tribrata.
  • Lambang Polri tersampir di bagian depan topi seragam pakaian dinas harian (PDH).

Sementara, pada seragam satpam lambang yang digunakan yakni berupa lambang satpam yang terdiri dari gambar perisai, gada atau pentungan, padi dan kapas, pita, serta nyala api. Lambang tersebut juga tersampir di topi seragam PDH satpam.

  • Tanda Kepangkatan

Pada seragam polisi, tanda kepangkatan terbagi sesuai dengan tiga tingkatan pangkat, dimulai dari tamtama, bintara, hingga perwira.

  • Tanda kepangkatan pada seragam polisi umumnya lebih bervariasi dibandingkan tanda kepangkatan di seragam satpam.
  • Dalam kepangkatan bintara dan perwira misalnya, masih ada pembagian tingkatan di masing-masing golongan pangkat tersebut.

Sementara, sistem kepangkatan yang digunakan pada seragam satpam hanya terbagi menjadi tiga. Tanda kepangkatan yang dimaksud yakni mulai dari pelaksana, supervisor dan manajer.

Seragam Satpam

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Krem Coklat

Karena dianggap terlalu mirip dengan seragam Polri dan membuat warga masyarakat kesulitan untuk membedakan polisi dan satpam, warna baju seragam satpam akhirnya kembali mengalami perubahan yakni menjadi berwarna krem dan berlengan pendek.

  • Seragam baru tersebut pertama kali diperkenalkan dalam upacara Peringatan HUT ke-41 satpam yang digelar di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta.
  • Dalam acara yang digelar pada hari rabu tanggal 2 Februari 2022 tersebut, ratusan satpam yang hadir telah mengenakan seragam baru.

Warna baru seragam satpam yang berubah menjadi krem dipilih untuk menggantikan warna coklat muda yang sebenarnya juga baru diatur dalam Perpol No. 4 Tahun 2020 Tentang Pam Swakarsa. Sementara untuk warna celana pada seragam satpam Indonesia sampai saat ini tetap berwarna coklat tua.

Untuk pelengkapnya biasa ditambahkan pula beberapa detail berikut.

  • Lambang kepolisian di masing-masing wilayah satpam bertugas pada lengan baju sebelah kanan.
  • Untuk satpam yang betugas di DKI Jakarta, pada lengan kanan seragamnya tertera lambang Polda Metro Jaya.
  • Untuk satpam yang bertugas di wilayah lain, pada lengan kanan seragamnya ditambahkan pula lambang yang sesuai dengan masing-masing Polda di wilayah mereka.
  • Lambang masing-masing perusahaan tempat satpam tersebut bertugas pada sisi kiri lengan seragam.
  • Lambang yang disertai emblem bertuliskan “Satpam” pada dada bagian kiri.
  • Emblem nama anggota satpam disertai nomor induknya pada dada sebelah kiri.

Seragam Satpam

Sumber : https://www.blibli.com/

Meski warnanya berbeda-beda, kelengkapan baju seragam yang dikenakan oleh satpam sejak dulu hingga sekarang tidaklah banyak mengalami perubahan. Berikut beberapa kelengkapan umum yang biasanya termasuk dalam seragam satpam.

  • Pertama ada topi yang dilengkapi dengan logo atau tanda pengenal perusahaan.
  • Rompi untuk menambah lapisan keamanan dan memberikan perlindungan ekstra.
  • Sepatu yang nyaman, tahan lama dan cocok dipakai untuk tugas-tugas keamanan.
  • Sabuk pengaman (sabuk taktis) untuk membawa peralatan keamanan seperti walkie-talkie, senter dan alat komunikasi lainnya.

Seragam Satpam

Sumber : https://www.shopback.co.id/

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, seragam satpam hendaknya dibuat dari bahan kain yang tahan lama karena seragam ini biasanya akan dipakai dalam jangka waktu yang lama dan dalam berbagai kondisi cuaca.

Untuk pilihan bahannya, beberapa jenis kain yang sering digunakan untuk membuat baju seragam satpam yaitu berupa kain drill, kain twill atau campuran polyester dengan katun lainnya yang memberikan rasa nyaman pada tubuh tapi dari segi kualitas juga terkenal tahan lama.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai perubahan warna baju seragam satpam Indonesia dari masa ke masa. Kalau kamu butuh bahan kain berkualitas denga harga murah untuk membuat baju seragam kamu bisa melihaat-lihat dulu koleksi Bahan Kain Seragam yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.