Article

Homepage Article Jahit Menjahit Tips Mengepres Interlining…

Tips Mengepres Interlining Pada Jas Dengan Teknik Fused/Lem Agar Hasilnya Tidak Bubbling

Sahabat fitinline, kemarin fitinline sudah membahas tentang bahan pelapis yang digunakan pada teknik canvassed atau buntut kuda. Nah untuk kali ini fitinline akan membahas tentang pembuatan jas formal dengan teknik fused atau lem. Tidak seperti pembuatan jas dengan teknik canvassed yang menggunakan beberapa bahan pelapis, teknik fused biasanya menggunakan satu jenis bahan pelapis.
Bahan pelapis yang biasa digunakan untuk teknik fused atau lem yaitu

1. Mori gula atau kain pasir

Fused Jas

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Tricot 

Fused Jas

Sumber : https://spanish.alibaba.com/

Teknik fused adalah proses pembuatan jas dengan cara menempelkan interlining pada kain jas dengan cara di setrika atau di press. Pada saat mengepres interlining pada kain jas harus sangat berhati-hati karena apabila tidak berhati-hati hasilnya bisa menjadi bubbling. Bubbling merupakan salah satu kerusakan dalam pembuatan jas yaitu terjadinya gelembung-gelembung kecil pada bagian jas.

Fused Jas

Sumber : http://www.jasjahit.com/

Fused Jas

Sumber : http://www.jasjahit.com/

Bubbling ini akan sangat mengganggu penampilan dan menjadikan jas tidak terlihat rapi. Yang harus sahabat fitinline perhatikan agar tidak terjadi bubbling pada saat membuat jas yaitu:

1. Usahakan pada saat mengepres seterika jangan terlalu panas, harus disesuaikan dengan jenis kain jas. Pastikan panas seterika stabil. Pengepresan dengan temperatur tinggi atau melebihi daya tahan bahan terhadap panas, seperti jenis bahan wol, sutra, dan jenis bahan lain yang tidak tahan terhadap panas tinggi dapat merubah warna bahan menjadi kekuningan. Selain warna bahan berubah, temperatur tinggi juga dapat menyebabkan kekuatan bahan melemah atau rapuh. Hal ini disebabkan karena kelembaban bahan yang dapat melindungi bahan menjadi berkurang akibat temperatur tinggi.

Fused Jas

Sumber : http://maspionplastic.com/

2. Gunakan kain pelapis pada saat mengepres agar panas setrika tidak langsung tembus pada bahan jas sehingga tidak terjadi bubbling dan tidak merubah warna kain. Usahakan bahan yang digunakan untuk lapisan berwarna putih agar tidak melunturi kain jas, bisa menggunakan bahan katun yang dibasahi air untuk alas pengepresaan agar hasilnya rapi dan dapat mengatasi gosong pada pakaian.

Fused Jas

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Teknik menyetrika harus dipres yaitu cukup ditekan dengan seterika sampai lem pada kain interlining menempel kuat pada kain jas, jangan menyetrika interlining secara maju mundur seperti menyetrika baju, karena akan merubah serat pada kain.

Fused Jas

Sumber : https://id.pinterest.com/

Nah itu tadi merupakan tips agar tidak terjadi bubbling pada saat proses pembuatan jas. Selain  pada proses pembuatan jas, bubbling juga bisa terjadi pada pemakaian jas secara harian karena seringnnya proses gerak, keringat, suhu udara, dan parfum, selain itu jas yang tidak pernah dipakai juga dapat menyebabkan bubbling.

Untuk bubbling yang disebabkan karena pemakaian cara memperbaikinya yaitu dengan menggunakan steamer atau setrika uap stem pada bagian yang bubbling  maka akan kembali dalam bentuk semula. Apabila sahabat fitinline tidak mempunyai seterika uap dirumah, sahabat fitinline bisa memasukkan ke laundry pakaian yang terdapat steamernya, karena tidak semua laundry mempunyai steamer.

Fused Jas

Sumber : http://www.jasjahit.com/

Itu tadi pembahasan seputar bubbling pada jas pria. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat fitinline. 

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.