Article

Homepage Article Fashion Design Strategi Pemasaran Bisnis…

Strategi Pemasaran Bisnis Fashion Online yang Efektif, Bagaimana Caranya?

Strategi Pemasaran Online

Sumber: Unsplash.com/Firmbee.com

Secara garis besar, strategi marketing adalah tahapan penting yang wajib dilakukan apabila para pebisnis ingin usahanya bisa berkembang. Bisa dengan cara memasang iklan, membayar influencer ataupun menggunakan media sosial untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan dan masih banyak lagi. Dengan tujuan, strategi pemasaran tersebut bisa memperoleh jangkauan target pasar yang lebih luas dan mengubah mereka untuk menjadi konsumen tetap.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya apabila para pebisnis memahami terlebih dahulu produk atau layanan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Perlu disadari bahwa tujuan mulia dari hadirnya suatu bisnis adalah menjawab kebutuhan masyarakat dalam bentuk barang ataupun jasa di bidang apapun. Salah satunya termasuk produk atau layanan di bidang industri fashion.

Mengingat ketatnya persaingan yang ada dalam sebuah industri, pengusaha harus menyusun strategi marketing yang baik agar kegiatan promosi berjalan dengan efektif. Adapun tiga strategi marketing online bisnis fashion yang dapat Liners gunakan dalam mengembangkan bisnis fashion yang dimiliki. Tiga cara tersebut di antaranya:

1. Memanfaatkan platform teknologi digital yang ada.

Strategi Pemasaran Online

Sumber: Unsplash.com/Igor Miske

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak masyarakat di Indonesia yang sudah sangat aktif beraktivitas dalam dunia digital. Baik untuk mencari informasi, berkomunikasi, maupun bertransaksi. Melihat hal tersebut, Liners bisa menggunakan peluang ini untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Beberapa platform teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah

  • Website

merupakan halaman digital yang memuat suatu informasi dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan di manapun dengan mudah lewat internet. Pebisnis bisa menggunakan platform ini untuk memajang informasi terkait produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu, dan lain-lain di satu tempat yang sama. Hal tersebut juga akan mempermudah konsumen ketika akan melihat produk apa saja yang ditawarkan.

  • Blog

Adalah salah satu jenis website yang berisikan berbagai jenis konten. Bisa berupa artikel, video ataupun foto yang dikelola oleh penulis atau blogger. Dengan adanya konsistensi dalam pembuatan konten, hal ini bisa menjadi strategi pemasaran untuk meningkatkan peringkat pencarian organik, sehingga menjangkau banyak audiens baru.

Liners bisa mulai membuat konten berupa berita ataupun informasi yang selinier dengan bidang maupun produk fashion yang digeluti. Bahkan, kalian juga bisa menggabungkan platform blog ke website dari usaha kalian sehingga masyarakat bisa mengaksesnya dengan lebih mudah.

  • Sosial Media

Suatu platform yang sangat penting untuk digunakan karena ada banyak masyarakat Indonesia yang aktif bermain media sosial. Media ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk fashion yang dimiliki.

Salah satunya dengan cara membuat konten-konten sederhana yang berkaitan dengan produk fashion atau layanan yang ditawarkan. Keunikannya, media sosial punya potensi yang lebih besar untuk meningkatkan interaksi antara penjual dan pengguna sehingga hubungan baik bisa terjalin.

Meski jumlah pengguna internet cukup banyak, perlu disadari bahwa sebagian orang lebih sering menggunakan smartphone mereka untuk berselancar dalam dunia digital. Maka dari itu, penting untuk diketahui bahwa strategi pemasaran dengan teknologi juga perlu disertai dengan kemudahan untuk mengakses. Baik dalam media komputer/laptop beserta smartphone.

Bentuk tindakan yang dapat diambil adalah mengoptimasi platform usaha fashion tersebut agar bisa diakses melalui smartphone. Sebab, hal itu bisa menjadi pengalaman tidak menyenangkan bagi pengguna apabila platform tidak bisa diakses oleh gadget tertentu.

2. Lakukan promosi untuk meningkatkan trafik audiens menuju media suatu usaha.

Strategi Pemasaran Online

Sumber: Unsplash.com/Markus Spiske

Meningkatkan trafik audiens di platform atau media perusahaan bukanlah suatu hal yang bisa dianggap remeh. Sebab, diperlukan proses yang panjang apabila Liners ingin usahanya banyak didatangi oleh audiens. Berdasarkan hal itu, ada beberapa cara yang berpotensi meningkatkan trafik, yaitu:

  • Menggunakan jasa influencer

Faktanya, memakai jasa endorse pada influencer bisa menjadi cara yang patut dipertimbangkan untuk mempromosikan produk fashion. Mengingat mereka adalah orang yang mendapat banyak perhatian dan banyak diikuti masyarakat di dunia digital. Liners bisa mencoba kolaborasi dengan influencer dalam bentuk review terhadap produk tersebut agar bisa menggaet audiens aktif mereka.

  • Adakan kontes ataupun giveaway.

Metode ini merupakan salah satu cara yang bisa dipakai untuk mendapatkan audiens yang baru. Berikan beberapa syarat yang mudah bagi peserta untuk dapat mengikuti acara promosi ini. Contohnya seperti mendaftarkan akun email, menyukai dan membagikan konten promosi tersebut. Harapannya, cara ini bisa menarik perhatian calon audiens ataupun konsumen.

  • Personalisasikan Segalanya

Shopify menuliskan bahwa 44% dari konsumen tidak keberatan apabila suatu usaha menggunakan data pribadi untuk mempersonalisasikan kegiatan konsumen dalam hal transaksi. Dapat dilihat bahwa personalisasi berpeluang untuk mengembangkan usaha fashion-mu. Tidak hanya sekedar pesan yang dipersonalisasi dengan nama konsumen, tetapi personalisasikan seluruh pengalaman konsumen dengan cara yang tidak berlebihan.

3. Maksimalkan tampilan dan visual agar terlihat menarik.  

Strategi Pemasaran Online

Sumber: Unsplash.com/Erik Lucatero

Siapa yang merasa bahwa usaha yang tampilan menarik dan rapi bisa memberikan nilai lebih? Uniknya, hal ini pun juga termasuk strategi pemasaran produk yang berpeluang untuk menggaet perhatian konsumen. Masyarakat pun bisa cenderung tidak tertarik apabila visual produk fashion yang ditampilkan tidak terkonsep dengan baik.

Dalam dunia fashion, visual menjadi kunci utama dalam mempertahankan pelanggan serta memberikan estetika yang menarik. Pastikan konten berupa foto ataupun video yang diunggah bisa terlihat jelas dan berkualitas tinggi. Cukup ambil gambar dengan sudut yang bagus dan biarkan audiens yang menilai cerita dalam foto produk tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran online berperan penting untuk membuat bisnis semakin berkembang. Maka dari itu, para pebisnis harus aktif merencanakan strategi agar usaha tersebut bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan industri saat ini. Beberapa metode yang telah disebutkan di atas, dapat dijadikan sebagai gambaran awal untuk merencanakan strategi pemasaran yang lebih matang.

Berikutnya, Liners mau tahu seluk beluk memulai bisnis fashion apa lagi nih? Coba tuliskan di kolom komentar.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.