Article

Homepage Article Fashion Design Sering Dianggap Remeh, Berikut…

Sering Dianggap Remeh, Berikut 10 Fungsi Jaket Saat Naik Motor

Dikenal sebagai salah satu perlengkapan yang sangat penting saat berkendara motor, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan jaket saat mengendarai motor. Tak hanya melindungi tubuh dari terpaan angin saja, tapi jaket juga memiliki fungsi penting untuk mencegah terjadinya cedera pada bagian tubuh jika terjadi kecelakaan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket

Jaket merupakan sejenis pakaian luar yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan tambahan pada tubuh saat cuaca buruk. Khusus untuk keperluan berkendara misalnya, jaket sendiri tak hanya berfungsi untuk menghangatkan tubuh, tapi juga memiliki segudang manfaat lain yang tidak kalah penting.

Jaket Motor

Sumber : https://www.amazon.ae/

Pentingnya Keberadaan Jaket

Mau tahu seberapa pentingnya fungsi sebuah jaket saat mengendarai motor?. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keberadaan jaket menjadi suatu hal yang sangat penting bagi para riders.

1. Menjaga Suhu Tubuh

Jaket bisa dipakai untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil sehingga kamu tidak akan mudah sakit akibat terkena perbedaan suhu yang ekstrim saat berkendara.

  • Penggunaan jaket di siang hari bisa melindungi tubuh dari sinar matahari langsung.
  • Penggunaan jaket saat berkendara di malam hari bisa menahan suhu tubuh agar tetap hangat.

2. Mencegah Road Rash

Jaket memiliki fungsi yang penting untuk mencegah terjadinya road rash atau cedera pada jaringan kulit akibat gesekan kulit dengan jalan atau benda keras lainnya saat terjadi kecelakaan atau terjatuh dan tubuh terjatuh dari motor.

  • Selain helm jaket juga bisa menjadi penolong saat terjadi kecelakaan di jalanan.
  • Jaket akan melindungi tubuh dari luka serius misal luka gores, memar atau luka bakar karena adanya benturan antara tubuh dengan aspal.

Meski tidak semua jaket dapat melindungi tubuh dan persendian saat terjadi kecelakaan, namun keberadaan jaket ini setidaknya bisa meminimalisir luka yang lebih berat pada kulit manakala terjadi kecelakaan.

Jaket Motor 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Mencegah Angin Yang Berlebih

Saat berkendara tentu tubuh berbenturan dengan angin dari segala arah terlebih dari arah depan atau pada bagian dada. Jadi dengan menggunakan jaket setidaknya angin yang masuk ke dalam tubuh bisa sedikit diminimalisir.

4. Menangkal Cuaca Buruk

Saat mengendarai motor, jaket bisa dipakai untuk menangkal dan melindungi tubuh dari cuaca buruk seperti angin, hujan atau sinar matahari yang intens.

  • Jaket yang dilengkapi dengan lapisan anti air berfungsi untuk melindungi tubuh dari kebasahan saat berkendara di bawah hujan.
  • Jaket juga dapat digunakan untuk melindungi kulit agar tidak terbakar saat terpapar sinar matahari yang panas di siang hari.

Meski kelihatan sepele paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merusak materi genetik pada sel kulit sehingga dalam jangka panjang bisa membuat pertumbuhan kulit jadi tidak terkendali dan berakhir pada kanker kulit.

Jaket Motor

Sumber : https://www.motorcyclistonline.com/

Simak juga 11 Tips Memilih Jaket Motor Waterproof Terbaik Untuk Kegiatan Touring.

5. Melindungi Tubuh Dari Debu

Menggunakan jaket saat berkendara bisa melindungi tubuh dari debu dan polusi udara. Dengan begitu debu dan polusi udara tidak langsung menyentuh kulit karena terhalang oleh jaket yang kamu kenakan.

6. Mencegah Berbagai Penyakit

Jaket bisa dipakai untuk mencegah terjangkitnya berbagai penyakit yang berbahaya seperti misalnya TBC, paru-paru basah, ispa dan bronkitis. Selain itu jaket juga dimanfaatkan untuk mencegah hipotermia terutama jika kamu sering berkendara di malam hari atau di pagi hari saat udara masih dingin.

Jaket Motor

Sumber : https://ichainwallets.com/

7. Meningkatkan Visibilitas

Jaket yang diciptakan dalam warna-warna cerah memiliki fungsi yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitas di jalanan terutama saat dipakai untuk berkendara di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk.

Untuk meningkatkan visibilitas, beberapa jaket yang didesain khusus untuk para riders bahkan juga dilengkapi dengan pita scotlight agar pemotor mudah terlihat oleh pengguna jalan lainnya terutama saat hujan deras dan pada malam hari.

  • Penambahan elemen reflektif pada jaket membantu pengendara lain untuk melihat penggunanya dengan lebih jelas.
  • Penambahan elemen reflektif pada jaket bisa mengurangi risiko kecelakaan karena kurangnya visibilitas.

Jaket Motor

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Menambah Kenyamanan Berkendara

Jaket terutama yang didesain dengan fitur-fitur kompresi bisa dipakai untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara, mengurangi kelelahan otot serta membantu pengendara menjaga postur tubuh mereka selama melakukan perjalanan panjang.

9. Menyimpan Barang Penting

Jaket berguna untuk menyimpan barang-barang penting yang ukurannya cukup kecil seperti ponsel, dompet atau kunci supaya lebih mudah diakses atau diambil setiap kali dibutuhkan.

10. Tanda Identifikasi / Pengenal

Jaket memiliki fungsi estetika yakni untuk menunjang penampilan dan memberikan sentuhan personal pada busana seseorang. Selain itu jaket juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi afiliasi organisasi atau komunitas motor tertentu.

Jaket Motor

Sumber : https://www.insportline.eu/

Mengingat banyaknya fungsi yang dimiliki jaket tersebut, penting bagi kamu untuk selalu menggunakan jaket yang tepat saat berkendara motor sebagai salah satu bentuk perlindungan fisik dan untuk menjaga keselamatan serta kesehatan saat melakukan perjalanan jauh.

  • Meski harus mengutamakan kenyamanan, dalam memilih jaket untuk berkendara pastikan kamu juga mempertimbangkan kesesuaian ukuran jaket dengan bentuk dan proporsi tubuh kamu.
  • Pastikan bahan yang digunakan untuk membuat jaket memiliki bobot yang ringan dan tentunya cocok untuk kondisi cuaca di Indonesia.
  • Pilih jaket yang dapat menutup dan melindungi tubuh dengan sempurna untuk meminimalisir resiko cidera yang disebabkan kecelakaan saat berkendara.
  • Utamakan untuk memilih jaket yang memiliki warna dasar terang atau setidaknya mendapatkan tambahan garis yang dapat memantulkan cahaya saat terkena sinar lampu.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan jaket saat mengendarai motor. Dengan mengetahui banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan jaket, semoga kedepannya kamu jadi lebih rajin untuk selalu menggunakan jaket ketika bepergian ya.

Butuh bahan berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Bahan Jaket yang kami miliki yuk.

Download juga pola jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.