Article

Homepage Article Cara Menjahit Sepatu Menjahit & Menggabungkan…

Sepatu Menjahit & Menggabungkan Kerutan (Gathering Foot)

Gathering Foot merupakan jenis sepatu jahit yang biasa digunakan untuk membuat kerutan pada kain tekstil. Kerapatan kerutan tergantung pada tension mesin jahit. Selain digunakan untuk membuat kerutan pada kain tekstil, sepatu ini juga bisa dipakai untuk menjahit kerutan menggunakan benang karet. 

Gathering Foot

Sumber : http://elvira.co.th

Sepatu menjahit & menggabungkan kerutan dilengkapi dengan rongga yang terbuka pada bagian bawahnya. Bagian inilah yang berfungsi untuk menyelipkan kain yang ingin kita sambung. 

Gathering Foot

Sumber : http://www.ebay.it

Kain yang dapat disambung dengan sepatu jahit ini bisa berupa satu lembar yang sudah dikerut sedangkan yang satunya lagi tidak. Bisa juga dua-duanya belum ada kerutan, baru kemudian dikerutkan. 

Gathering Foot

Sumber : http://elvira.co.th

Untuk menyambung dua buah kain yang belum memiliki kerutan, pertama-tama tempatkan selembar kain berukuran panjang dibawah sepatu jahit. Sisipkan kain yang akan gunakan sebagai sambungannya pada celah yang terdapat pada bagian bawah sepatu jahit. 

Gathering Foot

Sumber : http://www.husqvarnaviking.com

Pilih pola jahitan berbentuk lurus yang terdapat pada mesin jahit anda. Mulailah menjahit seperti biasa dengan cara menginjak pedal mesin jahit secara perlahan-lahan.

Gathering Foot

Sumber : http://www.husqvarnaviking.com

Ketika proses menjahit berlangsung secara otomatis kain yang ditempatkan pada bagian bawah sepatu jahit tersebut akan membentuk kerutan dan dijahit menyatu dengan kain yang berada diatasnya. 

Gathering Foot

Sumber : https://www.youtube.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.