Article

Homepage Article Jahit Menjahit Sejarah Pola So-En dan Mayneke

Sejarah Pola So-En dan Mayneke

Untuk menciptakan busana yang tidak hanya indah dilihat tetapi juga nyaman saat dikenakan maka dibutuhkan sebuah pola yang bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam membuat pakaian. Pola dasar yang dibuat pada media kertas berdasarkan model dan ukuran yang disesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya, kemudian dijiplak keatas kain sebelum kain tersebut digunting dan dijahit. 

 

 

Pola Pakaian

Sumber : http://www.123rf.com

Dalam desain fashion dikenal berbagai metode yang dapat diterapkan untuk menggambar pola konstruksi pada media datar, diantaranya berupa metode Meyneke, So-En, Dressmaking, Danckaerts dan Cuppens Geurs yang dibuat berdasarkan ukuran badan seseorang. Sistem ini diberi nama sesuai pencipta pola, lembaga, negara, atau benua dimana pola tersebut dibuat. 

Pola Pakaian

Sumber : http://www.callajaire.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Secara garis besar pembuatan pola pakaian dengan teknik konstruksi yang disertai dengan ukuran-ukuran model dan petunjuk pembuatan pola, memungkinkan seseorang untuk menciptakan sebuah busana sesuai dengan model yang diinginkan tanpa memerlukan penyesuaian pola.

Pola Pakaian

Sumber : http://www.123rf.com

Di negara Jepang, metode pembuatan pola dengan sistem So-En dari Bunka Fashion Collage, secara garis besar mendominasi berbagai teknik yang diterapkan untuk menggambar pola pakaian. Bunka Fashion Collage merupakan sekolah menjahit baju barat untuk anak dan wanita yang didirikan oleh Isaburo Namiki pada tahun 1919. 

Pola Pakaian

Sumber : http://moniquealamedine.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Perkembangan Bunka Fashion Collage yang begitu pesat, mendorong lahirnya majalah So-En pada tahun 1936 yang mempublikasikan kreasi pola pakaian para alumni sekolah desain tersebut. Sebagai majalah yang memuat cara membuat pola dan menjahit pakaian, majalah So-En mampu mempertahankan eksistensinya hingga tahun 2005 dan berlanjut sebagai majalah industri busana hingga saat ini. 

Pola Pakaian

Sumber : http://www.afashionablestitch.com/

Metode pembuatan pola yang tidak kalah populer dengan pola So-En yaitu pola Meyneke yang ditemukan oleh J.H.C. Meyneke. Pola meyneke adalah salah satu jenis pola dasar konstruksi datar yang mempunyai lebih dari satu kupnat yaitu kupnat bahu depan dan belakang serta pinggang, sehingga sangat sesuai untuk membuat busana pas badan.

Pola Pakaian

Sumber : http://algae198.blogspot.com/

Jika ingin belajar menjahit dengan pola yang sudah jadi, sahabat fitinline bisa mendapatkan polanya di https://fitinline.com/product/pattern.

Semoga Bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.