Mode

Mode atau fashion merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan gaya berpakaian yang populer dalam suatu budaya tertentu. Secara etimologi mode merupakan nomina atau kata benda yang dapat dimaknai sebagai ragam atau bentuk terbaru dari tata cara berpakaian, potongan rambut serta corak hiasan yang berlaku pada masa tertentu dan terus mengalami perubahan dalam kurun waktu yang relatif cepat. Mode yang dikenakan oleh seseorang mampu mencerminkan siapa si pengguna tersebut.

 

Mode

Sumber : http://www.gerritrietveldacademie.nl/

Hal serupa juga dikemukakan oleh seorang penulis esay dan sejarawan dari Skotlandia bernama Thomas Carlyle. Beliau mengatakan "Pakaian adalah perlambang jiwa. Pakaian tak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia". Dengan demikian, fashion dapat diterjemahkan sebagai bagian dari kehidupan sosial yang membawa pesan dan gaya hidup sekaligus identitas suatu komunitas tertentu. 

Mode

Sumber : http://lecourrier.es/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Sedangkan menurut Malcolm Barnard, kata fashion memiliki keterkaitan dengan bahasa Latin factio yang berarti "membuat". Sehingga istilah mode atau fashion diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang perancang mode untuk menciptakan sesuatu khususnya pakaian beserta aksesorinya. Dalam kehidupan masyarakat barat, fashion kerap digunakan sebagai pengganti istilah dandanan, gaya, atau busana.

Mode

Sumber : http://www.zeit.de/

Seseorang yang selalu tampil fashionable seringkali diidentikkan dengan gaya hidup modern dan selalu mengikuti tren yang ada. Sehingga tidak mengherankan jika cara berbusana seseorang dapat menentukan sikap sekaligus menunjukkan status sosialnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Mode

Sumber : http://stylonica.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Sejak dahulu fashion digunakan sebagai suatu sistem penanda atas perubahan budaya yang terjadi dalam suatu kelompok atau adat tertentu. Bahkan beberapa kota besar didunia seperti New York, Milan, Paris, dan London dianggap sebagai pusat mode dunia yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap trend berbusana yang berkembang dinegara lain.

Mode

Sumber : http://theclassicme.blogspot.com/

Kehadiran trend berbusana dengan gaya Eropa klasik pada abad ke-16 yang terkesan sopan dan jauh dari kesan minimalis mendorong kemunculan model busana lainnya seperti kemeja dan setelan jas yang masih digunakan hingga saat ini. Kepopuleran madonna dan elvis presley yang meluas melalui media televisi pun turut membawa pengaruh yang cukup positif terhadap perkembangan fesyen secara global dengan hadirnya busana-busana bernuansa gothic. 

Mode

Sumber : danielrolnik.deviantart.com/

Sebagai bentuk kebebasan berekspresi, trend fashion yang diciptakan oleh perancang mode dari masa ke masa secara keseluruhan terus mengalami perubahan yang signifikan dan hampir tidak memiliki batasan sama sekali.

Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.