Article

Homepage Article Kain Tekstil Ragam Kain untuk Busana:…

Ragam Kain untuk Busana: Kain Katun

Sahabat Fitinline, artikel sebelumnya telah membahas kain katun untuk penggunaan bahan kaos. Kali ini kami akan bahas tentang kain katun yang digunakan untuk bahan busana yang dijual di pasaran. 

Kain katun ini berdasarkan proses pembuatan, termasuk kain woven atau kain tenun. Yaitu kain yang dibuat dari hasil penyilangan dua benang dengan cara ditenun atau dianyam. Ciri bahan woven adalah tidak dapat ditarik atau tidak elastis. Struktur kain woven terdiri dari benang vertikal atau benang lusi (warp yarn) dan benang horisontal atau benang pakan (weft yarn). Daya lipat dari kain (yaitu kemampuan maximum dari lipatan kain) pada kain woven umumnya lebih baik dari kain rajut.

Kain ini juga terbagi menjadi dua spesifikasi benang, yaitu combed cotton dan carded cotton. Keaslian kain katun dapat terlihat apabila kain katun dibakar maka baunya seperti kertas atau kayu dibakar dan akan menjadi abu. Nomor benang yang digunakan mulai dari 10s sampai 100s, tergantung peruntukan bahan tersebut.

Beragam kain katun dijual di pasaran, misalnya katun biasa, katun silk, katun Jepang, katun Paris, katun foil, dan lain sebagainya. 

Katun Biasa, kain jenis ini memiliki motif yang beraneka ragam mulai dari motif polos, kotak-kotak, bunga, dan abstrak. Memiliki daya serap keringat dengan kualitas yang sedang sampai kualitas yang bagus tergantung prosentase bahan katunnya. Serat katun yang digunakan biasanya kualiats sedang. Prosentase serat katunnya bisa full katun untuk kualitas bagus. Untuk kualitas sedang prosetase katunnya hanya 50% saja dan biasanya dicampur serat sintetis. Warnanya tidak mudah pudar dan tahan lama.

Katun Biasa

katun biasa

Sumber: http://blog.tuneeca.com

Katun Silk atau India atau Zada, kain ini merupakan campuran benang katun dengan benang sutra, namun prosentasenya lebih banyak katun. Benang sutra yang digunakan adalah benang sutra sintetis sehingga memiliki daya serap keringat yang kurang bagus. Kain ini tersedia yang polos maupun bermotif. Memiliki permukaan kain yang mengkilap, warna kilapnya tahan lama meskipun sering dicuci.

Katun Silk

katun silk

Sumber: http://blog.tuneeca.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Katun Jepang, kain ini memiliki serat kain yang lembut cocok untuk anda yang berkulit sensitif. Terbuat dari 100% katun kualitas premium sehingga nyaman, halus, dingin, tidak berbulu dan memiliki daya serap keringat yang bagus. Warna mengkilap atau glossy, warna tidak luntur dan tidak mudah pudar, sering digunakan untuk bahan blous wanita, sprei dan bedcover. 

Katun Jepang

katun jepang

Sumber: http://photobucket.com

Katun Paris, kain ini terbuat dari 100% katun kualitas baik dengan nomor benang sedang. Memiliki daya serap keringat yang bagus, memiliki tekstur kain yang halus dan tipis, mudah lecek, sering digunakan untuk blouse dan kerudung.

Katun Paris

katun paris

Sumber: http://www.dinomarket.com

Katun Foil, kain ini memiliki daya serap keringat dengan kualitas yang sedang sampai kualitas yang bagus, warnanya tahan lama tidak mudah pudar, tekstur kainnya halus dan tipis, biasanya digunakan untuk bahan dress. Kain ini ada yang berbahan 100% full katun kualitas sedang, ada pula yang dicampur dengan serat sintetis.

Dress Berbahan Katun Foil

Dress Berbahan Katun Foil

Sumber: http://coretansangboss.blogspot.com

Sahabat Fitinline, pilihlah jenis kain dan sesuaikan dengan fungsi dari busana yang akan anda dibuat. Setiap bahan memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda. Contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh kain katun. Terkadang penyebutan kain katun di pasaran berbeda-beda, walaupun bahannya sama. Teliti sebelum membeli serta dapatkan dahulu pengetahuan yang cukup sebelum ada membeli barang yang anda butuhkan. Pastikan anda tidak akan menyesal dengan pilihan anda. Tak ada salahnya menanyakan terlebih dulu kepada pedagang sebelum membeli kain agar tak kecewa.

Semoga bermanfaat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.