Article

Homepage Article Desain Fesyen Proses Produksi Busana Industri

Proses Produksi Busana Industri

Dimasa modern seperti sekarang ini, fashion memang telah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Itulah sebabnya mengapa industri garment di tanah air semakin berkembang dengan baik. 

Produksi Busana Industri

Sumber : https://www.pinterest.com/

Sedikit berbeda dengan busana butik, modiste, dan tailor, pakaian yang dihasilkan oleh sebuah industri busana umumnya dibuat melalui proses yang lumayan panjang. Mulai dari proses desain, pattern making, sample making, cutting, sewing, hingga finishing.

Produksi Busana Industri

Sumber : https://sourcingjournalonline.com/

Proses Desain

Penciptaan desain menjadi langkah awal proses manufaktur pakaian. Pada tahap ini divisi desain biasanya akan melibatkan sejumlah desainer yang berpengalaman untuk menciptakan model busana yang sesuai dengan selera konsumen saat ini dan memperkirakan model busana untuk masa yang akan datang.

Produksi Busana Industri

Sumber : https://abeautifulmess.com/

Pattern Making

Dari ide kreatif desainer yang dituangkan ke dalam sebuah kertas sketsa, selanjutnya seseorang yang bertugas untuk membuat pola design akan mengembangkan pola pertama untuk didesain berdasarkan ukuran standar. 

Produksi Busana Industri

Sumber : http://journal.alabamachanin.com/

Sample Making

Berlanjut ke proses sample making. Pada proses ini dibuatlah sampel baju dengan metode pola drafting. Sampel pola desain yang telah jadi dikirim ke bagian penjahit untuk diproses lebih lanjut. Pola tersebut biasanya dijahit pada kain blacu atau kain muslin untuk dianalisa antara kesesuaian pola dan desain. 

Produksi Busana Industri

Sumber : http://news.unl.edu/

Setelah sampel selesai dijahit, sampel tersebut selanjutnya akan dinilai oleh designer, pembuat pola, dan penjahit untuk memastikan apakah sampel baju tersebut memang sudah siap untuk diproses lebih lanjut atau tidak. Jika sudah oke maka contoh pola tersebut bisa diambil untuk dibuatkan pola produksi.

Produksi Busana Industri

Sumber : http://carynluxtondesign.com.au/

Pola produksi merupakan pola yang akan digunakan untuk produksi pakaian yang lebih banyak. Untuk menciptakan pola dalam ukuran standar yang berbeda diperlukan yang namanya proses grading, yakni proses memperbesar atau memperkecil suatu pola menjadi pola-pola dengan ukuran diluar pola asal.

Produksi Busana Industri

Sumber : http://www.stylusapparel.com/

Cutting and Sewing

Kain yang telah digambar sesuai pola kemudian dipotong menggunakan bantuan mesin potong. Dalam produksi pakaian, bahan kain ini selanjutnya juga harus melalui proses berikutnya yang dinamakan sewing, penjahitan dari pola yang telah dibuat sebelumnya.

Produksi Busana Industri

Sumber : http://dmariclothing.com/

Produksi Busana Industri

Sumber : http://c-anywear.co.za/

Setelah proses penjahitan selesai dilakukan, pakaian akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak ada jahitan yang terbuka dan teknik jahit yang salah karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas produk. 

Produksi Busana Industri

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Finishing

Memasuki tahap terakhir yakni proses finishing. Dalam tahap finishing operator akan menggerakan mesin strika untuk merapikan pakaian yang mengkerut. Setelah dirasa cukup rapi semua produk dipacking sesuai dengan ukuran, design, dan warna, kemudian didistribusikan ke toko-toko baju.

Produksi Busana Industri

Sumber : https://www.youtube.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.