Article

Homepage Article Desain Fesyen 3 Bahan Utama Busana Tailoring

3 Bahan Utama Busana Tailoring

Proses pembuatan busana dengan teknik tailoring dapat dikategorikan ke dalam jenis teknik menjahit yang tergolong rumit. Sebab jika dilihat dari hasilnya, busana tailoring itu tampilannya sudah pasti berbeda dengan jenis busana yang lain. Bahan yang digunakan juga bahan yang bagus serta berkualitas baik.

Bahan Busana Tailoring

Sumber : http://www.tidytucstailor.co.za/

Berdasarkan fungsinya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat busana tailoring pada prinsipnya dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam kategori. Bahan yang dimaksud yaitu berupa bahan pokok, bahan tambahan, dan bahan pelengkap.

Bahan Busana Tailoring

Sumber : http://www.kathrynsargent.com/

Bahan Pokok

Bahan pokok merupakan material utama yang harus ada dalam pembuatan busana tailor karena bahan ini dipakai untuk bagian luar busana. Bahan utama menggunakan bahan yang berasal dari serat alam (wool) dan tahan panas. Ketebalannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan sementara untuk warnanya kebanyakan cenderung gelap.

Bahan Busana Tailoring

Sumber : https://www.craftsy.com/

Bahan Tambahan

Bahan penunjang yang dipakai pada proses pembuatan busana tailoring merupakan jenis bahan yang berguna untuk menyempurnakan penampilan suatu busana, seperti bahan pelapis, bahan pelengkap dan bahan pengisi (pembentuk) misalnya adalah hair canvas (tenunan rambut kuda).

Bahan Busana Tailoring

Sumber : https://www.palmerpletsch.com/

Fungsi bahan tambahan disini antara lain untuk memberi rasa hangat, menutup kampuh-kampuh penyelesaian, memperbaiki bentuk busana dan bagian-bagian busana agar tidak tembus pandang serta menambah kekakuan busana dan menguatkan bahan utama.

Bahan Busana Tailoring

Sumber : http://blueloafers.com/

Bahan Pelengkap

Bahan pelengkap adalah bahan-bahan yang digunakan untuk melengkapi atau menyempurnakan suatu busana. Bahan-bahan pembantu yang dibutuhkan dalam pembuatan jas pria terdiri atas:

  • Standart shoulder pad (padding).
  • Button (kancing).
  • Pocketing fabric (lapisan saku dalam).
  • Stay tape untuk mencegah kestabilan dan kemuluran letak interfacing.
  • Sleeve head yang diletakkan diantara kampuh dan kepala lengan untuk memberi bentuk pada kepala lengan.

Bahan Busana Tailoring

Sumber : https://www.linkedin.com/

Bahan Busana Tailoring

Sumber : https://www.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

 

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang segala hal yang berhubungan dengan jas?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book dari kami Di Sini.

E-Book Jas

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.