Article

Homepage Article Desain Fesyen Proses Pencucian Dengan…

Proses Pencucian Dengan Dry Cleaning

Sering menggunakan jasa dry cleaning?. Sahabat Fitinline pasti sudah tahu kan kalau metode pencucian dry cleaning itu berbeda dengan laundry. Sebab dalam dry cleaning sendiri cairan pembersih yang digunakan untuk melarutkan kotoran dan membuatnya menjadi kering yaitu berupa zat kimia solvent bukan detergent cuci biasa. 

Proses Dry Cleaning

Sumber : https://www.zoots.com/

Sebelum anda melakukan dry cleaning sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah ada noda berat yang menempel pada pakaian anda atau tidak. Jika anda menemukan adanya noda berat sebaiknya hilangkan noda tersebut sebelum diproses lebih lanjut dengan metode dry cleaning.

  • Cukup oleskan air pada pakaian yang terdapat noda dan tambahkan pelarut khusus untuk noda membandel (noda karena lemak atau minyak).
  • Tekan dan usapkan dengan lembut pada kedua sisi kain supaya noda yang menempel pada pakaian tersebut sedikit memudar.
  • Jika sudah selanjutnya bilas kain kemudian keringkan. Baru setelahnya bisa diproses lebih lanjut dengan metode dry cleaning.

Proses Dry Cleaning

Sumber : http://www.nigerianbestforum.com/

Setelah noda yang menempel pada pakaian berhasil dihilangkan selanjutnya masukkan pakaian kedalam mesin cuci khusus untuk dry cleaning. Proses pencucian ini dilakukan dengan menggunaan cairan pelarut yang disemprotkan ke semua bagian pakaian saat proses pencucian berlangsung.

Proses Dry Cleaning

Sumber : http://www.drycleaning.com.sg/

Selama pakaian berputar di dalam mesin dry cleaning, ada aliran konstan cairan pelarut yang dikeluarkan melalui sistem pompa dan filter. Cairan pelarut inilah yang sebenarnya berfungsi untuk melepaskan kotoran-kotoran pada pakaian dengan bantuan getaran dan putaran mesin dry cleaning. 

Proses Dry Cleaning

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kotoran yang terlepas dari pakaian selanjutnya akan masuk ke dalam sistem filter sehingga cairan pelarut yang sudah tersaring akan kembali disemprotkan ke dalam wadah yang berisi pakaian.

Begitu proses pencucian selesai dilakukan mesin akan mulai bekerja untuk proses pengeringan pakaian dengan menggunakan sirkulasi udara yang hangat di dalam wadah mesin tersebut. Dinginkan pakaian selama beberapa saat kemudian angkat.

Proses Dry Cleaning

Sumber : https://www.westfield.com.au/

Sampai disini proses pencucian sudah selesai dilakukan. Supaya cairan solvent bisa kembali dipakai untuk pencucian berikutnya zat kimia ini harus diproses dengan destilasi. Destilasi merupakan proses penyulingan solvent yang sudah kotor untuk menghasilkan solvent bersih/murni.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.