Article

Homepage Article Pakaian Adat 5 Perlengkapan Pakaian Adat…

5 Perlengkapan Pakaian Adat Sangihe Talaud

Pakaian adat Sangihe Talaud merupakan pakaian tradisional yang biasa dikenakan oleh masyarakat etnis Sangihe dan Talaud untuk keperluan upacara adat “Tulude” yang diselenggarakan setiap tahun. Upacara ini merupakan perayaan yang diwariskan oleh para leluhur masyarakat Nusa Utara di kepulauan Sangihe, Talaud serta Sitaro di propinsi Sulawesi Utara. Bentuk pakaian adat yang dikenakan oleh kaum laki-laki dan perempuan dalam ritual adat Tulude hampir tidak dapat dibedakan, yakni terdiri atas baju panjang, ikat pinggang dan ikat kepala, dengan warna-warna dominan merah, hitam dan biru. 

Pakaian Adat Sangie Talaud

Sumber : http://budaya-indonesia.org/

Jenis pakaian adat yang digunakan dalam ritual adat setempat umumnya dibuat dari bahan serat kofo atau fami manila yaitu sejenis pohon pisang yang banyak tumbuh di kawasan berikim tropis seperti daerah Sangihe dan Talaud. Serat kofo tersebut kemudian ditenun menjadi lembaran kain menggunakan alat tenun yang disebut “kahuwang”. Kain tenun inilah yang digunakan untuk membuat pakaian adat Sangihe Talaud yang disebut “laku tepu”. Laku artinya pakaian, sedang tepu artinya agak sempit, maksudnya pakaian yang bagian lehernya agak sempit atau tidak terbuka.

Pakaian Adat Sangie Talaud

Sumber : http://www.trekearth.com/

Pakaian adat yang dikenakan oleh kaum pria dalam upacara Tulude yaitu berupa baju lengan panjang yang digunakan sebagai lambang keagungan masyarakat Sangihe Talaud, dengan bagian leher berbentuk setengah lingkaran, dan panjangnya sampai sebatas tumit. Sebagai pelengkap ditambahkan pula penggunaan popehe dan paporong.

Popehe

Popehe merupakan sejenis kain dari bahan kofo yang diikatkan pada pinggang sebelah kiri dengan ujungnya terurai kebawah. Fungsinya adalah untuk memperindah laku tepu sekaligus menandung makna sebagai pembangkit semangat dalam melaksanakan tugas ataupun mengatasi berbagai rintangan.

Pakaian Adat Sangie Talaud

Sumber : http://swaramanadonews.com/

Paparong

Paparong merupakan sehelai kain yang diikatkan pada bagian kepala menutupi dahi. Paparon umumnya terbuat dari bahan kain kofo yang dibentuk segitiga sama sisi, dengan alasnya yang dilipat sebanyak tiga kali dengan lebar 3 sampai 5 sentimeter. Paporong yang dikenakan oleh pria dari golongan masyarakat biasa umumnya disebut dengan nama lingkaheng, sementara untuk keturunan bangsawan disebut paporong kawawantuge. 

Pakaian Adat Sangie Talaud

Sumber : http://budaya-indonesia.org/

Seperti halnya pakaian pria, jenis pakaian yang dikenakan oleh kaum wanita dalam upacara Tulude juga disebut dengan nama Laku Tepu, hanya saja bentuknya berupa baju terusan yang memanjang dari leher sampai di betis. Pada bagian leher terdapat lipatan berbentuk segitiga atau huruf V. Sebagai pelengkap ditambahkan pula pengunaan kahiwu atau kain sarung, bandang, serta botu pusige.

Kahiwu

Kahiwu merupakan pelapis bagian dalam yang diikat dipinggang sebelah kiri, dengan variasi berupa lipatan atau wiron yang disebut “leiwade”. Lipatan untuk rakyat biasa berjumlah 5 lipatan sementara untuk bangsawan sebanyak 7 atau 9 lipatan.

Pakaian Adat Sangie Talaud

Sumber : http://budaya-indonesia.org/

Bandang

Bandang ialah selembar kain berukuran 1,5 meter dengan lebar 5 sentimeter yang diletakkan di bahu kanan dan ujungnya diikat pada pinggang sebelah kiri. Bandang umumnya hanya digunakan oleh wanita biasa, sedangkan untuk wanita dari keturunan bangsawan menggunakan “kaduku atau animating” yang berguna untuk memperindah Laku Tepu dan melambangkan derajat sosial pemakainya.

Pakaian Adat Sangie Talaud

Sumber : http://bryant28.blogspot.com/

Boto Pusige

Boto Pusige dapat diartikan sebaai sanggul yang terletak di ubun-ubun kepala wanita. Sanggul ini biasanya dibuat dari rambut asli pemakainya. Untuk memperkuat sanggul  digunakan Sasusu Boto (tusuk Konde) yang ditusukkan dari sebelah kiri sampai kanan. Semakin tinggi Boto Pusige semakin indah.

Pakaian Adat Sangie Talaud

Sumber : http://manado.tribunnews.com/

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan sahabat Fitinline. Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.