Article

Homepage Article Batik Proses Pembuatan Kain Prada…

Proses Pembuatan Kain Prada Secara Sederhana

Bagi anda para pecinta kain batik, anda pasti sudah sering mendengar yang namanya kain batik “prada” atau batik “prodo” dalam pengucapannya dengan menggunakan lidah jawa. Batik prada ataupun batik prodo sebenarnya sama maksudnya yaitu batik yang dihias dengan menggunakan zat warna prada. 

Membuat Batik Prada

Sumber : https://www.pinterest.com/

Di pasaran zat warna yang biasa digunakan untuk menghias kain batik prada ini pada prinsipnya bisa dijumpai dalam berbagai macam varian, diantaranya dalam bentuk bubuk, pasta atau lembaran kertas.

Untuk warnanya sendiri sebagian besar tersedia dalam warna emas, meski sebenarnya ada juga warna-warna lain yang diterapkan pada batik prada seperti warna perak, biru, merah, atau hijau.

Membuat Batik Prada

Sumber : https://id.pinterest.com/

Pasta Prada

Zat warna prada berbentuk pasta termasuk ke dalam salah satu jenis bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan batik prada karena penggunaannya terbilang sangat mudah tapi lumayan mahal. Cara penggunaannya cukup diencerkan dengan air lalu diaplikasikan pada motif batik tertentu yang ingin ditonjolkan.

Bubuk Prada

Zat warna prada berbentuk bubuk umumnya dapat dijumpai dalam dua macam warna yaitu berupa emas dan perak. Agar dapat dituliskan pada kain batik, bubuk prada ini harus dibuat menjadi pasta terlebih dahulu dengan menambahkan binder atau sejenis lem. Atur kekentalan pasta prada dengan menambahkan air.

Kriteria Resep Prada Yang Baik

  • Pasta prada lancar di tuliskan pada kain dengan menggunakan canting tulis.
  • Pasta prada cukup kuat melekat pada bahan.
  • Tidak mudah luntur atau berubah warna setelah beberapa kali melalui proses pencucian, penggosokan, atau penyinaran.

Proses Pembuatan Kain Prada

  • Siapkan bahan kain yang akan dihias dengan zat warna prada.
  • Siapkan pula pasta prada yang ingin anda pakai untuk menghias kain batik.
  • Aplikasikan pasta prada pada motif batik sesuai desain yang anda inginkan dengan menggunakan bantuan canting batik.
  • Keringkan kain batik yang sudah dihias dengan pasta prada di bawah sinar matahari.
  • Setelah kering, sahabat Fitinline tinggal menyetrika kain batik tersebut untuk memantapkan daya lekat zat warna prada.

Membuat Batik Prada

Karena pasta prada yang digunakan untuk menghias kain tersebut bisa meresap kebagian permukaan kain yang lain dan pengeringannya cukup lama, maka proses pelekatan prada pada kain hendaknya dilakukan dengan cara meletakkan kain tersebut pada posisi mendatar dan di beri alas.

Membuat Batik Prada

Sumber : http://marcusonandhall.com/

Setelah pasta prada yang dituliskan di atas kain sudah mengering barulah anda bisa menyetrika kain tersebut untuk memantapkan daya lekat zat warna prada agar tidak mudah luntur atau terlepas.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.