Article

Homepage Article Jahit Menjahit Posisi Badan Yang Baik Saat…

Posisi Badan Yang Baik Saat Menjahit Dengan Mesin Jahit Portable

Biasa bekerja dengan mesin jahit portable?. Di masa modern seperti sekarang ini penggunaan mesin jahit portable sebagai alat utama menjahit memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tidak hanya terbatas pada butik atau modiste saja, tapi mesin jahit portable tersebut juga banyak digunakan oleh penjahit rumahan. 

Posisi Menjahit

Sumber : https://www.amazon.com/

Selain mudah untuk dioperasikan, mesin jahit portable umumnya juga memiliki fungsi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan mesin jahit kuno karena sebagian besar mesin portable dilengkapi dengan pola jahit yang lebih bervariasi. Sebut saja pola jahit berbentuk lurus, zig-zag hingga pola jahit untuk dekorasi. 

Posisi Menjahit

Sumber : https://www.michaels.com/

Supaya kegiatan menjahit yang anda lakukan dapat berjalan dengan lancar tanpa menimbulkan efek negatif terhadap tubuh, pada saat menjahit sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya: 

  • Posisi duduk saat menjahit harus tepat.
  • Badan tegak.
  • Badan setara atau lurus dengan posisi jarum.
  • Kaki kanan bertumpu pada pedal.
  • Kaki kiri bertumpu pada samping pedal.

Posisi Menjahit

Sumber : https://weyburn.ca/

Untuk mencegah kecelakaan kerja, hindari meletakkan kaki pada pedal mesin jahit saat anda hendak memasang ataupun melepas jarum mesin. Lebih baik matikan dulu mesinnya baru memasang atau melepas jarum jahitnya.

Fungsi pedal kaki pada mesin jahit kurang lebih menyerupai kegunaan pedal kaki di mobil yaitu rem, akselerasi, dan kopeling. Semakin keras pedal mesin jahit diinjak dengan menggunakan kaki, maka akan semakin cepat pula jalannya mesin yang digunakan untuk menjahit.

Posisi Menjahit

Sumber : https://www.thriftyfun.com/

Sebelum mulai menjahit ada satu langkah yang tidak boleh dilewati, yaitu memasang dan mengatur benang atas dan benang bawah mesin jahit. Jika terjadi kesalahan dalam pengaturan ini, maka bentuk jahitan yang dihasilkan akan menjadi kurang baik.

Pastikan posisi sepatu (presser foot) selalu di bawah saat anda menjalankan mesin jahit. Menjahit dengan posisi presser foot diatas akan menyebabkan benang menjadi kusut dan spul (bobbin) macet.

Posisi Menjahit

Sumber : http://www.thecolorfulworldofsewing.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari Mesin Jahit berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini.

Mesin Jahit

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.