Article

Pleat Kemeja

Pernah mendengar istilah pleat sebelumnya?. Kata pleat dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “lipit” atau “lipatan”. Dalam arti luas pleat dikenal sebagai salah satu teknik melipat suatu bahan (bisa berupa kertas atau media lain) secara bolak balik sampai hasil lipatannya terbentuk secara permanen. 

Pleat Kemeja

Sumber : http://www.mid-day.com/

Salah satu jenis produk fashion yang banyak menggunakan aksen tersebut yaitu berupa kemeja yang didesain khusus untuk para pria. Pleat kemeja merupakan bagian kemeja yang terletak dibagian belakang punggung. Fungsi utama dari bagian ini adalah untuk menyamarkan postur punggung pemakainya yang tidak rata supaya terkesan lebih sempurna. 

Pleat Kemeja

Sumber : http://www.duluthtrading.com/

Bentuk pleat yang dapat dijumpai pada kemeja sendiri secara garis besar dapat dikelompokkan kedalam dua macam kategori. Pertama dalam bentuk box pleat dan yang kedua dalam bentuk side pleat, meski pada kenyataannya banyak juga kemeja yang di desain tanpa pleat.

Pleat Kemeja

Sumber : http://thefashionformen.com/

Box Pleat

Box pleat merupakan jenis lipit kemeja yang mempunyai dua garis lipatan. Dimana lipatan tersebut dibuat saling berhadapan tetapi saling bertolak belakang (menghadap pada arah yang berbeda). Fungsi utamanya adalah untuk menambah kelonggaran kemeja.

Pleat Kemeja

Sumber : http://propercloth.com/

Pleat Kemeja

Sumber : http://beckettrobb.com/

Side Pleat

Side pleat merupakan jenis pleat kemeja yang mempunyai satu garis lipatan dan semua lipatan mengarah pada arah yang sama. Dalamnya lipit yang satu dengan garis lipit yang lain sangat bergantung pada lebar lipit yang dibuat. 

Pleat Kemeja

Sumber : http://propercloth.com/

Pleat Kemeja

Sumber : http://16stitches.com/

Selain difungsikan untuk menambah kelonggaran kemeja penambahan pleat pada pakaian sebenarnya juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai unsur dekorasi atau sebagai hiasan kemeja.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.