Article

Homepage Article Kain Perlengkapan Yang Wajib…

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Wanita Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang membutuhkan persiapan khusus, baik dari segi mental maupun material. Dengan adanya perbedaan dari segi fisik antara pria dan wanita, perlengkapan mendaki yang dibutuhkan oleh wanita pun juga ada yang berbeda dengan perlengkapan mendaki untuk para pria.

Sedang merencanakan pendakian dalam waktu dekat?. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan memilah barang bawaan berikut kami bagikan daftar perlengkapan wajib untuk wanita yang perlu anda siapkan jauh-jauh hari sebelum melakukan aktivitas pendakian gunung.

Perlengkapan Primer

1. Tas Carrier Ukuran Sedang

Pilih tas carrier yang berukuran sedang, jangan lupa bawa pula cover bagnya juga untuk berjaga-jaga kalau misal turun hujan.

  • Tas carrier yang paling baik untuk wanita yakni berukuran 40 hingga 50 L.
  • Opsi kedua gunakan tas carrier yang berukuran 60 hingga 70 L jika perjalanan yang anda lakukan memakan waktu berhari-hari atau seminggu.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://my-best.id/

2. Sepatu Gunung

Sepatu gunung menjadi perlengkapan mendaki berikutnya yang wajib dibawa saat menapaki medan di gunung, selain sandal gunung tentunya.

  • Usahakan untuk memilih sepatu gunung yang ukurannya lebih besar dari ukuran kaki.
  • Pastikan ada ruang cukup di depan ujung kaki, agar kaki tidak tersiksa terutama saat turun gunung.
  • Pastikan bagian leher sepatu memiliki lapisan yang lembut agar bagian atas tumit terlindungi.
  • Pilih sepatu gunung yang solnya berceruk tajam dan bagian punggung solnya tinggi agar kaki menapak dengan mantap saat melewati medan berbatu.
  • Pilih sepatu gunung yang sol tumitnya besar dan kuat serta terbuat dari karet atau sintetis serupa untuk menahan laju badan saat turun gunung agar tidak mudah terpeleset.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Sleeping Bag

Sleeping bag merupakan pelengkapan yang wajib dibawa saat camping dan mendaki gunung. Sebagai perlengkapan wajib saat camping, sleeping bag sendiri dapat dijumpai dalam berbagai bentuk, mulai dari sleeping bag rectanglle/tikar, sleeping bag tappered dan sleeping bag mummy.

  • Sleeping bag rectangle merupakan jenis sleeping bag yang berbentuk persegi panjang dan menyerupai tikar.
  • Sleeping bag tappered merupakan sleeping bag yang bentuknya tampak menyerupai kepompong.
  • Sleeping bag mummy merupakan sleeping bag yang bentuk cukup unik karena semakin ke bawah (kaki) bentuknya semakin mengecil mengikuti bentuk tubuh manusia.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya sleeping bag sendiri umumnya dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain seperti misalnya Kain Parasut Diamond (WP) dan Kain Parasut Metalik yang bersifat anti air.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://phinemo.com/

4. Matras

Bila anda ingin melakukan aktivitas pendakian, jangan lupa bawalah matras. Matras ini berguna sebagai alas di dalam tenda.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Jas Hujan

Jas hujan merupakan pakaian tahan air yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari terpaan hujan serta meminimalisir masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian.

  • Untuk keperluan mendaki gunung lebih baik gunakan jas hujan ponco yang memiliki bentuk seperti jubah berukuran besar.
  • Selain digunakan untuk melindungi tubuh jas hujan poncho juga bisa dijadikan sebagai bivak dalam kondisi mendesak.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat jas hujan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Parasut Jas Hujan, Kain Parasut WP (010) dan Kain Parasut Silver dari kami.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://id.aliexpress.com/

6. Uang Cash

Bawalah uang cash sesuai itinerary atau perkiraan budget yang anda perlukan selama pendakian. Uang cash ini nanti bisa anda gunakan untuk membeli logistik, membayar tiket, atau membeli keperluan lainnya.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://hits.grid.id/

7. Logistik

Usahakan untuk membawa logistik secukupnya sesuai rencana perjalanan anda dan kesepakatan anggota mendaki yang lain.

  • Bila anda punya hobi makan usahakan untuk membawa camilan yang memenuhi kebutuhan gizi tubuh dan bukan hanya memuaskan nafsu makan.
  • Pertimbangkan kadar kalori dan nilai gizi yang terkandung pada makanan yang anda bawa.

Pakaian Mendaki

1. Celana Outdoor

Bagi anda para wanita sangat tidak disarankan mendaki menggunakan rok. Sebagai gantinya gunakanlah celana outdoor yang memang didesain khusus untuk mendaki seperti misalnya celana cargo dan celana konvertibel.

  • Celana Cargo

Celana cargo yang dikenal pula sebagai celana PDL (Pakaian Dinas Lapangan ) sangat cocok dipakai untuk berolahraga dan mendaki. Ciri paling khas dari celana ini yaitu memiliki banyak saku.

  • Jumlah saku celana cargo normalnya ada 6 yaitu 2 di bagian samping, 2 di bagian belakang dan 2 di bagian bawah.
  • Masing-masing kantong pada celana cargo tersebut biasanya memakai tutup lipat yang dikunci dengan kancing snap atau velcro.
  • Kantong dari celana cargo inipun juga memiliki ukuran cukup besar, sehingga mampu menampung banyak barang.
  • Celana Konvertibel

Celana konvertibel merupakan jenis celana yang bisa dijadikan panjang atau pendek sesuai dengan kebutuhan. Celana ini umumnya memiliki resleting di bagian lutut sehingga bisa dirubah menjadi celana pendek biasa.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Jaket Gunung

Jaket gunung menjadi salah satu jenis pakaian yang memiliki peran sangat penting untuk dibawa mendaki.

  • Saat perjalanan mendaki di siang hari anda bisa memasukkan jaket gunung ke dalam tas carrier atau mengikatkannya di bagian pinggang.
  • Saat malam hari atau melakukan perjalanan menuju puncak barulah jaket gunung ini bisa dipakai untuk menghangatkan tubuh.

Buat anda yang berencana membeli jaket gunung, Pertimbangkan 14 Hal Berikut Sebelum Anda Membeli Jaket Gunung.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Kaos dan Pakaian Dalam

Siapkan pakaian pendukung yang mudah menyerap keringat dan tidak membuat tubuh kepanasan. Pakaian wanita yang harus dipakai atau dibawa saat melakukan pendakian antara lain berupa kaos panjang ataupun pendek, celana dalam, bra, manset (pilih yang dingin dan menyerap keringat) serta tanktop.

4. Sarung Tangan

Khusus untuk para wanita, membawa sarung tangan merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan karena suhu dingin di gunung terkadang tidak bisa ditolerir. Jangan malas untuk membawa sarung tangan karena selain harganya murah item ini juga tidak akan membuat tas semakin berat.

5. Kemeja Flannel

Sebagai opsi tambahan anda bisa juga membawa kemeja flannel yang memiliki ciri sangat khas sebagai pelengkap gaya penampilan.

  • Kemeja flannel umumnya memiliki karakteristik kain yang cenderung lebih tebal.
  • Motif kemeja flannel lebih terlihat natural.
  • Kemeja flannel dapat dikenakan dalam beberapa gaya tertentu.

Khusus untuk para wanita muslim siapkan pula hijab untuk penutup kepala, sajadah dan mukena untuk sholat.

1. Hijab

Untuk keperluan mendaki gunung sebaiknya pilih hijab yang berdesain simple dan dapat dikenakan dengan mudah. Hindari model hijab yang membutuhkan banyak jarum ketika dikenakan untuk menghindari kemungkinan cidera akibat tertusuk jarum.

2. Sajadah

Pilih sajadah travel yang dibuat dari kombinasi kain parasut pada lapisan bawahnya sementara lapisan atasnya bisa menggunakan bahan taslan.

3. Mukena

Bawalah mukena yang ringan, mudah kering dan tidak memakan banyak tempat ketika dimasukkan ke dalam tas. Dalam hal ini anda bisa memilih mukena parasut yang menawarkan banyak keunggulan.

  • Mukena parasut terkenal kuat dan tidak mudah kusut walau bahannya tergolong cukup tipis.
  • Mukena parasut sangat ringan dan mudah untuk dilipat dan dimasukkan ke dalam tas kecil yang disertakan saat pembelian mukena.
  • Mukena parasut sangat cocok untuk dibawa bepergian tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.
  • Mukena parasut tersedia dalam banyak warna. Kalau mau lebih aman anda bisa memilih mukena parasut yang berwarna gelap agar tidak terlalu menerawang.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat mukena?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa menggunakan Kain Parasut Kusut, Kain Parasut Tipis atau Kain Parasut Super yang sangat ringan dan mudah dibersihkan.

Perlengkapan Sekunder

1. Peralatan Mandi

Peralatan mandi termasuk ke dalam jenis perlengkapan sekunder yang wajib dibawa untuk menjaga kebersihan diri selama melakukan aktivitas pendakian gunung. Peralatan mandi yang dimaksud yakni terdiri dari sabun, sikat gigi, pasta gigi dan juga handuk kecil.

2. Kacamata

Bagi yang menderita gangguan pada mata hindari mengenakan contact lens dan ganti dengan kacamata. Kondisi gunung yang kering dan berdebu dikhawatirkan akan membuat lensa kontak tidak steril dan hal ini tentunya akan membuat repot.

3. Slayer

Slayer merupakan benda atau atribut yang tidak asing lagi bagi anggota organisasi pecinta alam. Ketika melakukan pendakian di musim panas slayer ini dapat digunakan untuk menutup wajah agar tidak terkena debu atau menutup kepala agar tidak panas akibat terpapar sinar matahari langsung.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://id.carousell.com/

4. Alat Makan

Ketika mendaki gunung sebaiknya selalu bawa perlengkapan makan sendiri dari rumah dan segera cuci setelah selesai digunakan untuk makan. Dalam hal ini peralatan makan yang dimaksud yakni berupa sendok, garpu dan piring makan.

5. Botol Minum

Botol minum wajib anda siapkan saat ingin mendaki gunung karena berguna untuk mencegah dehidrasi dan digunakan untuk keperluan memasak. Beberapa hal penting yang  harus anda perhatikan ketika memilih botol minum diantaranya:

  • Periksa jumlah air yang dibutuhkan lalu pilih botol dengan kapasitas yang pas.
  • Periksa besar mulut botol dan kemudahan saat membukanya.
  • Membawa botol minum yang bisa menahan suhu di dalamnya akan terasa sangat menguntungkan.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://www.blibli.com/

Survival Kits

1. Tisu Basah dan Tisu Kering

Tisu menjadi barang penting yang wajib dibawa kemanapun termasuk saat melakukan aktivitas pendakian. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya, terdapat dua jenis tisu yang bisa anda andalkan untuk menjaga kebersihan tubuh.

  • Tisu Basah

Tisu basah menjadi salah satu item paling penting yang diperlukan untuk menggantikan air seperti membasuh tubuh setelah buang air besar/kecil, membersihkan wajah dan bagian tubuh yang lain.

  • Tisu Kering

Selain tisu basah jangan lupa untuk selalu membawa tisu kering di dalam tas. Dalam hal ini anda bisa memilih tisu kering yang bertekstur lembut dan halus, agar tidak mengiritasi bagian kulit.

2. Obat-Obatan

Bawalah kotak P3K yang memang menjadi kebutuhan pokok pendaki. Selain itu siapkan pula obat-obatan pribadi yang harus anda minum apabila memiliki penyakit tertentu. Obat-obatan pribadi yang dimaksud juga termasuk obat pereda nyeri untuk haid.

3. Pembalut

Pembalut menjadi perlengkapan mendaki gunung berikutnya untuk wanita yang wajib dibawa.

4. Kantong Plastik

Khusus untuk aktivitas pendakian di musin hujan wajib bagi anda untuk membawa kantong plastik (travel vacuum bag) untuk menyimpan pakaian yang kotor atau basah, melindungi barang-barang elektronik seperti hp dan kamera, serta menampung sampah pribadi.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://www.alibaba.com/

5. Trekking Pole (Tongkat)

Trekking pole menjadi perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus dibawa karena kondisi fisik wanita tidak sekuat laki-laki.

  • Trekking pole berperan penting untuk membagi beban barang bawaan sehingga tidak hanya bertumpu pada kaki.
  • Trekking pole juga berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan mendaki dan menuruni gunung.

Perlengkapan Mendaki

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Urinoir (Urinal Perempuan)

Urinoir (urinal perempuan) merupakan alat memiliki manfaat cukup besar untuk menampug urin ketika anda sedang beraktifitas secara outdoor dalam waktu yang cukup lama, ditambah lagi anda berada di lokasi yang sulit untuk menemukan toilet atau tempat buang air kecil.

7. Senter

Bawalah senter kecil atau headlamp yang dilengkapi dengan baterai cadangan jika memang rencana pendakian yang anda lakukan melewati malam hari. Selain untuk penerangan senter berguna juga untuk memberi isyarat.

8. Korek Api

Korek api atau pemantik merupakan alat yang digunakan untuk menyalakan api. Meski kelihatannya terkesan sepele tapi korek api ini akan sangat berarti jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Peralatan Makeup

1. Make Up Standar

Bawalah perlengkapan make up standar yang sekiranya anda butuhkan selama pendakian, misalnya deodorant untuk mencegah bau badan dan lip balm supaya bibir tidak kering.

2. Sunblock

Siapkan pula sunblock yang memiliki kandungan minimal SPF 30 untuk digunakan sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Cuaca di gunung yang sulit untuk ditebak (terkadang dingin namun dalam waktu singkat berubah menjadi panas dan kering) sangat rentan untuk menyebabkan masalah kulit.

Untuk menghadapi masa new normal pastikan anda juga membawa tambahan perlengkapan pribadi yang sesuai dengan protokol kesehatan. Perlengkapan ini akan menjadi hal yang berguna ketika anda sedang dalam perjalanan menuju lokasi wisata pegunungan. Beberapa perlengkapan yang dimaksud antara lain berupa:

1. Masker

Masker wajah menjadi salah satu alat paling vital yang perlu dipersiapkan untuk menekan penularan Covid-19 karena alat ini dapat mencegah droplet masuk ke mulut dan hidung.

  • Pilihlah masker kain (minimal dua lapis) yang dapat dicuci.
  • Jangan lupa untuk membeli lebih dari satu masker kain supaya anda bisa menggantinya ketika salah satu masker sudah kotor.
  • Bila masker kain yang anda miliki sudah rusak dan tidak layak dipakai buanglah masker dengan benar ke dalam tempat sampah.

Ingin membuat masker wajah sendiri untuk keperluan pribadi, donasi atau dijual kembali anda juga bisa mendownload Pola Masker Motor dan Pola Masker Kain dari kami.

2. Hand Sanitizer

Hand sanitizer menjadi produk paling efektif dan efesien untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tangan. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya terdapat dua hand sanitizer yang bisa anda pilih, hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray.

  • Hand sanitizer gel merupakan pembersih tangan berbentuk gel yang mengandung bahan aktif alkohol 60%.
  • Hand sanitizer spray merupakan pembersih tangan berbentuk spray yang mengandung bahan aktif irgasan DP 300 : 0,1% dan alkohol 60%.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah perlengkapan mendaki gunung yang sifatnya  wajib untuk dibawa oleh para wanita. Sekalipun barang-barang yang harus dibawa untuk mendaki memang cukup banyak tapi ingat usahakan untuk selalu membawa barang seperlunya dan jangan membawa beban berlebih.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.