Article

Homepage Article Fashion Design Peralatan Untuk Membuat…

Peralatan Untuk Membuat Sablon Manual

Seperti kita ketahui, sablon merupakan sebuah teknik untuk mencetak tinta diatas bahan sesuai bentuk yang dikehendaki oleh pembuatnya. Dalam proses pembuatan sablon sendiri dibutuhkan berbagai peralatan khusus untuk menghasilkan sablon berkualitas. Ingin tahu alat-alat apa saja yang diperlukan dalam membuat sablon manual? Simak yuk...

Screen Sablon

Sceen sablon merupakan media yang dapat difungsikan sebagai perantara tinta sablon dengan obyek atau media sablon. Screen sablon terdiri dari rangka kayu atau alumunium (midangan) dan kain kassa (kain screen). Ukuran screen yang biasa digunakan untuk membuat sablon sendiri bermacam-macam. Mulai dari screen berukuran 15 cmx 25 cm atao 30cm x 40cm sampai ukuran 8 meter yang biasa dipakai untuk membuat spanduk. 

Alat Sablon Manual

Sumber : http://www.triamreta.com

Demikian juga kain kasa yang dipakai untuk membuat sablon juga memiliki ukuran pori-pori yang berbeda. Sebut saja kain kasa T48 atau T61 yang biasa digunakan untuk menyablon kaos atau spanduk, atau kain kasa T160, T180, T200 yang biasa dipakai untuk menyablon stiker atau plastik.

Alat Sablon Manual

Sumber : http://www.peralatansablon.com/

Rakel

Rakel merupakan semacam karet dengan permukaan rata. Fungsinya adalah untuk untuk meratakan dan menyablonkan tinta kemedia sablon. Rakel sendiri terdiri dari dua bagian yaitu berupa karet rakel dan pegangannya yang dibuat dari kayu atau alumunium.

Alat Sablon Manual

Sumber : http://www.rumahsabloncepat.com

Rakel yang biasa digunakan untuk menyablon dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan kegunaannya. Rakel yang berujung lancip akan menghasilkan cetakan yang tipis, sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membuat gambar sparasi atau raster. Sedangkan rakel yang berujung tumpul biasa digunakan untuk gambar blok atau sablon dasar.

Film Sablon

Film sablon merupakan gambar cetak pada media kertas yang dibuat dengan printer laser jet sehingga memiliki kepekatan warna hitam yang merata. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses afdruk film ke screen.

Alat Sablon Manual

Sumber : http://kaoseskot.blogspot.com

Obat Afdruk

Obat afdruk yang biasa digunakan untuk mengafdruk gambar dari film ke screen terdiri dari dua buah botol. Satu botol besar berisi obat afdruk sedangkan untuk botol kecilnya berisi sensitizer. Sensitizer inilah yang berperan memindahkan gambar ke screen melalui bantuan cahaya untra violet atau cahaya matahari. 

Alat Sablon Manual

Sumber : https://yourtees.wordpress.com

Coater

Coater merupakan alat yang dibutuhkan untuk meratakan atau mengoleskan obat afdruk ke screen.

Alat Sablon Manual

Sumber : http://carasablonkaosdistro.blogspot.com

Hair Dryer/Kipas Angin

Kipas angin atau hair dryer diperlukan untuk mengeringkan screen diruangan tertutup dan agak gelap. Sebab screen yang sudah diolesi obat afdruk tidak boleh terkena paparan cahaya matahari dengan intensitas tinggi. 

Alat Sablon Manual

Sumber : https://yourtees.wordpress.com

Tinta Sablon

Tinta sablon biasanya dicampur dengan pigmen (pewarna) dan binder (anti luntur), apabila terlalu encer bisa dicampur dengan emulsifir (pengencer). Namun jika dirasa terlalu kental sahabat Fitinline bisa mengencerkannya dengan cara menambahkan sedikit garam.

Alat Sablon Manual

Sumber : http://www.serbadistro.com

Meja Sablon

Meja sablon berfungsi untuk meletakkan kain tekstil atau kaos yang akan disablon.

Alat Sablon Manual

Sumber : http://oyee-ihiiir.blogspot.com

Lem Kain (Lem Stiker)

Lem kain atau lem stiker biasa dipakai pada proses penyablonan kaos atau kain tekstil dengan warna yang lebih dari satu. Kalau dalam jumlah banyak lem bisa dioleskan pada beberapa lembar triplek seukuran kaos.

Alat Sablon Manual

Sumber : http://oyee-ihiiir.blogspot.com

Untuk menyinari screen yang sudah diafdruk dibawah lampu TL atau sinar matahari dibutuhkan perlengkapan pendukung lainnya yang terdiri dari Papan Triplek, Busa Spon, Kain Hitam, dan Kaca 5 mm.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.