Article

Homepage Article Fashion Design Sejarah dan Keunggulan Sablon…

Sejarah dan Keunggulan Sablon Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Sablon merupakan sebuah proses stensil yang dilakukan untuk memindahkan suatu citra ke atas berbagai jenis media atau bahan cetak. Sebut saja kertas, plastik, metal, kaca, kain tekstil, kulit maupun bahan lainnya. Wujud yang sederhana dari stensil bisa dibuat dari bahan kertas atau logam yang di lubangi. Tujuannya adalah untuk memproduksi atau menghasilkan kembali gambar maupun hasil dari suatu rancangan desain. Dari stensil tersebut diperoleh gambar negatif dari gambar asli atau original dimana detail-detail yang halus. 

Sablon

Sumber : http://www.mahamerubali.com

Pada teknik cetak sablon, acuan yang digunakan dapat diperoleh melalui tahapan fotografi. Istilah yang umum digunakan yaitu berupa film handcut. Fill fotografi dan emulsi stensil di rekatkan ke atas alat penyaring (screen) yang di bentangkan pada sebuah bingkai yang terbuat dari bahan kayu maupun logam. Fungsi utamanya adalah sebagai pemegang bagian dari suatu desain serta bagian yang digunakan selama proses penyablonan.

Sablon

Sumber : http://wahyucollection.portalsip.com

Pada awal abad ke 20 proses pelaksanaan cetak sablon mulai dibuat dari kain berbahan dasar sutra yang semula di pergunakan untuk menyaring tepung. Berawal dari sinilah istilah cetak sablon mulai di kenal dengan sebutan “Silk Screen Printing”  yang digunakan pada tahapan pertama proses cetak. 

Sablon

Sumber : http://tokotaki.com

Mengingat harga kain sutra yang cukup mahal, ditambah lagi kekuatan kainnya kurang baik dan secara dimensional kurang stabil, maka para pengusaha garmen dan tekstil mulai menggantikan bahan sutra dengan bahan yang terbuat dari nilon maupun poliester. Sedangkan untuk keperluan cetak, alat yang digunakan sebagian besar terbuat dari bahan stainless steel atau logam.

Sablon

Sumber : http://www.sablon.info

Berikut beberapa keunggulan dari teknik sablon yang mungkin belum anda ketahui.
1.    Hasil sablon yang diperoleh dalam waktu singkat jumlahnya cukup banyak.
2.    Hasil sablon relatif stabil.
3.    Bisa menghasilkan beberapa efek menarik seperti glitters, glow in the dark, efek timbul, mengkilap atau metalik.
4.    Biaya cetak sablon cukup terjangkau.
5.    Karakteristik sablon yang bersifat fleksibel bisa diaplikasikan bada beraneka macam jenis permukaan bahan kain tekstil.

Sablon

Sumber : http://www.sablon-kaos.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.