Article

Homepage Article Fashion Design Penyebab Luntur Pada Pakaian…

Penyebab Luntur Pada Pakaian dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Pernah dibuat kesal lantaran pakaian yang baru anda beli ketahuan luntur saat dicuci dan mengotori pakaian lain?. Untuk mencegah hal tersebut agar tidak terulang kembali, ada baiknya cari tahu dulu hal-hal yag menyebabkan pakaian menjadi luntur dan cara mengatasinya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Penyebab Pakaian Luntur

Memiliki pakaian yang warnanya mudah luntur tidak dapat dipungkiri memamng bukanlah hal yang menyenangkan. Sebab selain warnanya dapat mencemari pakaian lain apabila dicuci bersamaan, pakaian yang mudah luntur biasanya juga rentan memudar jika sering dicuci.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab pakaian mudah luntur diantaranya.

  • Bahannya Memang Mudah Luntur

Terbuat dari bahan kain yang memang mudah luntur karena zat pewarna tidak terserap ke dalam serat kain dengan baik / hanya sekedar menempel pada bagian luar kain.

Pakaian Luntur

Sumber : https://www.popsugar.co.uk/

  • Terlalu Lama Direndam

Proses perendaman yang terlalu lama dapat menyebabkan warna yang terdapat pada serat kain menjadi luntur secara perlahan-lahan sekalipun bahannya tidak mudah luntur.

Pakaian Luntur

Sumber : https://www.createwithclaudia.com/

  • Suhu Air Tidak Tepat

Penggunaan suhu air yang tidak tepat misalnya teralu panas dapat merusak serat kain pada pakaian dan membuatnya luntur karena beberapa jenis bahan pakaian memang ada yang tidak tahan terhadap suhu panas, termasuk bahan kaos.

Pakaian Luntur

Sumber : https://www.billygo.com/

  • Salah Memilih Detergen

Selain ketiga faktor yang sudah disebutkan di atas, pemakaian detergen yang salah juga dapat membuat warna pakaian jadi mudah luntur. Karenanya selalu perhatikan jenis detergen yang anda gunakan apakah cocok untuk pakaian yang anda miliki atau tidak.

Cara Mengatasi Pakaian Luntur

Untuk mencegah kemungkinan luntur pada pakaian dan mengotori pakaian yang lainnnya saat dicuci terapkan beberapa tips berikut:

  • Perhatikan Label Pencucian

Sebelum melakukan pencucian penting bagi anda untuk membaca “label wash care” alias label perawatan pakaian yang biasa disertakan pada setiap baju atau pakaian. Mulai dari petunjuk informasi teknik mencuci, pengeringan, hingga suhu setrika yang disarankan.

  • Uji Ketahanan Warnanya

Uji pakaian sebelum mencucinya untuk mengetahui apakah pakaian yang anda beli bahannya mudah luntur atau tidak. Dalam hal ini setidaknya ada tiga metode yang bisa anda terapkan.

  • Rendam Dengan Air Dingin

Pertama coba rendam pakaian yang telah anda beli secara terpisah dengan pakaian lainnya yang anda miliki. Setelahnya periksa apakah airnya berubah warna atau tidak.

  • Jika warna airnya berubah berarti pakaian tersebut memang mudah luntur.
  • Namun jika warnanya tetap jernih berarti pakaian tersebut tidak mudah luntur.

Pakaian Luntur

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Rendam Dengan Detergen

Kalau masih ragu uji ketahanan warna pakaian dengan menggunakan air sabun. Tapi ingat jangan gunakan deterjen yang mengandung pemutih karena akan memberikan efek luntur yang parah.

Caranya rendam pakaian selama 30 menit kemudian periksa. Jika warna air berubah itu berarti pakaian yang anda beli tidak memiliki ketahanan warna yang baik.

Pakaian Luntur

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Uji Dengan Cara Disetrika

Terakhir uji ketahanan warna menggunakan setrika dengan cara berikut:

  • Tempatkan kain putih di atas bagian pakaian yang masih basah kamuudian setrika keduanya secara bersamaan.
  • Jika kain putih berubah warna berarti pakaian yang anda beli memiliki ketahanan warna yang kurang baik dan rentan luntur saat dicuci.

Pakaian Luntur

Sumber : https://www.thespruce.com/

  • Ganti Kebiasaan Mencuci

Bila selama ini anda sudah terbiasa untuk mencampur pakaian dengan warna yang berbeda, merendam pakaian terlalu lama bahkan mencuci pakaian dengan air hangat / panas sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan tersebut.

Solusi terbaiknya anda bisa mencuci pakaian yang mudah luntur dengan cara berikut agar tidak mencemari pakaian yang lain.

  • Sortir pakaian berdasarkan warnanya. Pisahkan pula pakaian yang mudah luntur dari pakaian-pakaian lain yang berwarna putih atau berwarna lebih terang.

Pakaian Luntur

Sumber : https://www.familyhandyman.com/

  • Gunakan deterjen yang memiliki kandungan pelembut karena konon dapat mencegah kemungkinan luntur pada pakaian.
    • Pelembut pakaian akan melumasi serat pada pakaian, mengurangi abrasi dan mengurangi hilangnya warna pada pakaian.
    • Pelembut juga membantu mencegah pilling dan mempertahankan warna asli pakaian agar tetap segar dan cerah.
  • Rendam pakaian seperlunya, jangan terlalu lama. Biasanya semakin lama direndam akan semakin banyak partikel-partikel zat warna yang lepas dan akhirnya larut ke dalam air.
  • Pastikan air yang anda gunakan untuk mencuci merupakan air dingin. Karena air yang hangat atau panas juga dapat menambah luntur pakaian tersebut.

Pakaian Luntur

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada pakaian kucek-kucek dengan gerakan yang sangat lembut.
  • Bilas pakaian hingga deterjen atau busanya benar-benar hilang kemudian jemur di tempat yang teduh dan terhindar dari terik matahari secara langsung.

Pakaian Luntur

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan pakaian menjadi mudah luntur dan cara untuk mengatasinya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk merawat pakaian dengan cara yang tepat ya.

Hal terpenting yang harus diingat yaitu biasakan untuk selalu mencuci pakaian putih secara terpisah dari pakaian yang berwarna bahkan setelah anda mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari lunturnya warna pakaian. Pasalnya pakaian yang berwarna putih paling rentan terhadap perpindahan zat warna.

Bila anda ingin mendapatkan pakaian yang tidak mudah luntur ada baiknya selalu perhatikan dengan baik bahan yang digunakan. Sebab beda jenis bahan beda juga ketahanan warna yang dimilikinya.

  • Jika anda ingin mengurangi beban kerja saat mencuci pakaian lebih baik hindari membeli pakaian yang cenderung mudah luntur.
  • Pakaian-pakaian yang mudah luntur biasanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk merawatnya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.