Article

Homepage Article Desain Fesyen Pengertian dan Ciri-Ciri…

Pengertian dan Ciri-Ciri Busana Semi Tailoring

Yang dimaksud dengan busana semi tailoring itu seperti apa ya?. Busana semi tailoring pada prinsipnya dapat didefinisikan sebagai salah satu busana yang diselesaikan dengan teknik menjahit tingkat tinggi seperti halnya busana tailoring.

Bedanya kalau busana tailoring itu pada bagian tengah muka, tengah belakang dan lengan menggunakan furing penuh, kalau busana semi tailoring hanya bagian tengah mukanya saja yang menggunakan lining penuh, sementara pada bagian tengah belakang menggunakan lining setengah. 

Busana Semi Tailoring

Sumber : https://www.pinterest.com/

Bentuk atau gaya busana semi tailoring pada prinsipnya dapat dibuat dengan sangat variatif misal dalam bentuk jas (jacket), gaun (dress) atau setelan (suit). Bahan yang digunakan pun dapat dipilih sesuai dengan fungsi, kesempatan dan trend busana.

Busana Semi Tailoring

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain pilihan model dan bahannya lebih bervariasi metode pembuatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat membantu mengurangi waktu maupun biaya pembuatan dari pakaian tersebut.

Busana Semi Tailoring

Sumber : https://www.permanentstyle.com/

Karakteristrik paling khas yang membedakan busana busana semi tailoring dengan busana tailoring diantaranya:

  • Teknik menjahit busana semi tailoring cenderung sederhana, tidak banyak menggunakan tangan.
  • Busana semi tailoring biasa diselesaikan dengan kampuh terbuka dan diselesaikan dengan obras sama halnya dengan busana tailoring.
  • Penggunaan bahan pelapis pada busana semi tailoring tidak penuh atau hanya sebagian saja yang dilapis.
  • Pelapis yang digunakan pada busana semi tailoring yaitu dari kain blacu yang direndam terlebih dahulu. Proses perendaman ini dilakukan untuk blacu yang dapat mengkerut setelah mengalami proses pencucuian.
  • Pelapis kain gula hanya digunakan untuk melapis bahan dasar busana semi tailoring.
  • Karena penggunaan bahan pelapisnya tidak penuh maka gaya atau desain busana semi tailoring sebagian besar lebih luwes atau feminin.

Busana Semi Tailoring

Sumber : https://www.pinterest.com.au/

Bila anda sedang mencari busana formal yang pas dan dapat membentuk tubuh menjadi lebih baik, seperti dapat menutupi bagian-bagian yang kurang seperti bentuk dada dan pinggang yang terlalu kecil tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menggunakan busana semi tailoring. 

Busana Semi Tailoring

Sumber : https://id.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.