Article

Homepage Article Kain Tekstil Pemanfaatan Berbagai Jenis…

Pemanfaatan Berbagai Jenis Kain Untuk Membuat Jaket

Sahabat fitinline pasti tahu kan kalau jaket punya banyak variasi model dan potongan. Selain desainnya yang beragam, kain yang digunakan juga banyak sekali jenisnya. Simak yuks.

1. Kain Despo

Kain despo termasuk jenis kain windbreaker (penahan angin) sejenis parasut namun agak halus. Karakteristik dari kain ini yaitu saat dipegang cenderung licin, tidak mudah kusut, dan bersifat waterproof (anti air). Jenis kain despo diantaranya despo polos, despo loreng, despo balon, dan despo stretch. Kain despo bisa digunakan untuk membuat jaket parka, jaket bomber, jaket motor, jaket gunung, jaket harrington, jaket windbreaker, dan jaket varsity.

Kain Untuk Jaket

Sumber :https://www.tokopedia.com

2. Kain Mayer

Kain mayer merupakan jenis kain parasut polyester. Karakteristiknya yaitu relatif tipis jika dibandingkan dengan kain taslan, tidak kaku, bersifat water resistant (tidak dapat ditembus air jika jumlah airnya tidak terlalu banyak). Kain mayer bisa digunakan untuk membuat jaket harrington, jaket bomber, jaket gunung, jaket motor, jaket parka, jaket windbreaker,  dan jaket varsity.

Kain Untuk Jaket

Sumber : https://id.catatansiboy.org

3. Kain Taslan

Kain taslan adalah kain yang memiliki karakteristik seperti parasut, akan tetapi lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibanding dengan kain parasut. Jenis kain taslan diantaranya yaitu taslan milky, taslan balon, dan taslan bening. Kain taslan bisa digunakan untuk jaket parka, jaket windbreaker, jaket varsity, jaket rompi, jaket gunung, jaket motor, jaket harrington dan jaket bomber.

Kain Untuk Jaket

Sumber : http://www.agenjaket.com/

4. Kain Mikro

Kain mikro adalah kain yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil. Kain mikro memiliki karakteristik seperti bahan parasut namun agak tipis, selain itu permukaan kainnya licin. Jenis kain mikro diantaranya yaitu microfiber, micro ripstop, micro TR, dan micro bintik. Kain jaket mikro bisa digunakan untuk jaket sport, jaket harrington, jaket bomber, jaket varsity, dan jaket coach.

Kain Untuk Jaket

Sumber : https://lapakbelanjaku.wordpress.com

5. Kain Jala Rompi

Kain jala dapat dibuat dari serat katun, serat sintetis poliester atau serat bahan kain lainnya. Kain jala rompi biasa dipakai untuk membuat jaket rompi satpam, jaket rompi proyek lapangan, jaket rompi tukang parkir, jaket rompi dinas kebersihan jalan dll. Warna dari kain jala ini biasanya adalah warna-warna terang, yang dimaksudkan  agar dapat terlihat pada saat malam hari atau saat keadaan gelap.

Kain Untuk Jaket

Sumber : https://www.bukalapak.com

6. Kain Gore-tex

Kain gore-tex memiliki sifat waterproof (tahan air), windproof (tahan angin), dan breathable (tidak bikin gerah). Jenis kain ini diantaranya yaitu goretex parasut, goretex taslan, dan goretex mayer. Kain, gore-tex bisa dipakai untuk jaket olahraga outdoor seperti hiking, mountaineering, ski, running, biking, serta olahraga air seperti kayak dan snorkeling. 

Kain Untuk Jaket

Sumber : https://phinemo.com

7. Kain Puma Scott

Kain puma scott memiliki karakteristik mirip parasut akan tetapi lebih tebal dengan permukaan yang halus, tidak berisik bila digesekkan dan tidak mudah kusut. Kain puma scott merupakan kain yang anti air. Kain ini bisa digunakan untuk membuat jaket outdoor seperti jaket windbreaker, jaket bomber, jaket gunung, jaket motor, jaket parka, jaket harrington, jaket varsity.

Kain Untuk Jaket

Sumber : https://www.zalora.co.id

8. Kain Parasut

Bahan dasar dari kain parasut adalah polyester. Karakteristik kain ini yaitu sangat tipis dan cenderung kedap air atau angin. Jenis kain parasut sangat banyak diantaranya yaitu parasut bening, parasut kusut, parasut metalik, parasut milky, parasut balon, parasut oxford, parasut ripstop dan masih banyak lagi. Setiap jenis kainnya memiliki kualitas yang berbeda, ada yang tebal, tipis bahkan tembus pandang. Kain ini bisa digunakan untuk jaket varsity, jaket motor, jaket sport, jaket windrunner, jaket gunung, jaket bomber, jaket parka, jaket harrington, jaket windbreaker.

Kain Untuk Jaket

Sumber : https://www.tokopedia.com

9. Kain ZN

Kain ZN mempunyai sifat yang mirip dengan kain taslan namun tekstur kainnya berbeda. Sebab kain ZN cenderung lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan taslan. Disisi lain kain ZN ini juga mempunyai sifat anti air (water resistant). Kain ZN bisa digunakan untuk jaket parka, jaket windbreaker, jaket varsity, jaket rompi, jaket gunung, jaket motor, jaket harrington dan jaket bomber.

Kain Untuk Jaket

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Semoga bermanfaat bagi sahabat fitinline.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.