Article

Homepage Article Pakaian Adat Pakaian Adat Tradisional…

Pakaian Adat Tradisional Suku Sekak

Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu bagian provinsi di Indonesia yang beribukota di Pangkalpinang. Secara geografis kepulauan yang dihuni oleh masyarakat Suku Sekak  ini terletak di sebelah timur pulau Sumatera dan berdekatan dengan provinsi Sumatera Selatan. Suku Sekak sendiri merupakan rumpun bangsa melayu yang mendiami pesisir-pesisir pantai Bangka Belitung. Salah satu warisan kebudayaan masyarakat Bangka yang terkenal dan mampu bertahan sampai sekarang ini adalah pakaian tradisional yang berupa kain cual dan baju seting.

 

Pakaian Adat Bangka Belitung

Pakaian Adat Bangka Belitung

Sumber : https://www.facebook.com/

Kain cual merupakan kain adat dari Bangka Belitung yang berbentuk menyerupai songket namun memiliki kekhasan motif tersendiri. Proses pembuatan kain cual bisa dibilang cukup rumit yakni dibuat secara manual dengan teknik tenun yang membutuhkan ketelatenan dan keahlian tersendiri. Bahan-bahannya yang digunakan bisa dikatakan unik dan mahal diantaranya bahan polyster, sutra, katun, serat kayu dan benang emas seberat 18 karat. Tidak heran jika kain cual seringkali dijadikan pakaian kebesaran di kalangan bangsawan dan pakaian pengantin.

Kain Cual Bangka

Pakaian Adat Bangka Belitung

Sumber : http://m.antarababel.com/

Pakaian Adat Bangka Belitung

Sumber : http://ensiklopediaindonesia.com/

Keindahan motif pada kain cual tidak hanya menggambarkan estetika dan keindahan melainkan mengandung nilai historis. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan motif bunga sebagai lambang kesucian, keagungan rezeki dan segala kebaikan, motif bebek sebagai lambang persatuan dan kesatuan, motif naga yang melambangkan keperkasaan, serta motif flora atau fauna yang menggambarkan kekayaan alam yang mengingatkan manusia akan kebesaran pencipta alam semesta.

Pakaian Adat Bangka Belitung

Pakaian Adat Bangka Belitung

Sumber : http://www.komfos.com/

Pakaian Adat Bangka Belitung

Sumber : http://ariphotography-1980.blogspot.com/

Dalam pemakaiannya kain cual biasa disandingkan dengan baju kurung merah khas Bangka yang dikenal dengan nama baju seting. Baju ini terbuat dari bahan sutera atau beludru yang dihiasi dengan ukiran kuningan atau manik-manik serta sulaman benang emas. Masyarakat Bangka Belitung mempercayai pemakain kain cual dan baju seting merupakan penggabungan dari dua kebudayaan yaitu Cina dan Arab (Islam) yang mengajarkan hukum aurat bagi perempuan dan laki-laki dengan mengedepankan aspek kesopanan dan kesantunan dalam berpakaian.

Pakaian Adat Bangka Belitung

Pakaian Adat Bangka Belitung

Sumber : http://wayafi.blogspot.com/

Pakaian Adat Bangka Belitung

Sumber : http://wayafi.blogspot.com/

Dalam upacara pernikahan pemakaian baju seting dan kain cual ini biasanya dilengkapi dengan mahkota atau paksian untuk pengantin perempuan dan sorban atau sungkon untuk pengantian laki-laki. Alas kaki yang dikenakan oleh pengantin pria diberi nama kelaki sedangkan alas kaki yang dikenakan oleh pengantin putri dikenal dengan nama bini.

Alas Kaki

 Alas Kaki Bangka Belitung

Sumber : http://wayafi.blogspot.com/

Sampai saat ini masyarakat kepulauan Bangka Belitung masih menggunakan baju seting dan kain cual dalam setiap upacara adat, bahkan kini kain cual mulai digunakan sebagai seragam sekolah yang dipakai setiap hari jumat. Semoga bermanfaat.

Tags: jual bajujual baju batikjual baju onlinejual pakaian wanitajual pakaian onlinetoko baju batiktoko baju batik onlinetoko baju batik wanita dan priatoko baju onlinetoko baju wanitatoko busana onlinebeli baju batikbeli baju batik wanita dan priabeli baju onlinegambar baju batikdesain baju batikfashion batikfashion wanitafashion baju terbarufashion designfashion designerdesigner indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.