Article

Homepage Article Fashion Design Keunikan Pakaian Ao Dai…

Keunikan Pakaian Ao Dai Dari Vietnam

Selamat pagi sahabat Fitinline. Pada kesempatan yang indah ini, Fitinline akan mengajak anda untuk menyimak pembahasan mengenai salah satu busana tradisional bernama Ao Dai yang biasa dikenakan oleh para wanita di negara Vietnam. Ao Dai sendiri merupakan sebuah gaun berukuran panjang hampir sebatas mata kaki dengan belahan panjang dikedua sisi yang diciptakan dari sejenis kain sutra halus dalam berbagai macam variasi warna. Gaun ini biasa dikenakan bersama celana panjang gombrong yang dibuat dari bahan sutra.

 

Pakaian Ao Dai

Sumber : http://www.aodai.me   

Berdasarkan cerita yang berkembang, keberadaan busana Ao Dai yang kerap dijadikan simbol keanggunan para wanita Vietnam konon telah dikenal luas oleh masyarakat setempat sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan penemuan gambar busana Ao Dai pada ukiran yang terdapat pada permukaan genderang perunggu dan benda lainnya dari kebudayaan Dong Son. 

Pakaian Ao Dai

Sumber : http://www.talkvietnam.com

Pada awal abad ke-20 sebagian besar busana Ao Dai untuk  kaum wanita di perkotaan selalu dijahit dengan lima bagian tubuh. Empat bagian tubuh dari Busana Ao Dai merupakan simbol bagi empat orang yaitu ayah ibu dari pihak suami dan ayah ibu dari pihak istri, sedang kan bagian kelimanya menjadi simbol dari pemakai Ao Dai itu sendiri. 

Pakaian Ao Dai

Sumber : http://aodai.info

Sebagai pelengkap ditambahkan pula 5 buah kancing yang dipasangkan pada bagian depan sebagai simbol ajaran Kong Hu Chu yang terdiri dari manusia, upacara, moral, pengetahuan dan kepercayaan.

Pakaian Ao Dai

Sumber : http://galleryhip.com

Berbeda dengan kebaya Indonesia, Kimono Jepang atau Hanbok Korea yang hanya dikenakan pada acara tertentu saja, busana Ao Dai yang terkesan klasik sekaligus modern dapat dikenakan secara bebas sebagai busana kerja, seragam sekolah, busana pesta, pakaian ibadah, maupun busana santai pada berbagai kesempatan sehari-hari. 

Pakaian Ao Dai

Sumber : http://www.aodai.me

Bahkan sejak tahun 1950, para perancnag busana dari Saigon mulai memodifikasi potongan Ao Dai kedalam bentuk busana modern yang sedikit lebih ketat seperti yang sering kita lihat saat ini. 

Pakaian Ao Dai

Sumber : http://www.memobee.com   

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.