Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fakta Menarik Tentang…

5 Fakta Menarik Tentang Motif Chinoserie Yang Mendunia

Merasa cukup familiar dengan motif chinoiserie (chinoiserie pattern) yang coraknya banyak diilhami oleh desain dan teknik seni tradisional China?. Dibalik tampilannya yang terkesan eksentrik tapi tetap elegan, motif chinoiserie ini pada prinsipnya juga memiliki sejumlah fakta tersembunyi lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Motif Chinoiserie

Motif chinoiserie (dibaca chinoaseri) merupakan motif yang diperoleh dari penyatuan desain dan teknik seni tradisional China dengan kecanggihan Eropa. Walaupun kerap dianggap sebagai motif yang eksentrik tapi tampilannya tetap elegan, motif chinoiserie ini sebenarnya tampak sangat eksotis bagi rakyat Eropa pada masa itu.

Fakta Menarik Motif Chinoiserie

Layaknya motif floral, motif polkadot dan berbagai motif lainnya, motif chinoiserie (chinoiserie pattern) ini pada prinsipnya juga menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho. Berikut beberapa fakta menarik tentang motif chinoiserie yang penting untuk kamu ketahui.

1. Asal Usul Nama Chinoiserie

Ditinjau dari asal bahasanya, kata Chinoiserie sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Perancis untuk “Chinesery” atau “Chinese-esque”. Maknanya yaitu peleburan dari motif Asia dan Eropa yang diciptakan oleh desainer dan pengrajin di Barat.

2. Populer di Eropa Pada Abad ke-18

Motif chinoiserie (chinoiserie pattern) menjadi sangat populer di Eropa pada abad ke-18, ketika para pedagang dan pelaut Eropa mulai memperjual belikan barang-barang seni dekoratif dari Asia Timur, seperti China dan Jepang.

3. Perkembangan Motif Chinoiserie

Dilihat dari desain yang ditampilkan, motif chinoiserie umumnya banyak menggambarkan adegan-adegan oriental atau dekorasi oriental yang diilhami oleh desain dan teknik seni tradisional China, seperti karya seni kaligrafi, kertas tembok dan porselen China.

Selain itu motif ini juga banyak mengadaptasi bentuk atau obyek-obyek yang ada di alam dengan pengaturan yang simetris dan menghasilkan harmoni yang eksotis.

  • Karakteristik umum motif chinoiserie yaitu memiliki gambar-gambar yang rumit, bervariasi dan berwarna-warni.
  • Motif chinoiserie sering kali menampilkan elemen-elemen khusus seperti gambar awan, burung, merak, tumbuhan menjalar, pohon persik dan bunga-bungaan.

Kalau untuk saat ini motif chinoiserie (chinoiserie pattern) tampaknya telah mengalami banyak modifikasi dan menciptakan versi sendiri untuk menekankan eksotisme, memberikan kesan warna-warni kehidupan dan menggembirakan seperti dongeng yang menarik.

Meski demikian penggunaan warna-warna yang cerah, seperti merah, kuning dan hijau, serta perak dan emas untuk menambahkan kilauan dan keanggunan pada motif chinoiserie, sampai saat ini masih tetap dipertahankan.

4. Punya Banyak Kelebihan

Sebagai salah satu jenis motif yang banyak terinspirasi oleh seni dan budaya Tiongkok motif chinoiserie (chinoiserie pattern) juga memiliki banyak keistimewaan tersendiri.

  • Motif chinoiserie sangat unik dan berbeda dengan gaya dekorasi lainnya, sehingga dapat memberikan sentuhan eksotis media yang dihiasnya.
  • Motif chinoiserie memiliki nuansa yang sangat elegan dan mewah, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam dekorasi interior yang berkelas.
  • Motif chinoiserie memiliki warna-warna yang cerah dan ceria, sehingga dapat memberi kesan lebih hidup dan bersemangat.

5. Aplikasi Motif Chinoiserie

Terkait dengan aplikasinya dalam kehidupan manusia, motif chinoiserie ini pada prinsipnya dapat dicetak pada berbagai macam material seperti kertas dinding, kain, keramik dan masih banyak lagi. Keberadaannya pun dianggap menjadi salah satu gaya dekoratif yang paling abadi dan fantastis dalam desain interior.

  • Pada abad ke-18, chinoiserie mulai digunakan dalam dekorasi rumah tangga maupun arsitektur Eropa dan menjadi sangat populer di Inggris, Perancis serta Belanda.
  • Gaya ini sering menampilkan elemen-elemen yang dianggap identik dengan dekorasi Cina, seperti pagoda, pohon bambu dan karakter-karakter Cina dalam lukisan dan keramik.

Untuk menghias ruangan misalnya, motif chinoiserie (chinoiserie pattern) sendiri dapat dijumpai pada berbagai macam produk pelengkap rumah tangga seperti halnya kertas dinding, tirai, table runner, tempat tisu, cover sofa, cushion dan perabotan lainnya.

  • Kertas Dinding

Kertas dinding merupakan sejenis kertas yang bisa dipasang dan diganti jika kamu ingin mengubah tampilan ruangan dengan cepat dan mudah. Fungsi utama dari kertas dinding ini yaitu:

  • Sebagai elemen dekorasi dalam ruangan yang mempercantik tampilan ruangan.
  • Membantu melindungi dinding dari kerusakan seperti goresan, noda, atau guncangan ringan.
  • Memberikan efek visual yang membuat ruangan terasa lebih besar atau lebih tinggi.
  • Menyamarkan ketidaksempurnaan dinding.

Motif Chinoiserie

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Tirai

Tirai merupakan sejenis kain yang digantung pada jendela atau pintu sebagai elemen dekorasi dan fungsional. Selain mengatur keluar masuknya cahaya dari dalam ruangan, tirai juga dapat memberikan privasi pada ruangan dengan memblokir pandangan dari luar dan meningkatkan tampilan ruangan.

Motif Chinoiserie

Sumber : https://www.folknfunky.com/

  • Table Runner

Table runner merupakan lembaran kain yang biasa diletakkan melintang ditengah meja. Tak hanya mempercantik tampilan meja, table runner inipun juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi meja dari berbagai materi yang mungkin dapat merusak meja.

Motif Chinoiserie

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Tempat Tisu

Tempat tisu merupakan wadah yang dapat digunakan untuk menyimpan tisu dan memudahkan akses ketika tisu dibutuhkan. Selain itu tempat tisu juga dapat membantu mencegah tisu dari kotoran dan debu yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi penggunanya.

Motif Chinoiserie

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Cover Sofa

Cover sofa merupakan sebuah material yang biasa digunakan untuk melapisi bagian terluar dari sofa. Dengan menggunakan cover sofa yang bermotif chinoiserie, kamu bisa mengaplikasikan sofa tersebut dalam berbagai gaya dekorasi, dari yang klasik hingga modern.

Motif Chinoiserie

Sumber : https://www.1stdibs.com/

  • Cushion

Cushion merupakan sejenis bantal yang didesain khusus untuk melengkapi kehadiran sofa. Fungsi utamanya yaitu sebagai sarana atau alat untuk menopang tubuh saat bersandar dan duduk disofa.

  • Bantal cushion akan membuat sofa yang polos menjadi lebih menarik.
  • Bantal cushion bisa menjadi titik pusat perhatian yang menambah manis penampilan dari sebuah ruangan.
  • Keberadaan cushion akan menambah rasa nyaman pada sebuah sofa.
  • Bantal cushion dapat dipakai sebagai alas kepala saat ingin rebahan di sofa.

Motif Chinoiserie

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain digunakan untuk menghias ruangan, motif chinoiserie (chinoiserie pattern) yang populer hingga saat ini juga sering digunakan sebagai inspirasi untuk karya seni dekoratif modern, termasuk karya seni grafis, pakaian dan aksesoris lho.

Khusus untuk aplikasinya di dunia fashion, motif chinoiserie yang cantik tak hanya banyak diaplikasikan pada gaun saja, namun kehadirannya juga bisa ditemui pada hijab, blus, outer dan berbagai model  pakaian lain dengan siluet yang lebih kontemporer.

Motif Chinoiserie Motif Chinoiserie

Sumber : https://id.carousell.com/, https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai asal usul nama chinoiserie dan beberapa fakta menarik lainnya yang dimiliki motif tersebut. Dengan mengetahui sejumlah fakta unik dan menarik tentang motif chinoiserie semoga wawasan dan pengetahuan kamu tentang motif chinoiserie jadi makin bertambah ya.

Butuh bahan kain berkulitas dengan harga murah untuk membuat tirai, table runner, cover sofa, cushion dan juga pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan intip dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki yuk.  

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.