Article

Chino Pants

Chino merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah pakaian khususnya celana panjang berbahan dasar kain twill yang awalnya dibuat dari 100% katun. Celana yang dikenal secara luas dengan sebutan chinos atau chino pants ini dikembangkan pada pertengahan abad ke-19 sebagai seragam militer tentara Inggris serta Perancis dan mulai populer di Amerika Serikat ketika dikenakan oleh veteran perang dari Filipina.

 

 

Chino Pants

Sumber : http://global.rakuten.com

Meski masih menjadi perdebatan, beberapa sumber menyebutkan bahwa istilah Chino sendiri konon diambil dari bahasa Spanyol Amerika yang apabila diterjemahkan secara harfiah berarti “panggang”, mewakili warna coklat pada kain twill yang menyerupai roti panggang. Sementara dalam bahasa Spanyol kontemporer, istilah chino secara luas memiliki arti “cina” atau yang berasal dari Cina, mengacu pada nama negara yang memproduksi celana tersebut untuk pertama kalinya.

Chino Pants

Sumber : http://list.qoo10.sg/

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Sebagai atribut perang, bahan yang dipilih untuk membuat chino pants umumnya memiliki kesamaan dengan warna tanah maupun unsur alami lainnya sebagai bentuk penyamaran atau kamuflase yang membuat musuh sulit untuk membedakan mereka dengan lingkungan sekitarnya. 

Chino Pants

Sumber : http://www.itsnotforgirls.com/

Pada perkembangannya chino pants yang didesain untuk kegiatan militer ternyata juga diminati oleh warga sipil sebagai pakaian sehari-hari. Dibandingkan celana jeans yang terkesan berat dan cenderung panas saat dikenakan, chino pants yang dibuat dari kain twill mampu memberikan kesan lebih rapih sekaligus rasa nyaman bagi pemakainya. 

Chino Pants

Sumber : http://teeking.en.alibaba.com/

Chino pants yang pada awalnya didesain sebagai pakaian formal, kini juga dapat digunakan untuk pelengkap gaya casual seperti hangout, kuliah, maupun tujuan dinas diluar kantor. Meski telah mengalami banyak modifikasi bentuk maupun desain, namun ciri khas berupa saku bagian belakang dengan model jetted pocket atau welt pocket (saku bobok) tetap melekat pada chino pants yang berkembang saat ini.

Chino Pants

Sumber : http://hypebeast.com/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Secara garis besar model chino pants yang berkembang saat ini terdiri atas tiga model atau potongan, yaitu pas dibagian pinggul dan longgar dibagian kaki (Regular Fit), pas dibagian pinggul dan paha (Slim Fit) dan pas dari bagian paha hingga kaki (Skinny Fit). 

Chino Pants

Sumber : https://warosu.org/

Berbeda dengan kostum yang dikenakan oleh para tentara perang, saat ini chino pants mayoritas didominasi warna natural seperti navy blue, olive, dan khaki hingga warna-warna meriah seperti tosca, purple, dan warna menarik lainnya. Penambahan aksen berupa rivet, veterband, saku kotak maupun aksesoris lainnya juga mampu memberikan kesan casual pada chino pants.

Chino Pants

Sumber : http://www.uptherestore.com/

Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.