Article

Meteran

Pita ukur atau sering disebut meteran merupakan alat yang penting dimiliki setiap penjahit atau siapapun yang sedang belajar menjahit. Meteran selalu identik dengan penjahit, biasanya meteran dikalungkan pada leher penjahit sebelum mengukur kain atau mengukur ukuran badan si pemesan pakaian.

Meteran yaitu alat ukur berbentuk pita, dengan panjang biasanya 150 cm. Digunakan untuk melakukan pengukuran pada orang yang hendak membuat busana, meteran mampu mengikuti bentuk lekuk tubuh yang kita ukur. Usahakan memiliki pita ukur yang tidak mudah mulur, agar pengukuran yang kita lakukan selalu akurat, dan busana yang kita jahit sesuai dengan permintaan. Ukuran tubuh yang biasanya diukur yaitu lingkar dada, lebar punggung, lingkar pinggang, lingkar panggul, lebar bahu, lingkar kerung lengan, panjang lengan, panjang busana, dan ukuran lainnya yang diperlukan.

Ukuran Busana

Ukuran Busana

Sumber: http://bajumurmer.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Meteran merupakan modal dasar penjahit, karena digunakan untuk mengukur ukuran bagian tubuh pelanggan, maupun digunakan untuk mengukur kain yang akan dipotong. Ukuran yang digunakan di meteran jahit bisanya yaitu centimeter (cm) dan inchi (Inc). Panjangnya sekitar 1,5 Meter. Warnanya juga bermacam-macam.

Meteran

Meteran

Sumber: http://tokojahitsulam.blogspot.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Harga meteran relatif murah, manfaatnya juga besar khususnya bagi penjahit. Umumnya terdapat ada dua jenis meteran yang dijual di pasaran, yaitu meteran biasa dan meteran jepang, meteran jepang harganya lebih mahal bisa 3 kali lipat harganya dengan meteren biasa. Dari segi fisik, meteran jepang lebih lebar dan bagus, tapi bedanya akan terlihat seiring dengan berjalannya waktu, meteran biasa lama-kelamaan akan mengeras atau kaku dan mudah robek, sedangkan meteran jepang tetap lemas. Hasil pengukuran kedua meteran itu bisa berbeda, jika pada saat anda mengukur badan dengan meteran jepang, maka sewaktu membuat dan memotong pola juga gunakan meteran yang sama, jangan gunakan mencampur dengan menggunakan meteran biasa. Jika anda menggunakan meteran biasa, maka jangan mencampur ukuran dengan meteran jepang. Perlengkapan meteran bisa kamu beli di toko yang menyediakan perlengkapan jahit.

Pita Ukur

Pita Ukur

Sumber: http://ms.wikipedia.org

Pita Ukur

Sumber: http://www.photo-dictionary.com

Semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.