Article

Homepage Article Jahit Menjahit Membuat Tali Sengkelit

Membuat Tali Sengkelit

Untuk menahan kancing yang terdapat pada belahan pakaian sebagian besar kebaya, blouse maupun gamis biasanya dilengkapi dengan sebuah tali berukuran kecil yang biasa disebut sebagai tali sengkelit atau tali spageti. 

Tali Sengkelit

Sumber : https://www.seamwork.com/

Tali sengkelit ini memang ada yang dijual dalam bentuk jadi, tetapi terkadang ketersediaan warnanya sangat terbatas. Jadi untuk mendapatkan tali sengkelit yang sesuai dengan kebutuhan sahabat Fitinline bisa membuatnya sendiri dengan beberapa peralatan sederhana. 

Tali Sengkelit

Langkah-Langkah Membuat Tali Sengkelit

Siapkan satu lembar bahan kain (bisa berupa kain katun atau kain lainnya) kemudian bentangkan kain tersebut di atas bidang yang datar, gunakan cutting mat sebagai alasnya. 

Tali Sengkelit

Lipat kain secara diagonal, kemudian potong kain secara menyerong dari serat kain yang lurus dengan menggunakan bantuan penggaris dan rotary cutter. Sesuaikan ukuran panjang dan lebarnya dengan kebutuhan. 

Tali Sengkelit

Rapikan bagian ujungnya supaya terlihat lebih rata.

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Lipat potongan kain serong menjadi 2 bagian dengan posisi bagian baiknya berada didalam lipatan. Jika diperlukan sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan lipatan kain agar tidak terbuka.  

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Jahit sedikit lipatan kain tersebut dengan lebar kira 0,3 atau 0,4 cm dari bagian tepinya  (jangan terlalu kecil nanti susah di balik).

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Setelah potongan kain serong terjahit secara keseluruhan selanjutnya anda tinggal membalik tali tersebut dengan menggunakan loop turner.

Membalik Tali Sengkelit Dengan Loop Turner

Mula-mula masukkan loop turner ke dalam celah bahan tali melalui salah satu ujung lubang jahitan kain kemudian kaitkan alat tersebut pada salah satu ujung jahitan lainnya.  

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Tarik loop turner secara perlahan hingga bagian ujungnya berada diluar tali kemudian lepaskan.  

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Tarik tali sengkelit hingga seluruh bagiannya terbalik secara sempurna kemudian rapikan. Tali sengkelit siap untuk digunakan.

Tali Sengkelit

Selain menggunakan bantuan loop turner dalam pembuatan tali sengkelit untuk kebaya, blouse dan gamis sahabat Fitinline juga bisa membalik tali sengkelit tersebut dengan menggunakan peralatan jahit seadanya yaitu dengan menggunakan jarum jahit tangan dan benang.

Membalik Tali Sengkelit Dengan Jarum dan Benang Jahit

Caranya masukkan benang jahit pada lubang jarum kemudian ikat simpul salah satu ujung benangnya. 

Tali Sengkelit

Tusukkan jarum pada salah satu ujung jahitan tali sengkelit yang sudah disiapkan.

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Selanjutnya masukkan bagian belakang jarum tersebut meewati celah bahan tali hingga menembus ujung jahitan lainnya yang terbuka.

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Lepaskan jarum jahit yang melekat pada benang kemudian tarik benang tersebut secara perlahan hingga tali sengkelit terbalik secara sempurna.  

Tali Sengkelit

Tali Sengkelit

Tali sengkelit siap untuk digunakan.

Lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial berikut.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.