Article

Homepage Article Cara Menjahit Menjahit Dengan Tusuk Feston

Menjahit Dengan Tusuk Feston

Tusuk Feston merupakan salah satu tusuk dasar menjahit yang paling sering digunakan untuk menjahit beraneka macam kerajinan dari kain flanel seperti hiasan pensil, boneka, hisan sandal, gantungan kunci maupun handphone. Dalam pembuatan kerajinan dari kain flanel, tusuk feston biasanya juga dikombinasikan dengan tusuk jelujur dan tusuk tikam jejak. Oleh karena itu, kemampuan dasar menjahit dengan tusuk feston ini harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mempelajari cara membuat kerajinan flanel. Untuk mengawali kegiatan menjahit, pertama-tama siapkan dua lembar potongan kain flanel yang akan di jahit, jarum jahit tangan, benang jahit, serta gunting kecil.

Tusuk Feston

Sumber : http://itikbalihandmade.blogspot.com/

Memulai Jahitan

Proses menjahitnya dimulai dengan membuat tusukan pada lembaran pertama kain flanel dan lembaran kedua dengan arah tusukan dari bawah ke atas. Selanjutnya tarik benang secara perlahan, posisikan bagian panjang benang berada disebelah kanan. Fungsi dari tusukan ini adalah untuk menyembunyikan simpul benang. Berikutnya ulangi lagi dengan membuat jahitan serupa dari bawah keatas dengan arah dari kiri ke kanan atau berlawanan dengan arah jarum jam.

Tusuk Feston

Sumber : http://www.nupinupi.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Tusuk Feston

Sumber : http://deliciouscraft.com/

Menyambung Benang

Dalam kegiatan menjahit terkadang ada saja kendala yang dihadapi, misalnya saja benang yang digunakan kurang panjang atau bahkan terputus ditengah jalan. Oleh karenanya diperlukan teknik penyambungan dengan cara membuat simpul dari benang pendek dan benang sambungan. Untuk memperoleh jahitan yang rapi usahakan simpul yang dibuat tidak memiliki jarak dengan kain yang dijahit. Selanjutnya masukkan ujung-ujung simpul benang tersebut di antara kain flanel dan lanjutkan menjahit seperti biasa. 

Tusuk Feston

Sumber : http://kamalinda95.blogspot.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Tusuk Feston

Sumber : https://duniarumah.wordpress.com/

Mengakhiri Jahitan

Untuk penyelesaian akhir jahitan buat tusuk feston seperti biasa, tarik bagian benangnya namun jangan sampai habis. Kemudian masukkan jarum kedalam lubang benang yang tersisa. Selanjutnya tarik benang dengan kuat sehingga jahitan yang dihasilkan berdekatan dengan bagian kain. Tusukkan jarum sekali lagi pada bagian dimana simpul terakhir dibuat untuk menyembunyikan benang agar tidak terlihat dari bagian luar. Terakhir potong sisa benang menggunakan gunting yang telah dipersiapkan. 

Tusuk Feston

Sumber : http://www.nupinupi.com/

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.