Article

Homepage Article Fashion Design Unsur Siluet Huruf Dalam…

Unsur Siluet Huruf Dalam Desain Fashion

Masih berlanjut dengan artikel sebelumnya yang dimana pada artikel sebelumnya sekilas membahas rancangan busana. Tentunya dalam sebuah  rancangan busana kita harus membuat dengan yang mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain.   Di sebuah rancangan busana ini kita harus mengetahui unsur-unsur desain yang digunakan sebelum membuat busana. Maka dari itu sangat penting bagi kamu yang meninginkan terjun di dunia fashion harus memahami dan mempelajari unsur-unsur desain yang diperlukan dalam pembuatan desain busana. Salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini adalah unsur siluet huruf. Siluet ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kesan pada busana tersebut saat digunakan. Untuk kamu yang ingin tau lebih detail mengenai apa itu unsur siluet dalam desain fashion, yuk bisa simak terus di artikel ini.

Beberapa hal yang akan kita bahas pada artikel ini mengenai Unsur Siluet Dalam Desain Fashion, diantaranya sebagai berikut :

Sekilas Kita Akan Membahas Definisi Siluet Huruf Dalam Desain Fashion

Di dalam desain fashion ini biasanya siluet dikenal dengan istilah bentuk luar atau bayangan dari sebuah pakaian secara umum yang ditampilkan saat busana atau ggaun tersebut dikenakan oleh seseorang. Di desain fashion ini siluet tidak hanya siluet huruf saja melainkan bentuk dasar dari siluet busana sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam kategori, diantara mulai dari siluet lurus atau pipa, siluet lonceng, siluet menonjol, siluet berdasarkan pengaruh tekstur , siluet berdasarkan kesan usia, siluet berdasarkan bentuk yang ada di alam. Ya, untuk di artikel kali ini kita akan lebih detail membahas untuk siluet huruf dalam desain fashion. Siluet huruf dalam desain busana adalah bentuk luar dari busana atau gaun yang terlihat seperti berbagai huruf. Apa saja bentuk siluet huruf yang ada dalam desain fashion ? Kita jelaskan pada pembahasan berikutnya. Simak artikel ini terus ya sahabat Fitinline.

Desain Fashion

Sumber : https://amikamoda.ru/

Beberapa Bentuk Siluet Huruf Dalam Unsur Desain Fashion

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa siluet dalam desain fashion ini ada berbagai macam kategorinya. Salah satu yang sudah tidak asing lagi adalah siluet huruf. Dalam siluet huruf ini ada macam-macam bentuk siluet yang menyerupai bentuk huruf, diantaranya sebagai berikut :

1. Unsur Siluet Huruf A

Unsur siluet huruf A merupakan siluet yang terlihat pada busana bagian atas kecil dan semakin melebar di bagian bawah, bisa juga tidak mempunyai lengan sehingga terlihat seperti huruf A.

Desain Fashion

Sumber : http://file.upi.edu/

2. Unsur Siluet Huruf I

Merupakan pakaian yang mempunyai model bagian atas besar atau lebar dan bagian badan atau tengah lurus sedangkan bagian bawah atau rok besar, sehingga terlihat seperti huruf I.

Desain Fashion

Sumber : http://file.upi.edu/

3. Unsur Siluet Huruf H

Siluet ini memppunyai bentuk pakaian yang longgar, simpel, praktis dan fleksibel. Biasanya siluet ini terlihat lurus dari atas dengan bagian pinggang terdapat sambungan atau tali, sehingga seperti huruf H.

Desain Fashion

Sumber : http://file.upi.edu/

4. Unsur Siluet Huruf Y

Terlihat melebar pada bagian atas dan semakin kecil di bagian bawah busana, sehingga terlihat seperti huruf Y.

Desain Fashion

Sumber : http://file.upi.edu/

5. Unsur Siluet Huruf T

Untuk unsur siluet ini merupakan bentuk pakaian yang mempunyai desain garis leher kecil, ukuran lengan panjang dan bagian bawah atau rok kecil, sehingga seperti huruf T.

Desain Fashion

Sumber : http://file.upi.edu/

6. Unsur Siluet Huruf X

Siluet ini memiliki bentuk yang membersar pada bagian atasnya, kemudian pada bagian pas pinggangnya kecil dan besar di bagian bawah, sehingga seperti huruf X.

Desain Fashion

Sumber : http://file.upi.edu/

7. Unsur Siluet Huruf O

Untuk unsur siluet ini memiliki bnruk yang bulat menyerupai bola, sehingga seperti huruf O.

Desain Fashion

Sumber : http://file.upi.edu/

8. Unsur Siluet Huruf S

Bentuk pakaian yang mempunyai model dengan bagian bagian atas besar, bagian tengah atau bagian pinggang  kecil dan bagian bawah besar, sehingga terlihat seperti huruf S.

Desain Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

9. Unsur Siluet Huruf L

Merupakan bentuk pakaian variasi dari berbagai siluet, dappat diberikan tambahan pada bagian belakang dengan bentuk yang panjang atau drapery. Bentuk ini biasanya terlihat pada pakaian pengantin barat yang memiliki ekor ke belakang pada pakaiannya, sehingga terlihat seperti huruf L.

Desain Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Penerapan Beberapa Bentuk Siluet Huruf Pada Busana Sesuai Bentuk Tubuh  Sipemakai

Unsur siluet huruf yang digunakan dalam desain fashion yang terdapat di bentuk busana ini juga ada berpengaruh dengan bentuk tubuh sipemakai pakaian tersebut sehingga akan mempengaruhi kesan dalam berpenampilannya.

Berikut kita jelaskan beberapa contoh penerapan beberapa bentuk siluet huruf pada busana sesuai  dengan bentuk tubuh sipemakai, diantaranya sebagai berikut:

1. Penerapan Bentuk Siluet Huruf I Pada Busana Sesuai Bentuk Tubuh Sipemakai

Untuk penerapan bentuk siluet huruf I ini biasanya digunakan untuk orang yang memiliki tubuh berisi dan diimbangi dengan pakaian yang bermotif garis lurus vertikal sehingga akan terkesan ramping walaupun mempunyai postur tubuh yang sedikit berisi. Biasanya siluet I ini dihindari oleh orang yang memilki postur tubuh kurus dan tinggi.

2. Penerapan Bentuk Siluet Huruf A Pada Busana Sesuai Bentuk Tubuh Sipemakai

Pada penerapan bentuk siluet A ini paling sering digunakan untuk semua jenis postur tubuh. Baik tubuh yang memiliki postur tubuh kecil maupun berisi. Namun sipemakai harus menambahkan motif yang sesuai atau menyesuaikan warnanya agar kekurangan pada tubuhnya tertutupi. Misalnya postur tubuh berisi bisa menggunakan warna gelap begitupun juga sebaliknya yang memiliki postur kecil bisa menggunakan warna terang.

3. Penerapan Bentuk Siluet Huruf O Pada Busana Sesuai Bentuk Tubuh Sipemakai

Bentuk siluet huruf O pada busana ini identitik selalu digunakan oleh pemakai yang memiliki postur tubuh yang kecil dan tinggi sehingga dengan menggunakan bentuk siluet huruf O ini memberikan kesan postur tubuh terlihat berisi.

4. Penerapan Bentuk Siluet Huruf X Pada Busana Sesuai Bentuk Tubuh Sipemakai

Bentuk siluet huruf X ini sangat sesuai digunakan untuk pemakai yang memiliki postur tubuh kecil dan tinggi. Sipemakai jika menggunakan siluet huruf X ini postur tubuh yang dimiliki saat menggunakan busana akan terlihat berisi dan tetap ramping pada bagian pinggangnya. Bentuk siluet huruf X ini tidak sesuai digunakan untuk sipemakai yang memiliki postur tubuh berisi dan pendek karena akan memberikan kesan pendek dan terlihat semakin berisi pada postur sipemakai.

Demikian pembahasan singkat kita pada artikel ini mengenai Unsur Siluet Huruf Dalam Desain Fashion. Semoga informasi yang kita sampaikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kamu dalam mempersiapkan unsur-unsur siluet huruf sebelum kamu melakukan pembuatan busana dan bisa menyesuaikannya dengan bentuk tubuh kamu sehingga penampilan kamu nantinya akan terlihat lebih menarik lagi.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.