Article

Homepage Article Jahit Menjahit Menghias Jepit Rambut Dengan…

Menghias Jepit Rambut Dengan Pita

Sejak dahulu jepit rambut atau hair clip dikenal sebagai salah satu jenis aksesoris yang disukai oleh banyak orang, terutama remaja dan anak perempuan. Bosan dengan tampilan jepit rambut lama anda?. Sahabat Fitinline bisa menambahkan aksen pita pada jepit rambut yang anda miliki agar terlihat lebih beda.

Ribbon Bow

Dimana untuk menghias jepit rambut tersebut sahabat Fitinline perlu mempersiapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari pita rambut, lem tembak, korek api, jarum dan benang jahit, gunting, dan penggaris. 

Ribbon Bow

Langkah-Langkah Membuat Hiasan Pita

Dengan menggunakan penggaris, ukur seberapa panjang pita yang akan anda gunakan untuk membuat hiasan jepit rambut. Pada percobaan kali ini panjang pita yang digunakan yaitu berukuran kurang lebih 20 inchi atau 50 cm. 

Ribbon Bow

Supaya benang yang terdapat pada bekas potongan pita tidak terurai sahabat Fitinline bisa membakarnya dengan menggunakan korek api. 

Ribbon Bow

Lipat salah satu bagian ujung pita sejauh 2.5 inchi atau 6.25 cm. 

Ribbon Bow

Selanjutnya lipat kembali bagian tersebut sesuai dengan arah lipatan ujung pita seperti yang dilakukan pada langkah sebelumnya. 

Ribbon Bow

Lipat bagian pita yang bebas kearah bawah atau berlawanan dari lipatan pita sebelumnya. Ukuran lipatan yang dibuat kali ini harus sedikit lebih panjang dari lipatan sebelumnya. 

Ribbon Bow

Lipat kembali bagian pita yang bebas kearah bawah. 

Ribbon Bow

Balutkan pita yang tersisa kearah atas hingga menutup sebagian lipatan pita yang dibuat dari langkah-langkah sebelumnya, kemudian arahkan ujungnya kebagian bawah. Perhatikan gambar berikut.   

Ribbon Bow

Ribbon Bow

Ribbon Bow

Dari sehelai pita berukuran panjang 50 cm hiasan pita rambut yang diperoleh nantinya akan berukuran kurang lebih 3 inchi atau 7.5 cm.

Ribbon Bow

Tekan bagian tengah pita menggunakan jari tangan bagian kiri, kemudian lipat pita tersebut menjadi dua bagian sama besar menggunakan jari-jari tangan kanan anda. Bekas lipatan yang ditinggalkan nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam menjahit pita.

Ribbon Bow

Ribbon Bow

Rentangkan kembali lipatan pita tersebut, kemudian arahkan bagian pita yang membalut seluruh bagian lipatan pita kearah samping seperti contoh berikut.

Ribbon Bow

Jelujur sepanjang bagian tengah pita menggunakan jahitan tangan. Supaya  hasil yang didapatkan terlihat lebih bagus, anda bisa menggunakan benang yang senada dengan warna pita. 

Ribbon Bow

Selanjutnya eratkan jahitan jelujur yang dibuat pada langkah sebelumnya hingga lipatan pita menjadi berkerut. Ikat kerutan pita tersebut dengan menggunakan benang kemudian rapikan.  

Ribbon Bow

Ribbon Bow

Untuk menutup ikatan bagian utama pita, sediakan pita berukuran panjang 2 inchi atau 5 cm. 

Ribbon Bow

Lipat pita tersebut menjadi dua bagian sama besar, kemudian lipat lagi bagian tersebut sebanyak satu kali.

Ribbon Bow

Ribbon Bow

Panaskan lem tembak mengggunakan alat khusus, kemudian tuangkan lem tersebut kebagian tengah ikatan pita. 

Ribbon Bow

Tempelkan lipatan pita yang berbentuk kecil tepat di bagian tengahnya kemudian rapikan kearah belakang.

Ribbon Bow

Rekatkan masing-masing bagian ujung penutup jahitan pita dengan bagian utama pita, menggunakan lem tembak.  

Ribbon Bow

Ribbon Bow

Untuk memasang pita pada jepit rambut sahabat Fitinline tinggal menuangkan lem tembak pada jepit rambut yang ingin anda hias.

Ribbon Bow

Selanjutnya tempelkan jepit rambut pada bagian belakang hiasan pita. Tekan-tekan sedikit supaya keduanya merekat dengan sempurna. Hasilnya akan diperoleh jepitan rambut yang cantik seperti gambar berikut. 

Ribbon Bow

Untuk lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial berikut ini.

Ribbon Bow

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.