Article

Homepage Article Jahit Menjahit Mengetahui Fungsi dan Prinsip…

Mengetahui Fungsi dan Prinsip Kerja Tuas Pengangkat Benang Pada Mesin Jahit

Tahu komponen mesin jahit yang bernama tuas pengangkat benang?. Bagi anda yang biasa bekerja dengan mesin jahit pasti anda sudah sangat familiar dengan bagian tersebut bukan?. Pada banyak mesin jahit baru tuas pengangkat benang ini biasanya disembunyikan di dalam tubuh mesin jahit dan diatur pada titik tertingginya.

Tuas pengangkat benang atau thread take-up lever merupakan bagian mesin jahit yang menjadi tempat singgah benang jahit untuk pertama kali sebelum benang ditarik menuju ke lubang berikutnya. Prinsip kerjanya yaitu benang harus dikaitkan ke celah tuas pengangkat benang atau dimasukan ke dalam lubang yang terdapat pada tuas.

Tuas Pengangkat Benang

Sumber : https://sewingstep.com/

Tuas Pengangkat Benang

Sumber : https://singer-featherweight.com/

Komponen mesin jahit bernama tuas pengangkat benang ini umumnya terbuat dari material logam dan oleh sebagian orang biasa disebut juga sebagai anthuk atau pelatuk. Ketika mesin jahit dioperasikan tuas pengangkat benang ini akan bergerak naik dan turun selama pembentukan jahitan berlangsung.

Tuas Pengangkat Benang

Sumber : http://www.instructables.com/

Selain berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan benang atas sehingga ketegangan jahitan pada kain menjadi kuat setelah jahitan selesai dibuat, tuas pengangkat benang ini juga dapat digunakan sebagai acuan untuk melihat posisi jarum dalam sebuah mesin jahit.

Tuas Pengangkat Benang

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Ketika tuas pengangkat benang berada pada posisi paling atas itu berarti jarum mesin jahit anda juga berada pada posisi tertingginya. Untuk memastikan hal ini anda bisa memutar roda imbangnya ke arah anda dan memindahkan tuas pengangkat benang sampai ke puncak.

Prosedur Penggunaan Tuas Pengangkat Benang Yang Benar

  • Bila anda ingin memasang kain atau mengambil kain dari bawah sepatu jahit pastikan posisi tuas pengangkat benangnya berada tepat di puncak atas untuk mencegah tersangkutnya kain pada jarum dan membuatnya bengkok.
  • Selalu pasang benang jahit ketika tuas pengangkat benangnya berada di atas untuk mencegah timbulnya untaian benang yang tersimpul.
  • Pastikan benang melewati tuas pengangkat benang agar tegangan benangnya seimbang dan bentuk jahitan yang dihasilkan menjadi bagus. Mengabaikan pemasangan benang pada tuas pengangkat benang bisa membuat benang menjadi kusut.

Tuas Pengangkat Benang

Sumber : http://support.brother.com/

Bila mesin jahit yang anda gunakan benangnya sering patah atau hasil jahitannya kusut, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan bahwa benang bagian atas anda sudah berada di jalur yang benar. Tuas pengangkat benang adalah penyebab umum dari benang yang keluar dari jalur semestinya.

Tuas Pengangkat Benang

Sumber : http://moderndomesticpdx.com/

Mencari tuas pengangkat benang atau anthuk mesin jahit berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinine bisa membelinya Di Sini. Model tuas pengangkat jenis ini dapat digunakan pada berbagai merk mesin jahit klasik.

Tuas Pengangkat Benang

Sumber : http://www.sandman-collectibles.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.