Article

Homepage Article Fashion Design Mengenal Software Optitex…

Mengenal Software Optitex Untuk Membuat Pola di Industri Garmen

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat tampaknya memberikan dampak yang cukup positif terhadap pertumbuhan berbagai macam industri, tidak terkecuali bagi industri garmen. Di dalam industri garmen ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan beberapa software komputer  yang dirancang khusus untuk pembuatan pola pakaian. Salah satunya yaitu  perangkat lunak bernama Optitex, walaupun masih melibatkan tenaga manusia untuk mengoperasikannya namun dengan menggunakan software ini sangat membantu dalam kelancaran proses produksi pakaian khususnya dalam pembuatan pola pakaian. Buat kalian yang belum banyak mengetahui tentang software optitex, bisa simak terus artikel ini. Kita akan bahas lebih detail di pembahasan berikutnya.

Beberapa hal yang akan kita uraikan pada artikel ini untuk mengenal software optitex yang biasanya digunakan untuk membuat pola di industri garmen, diantaranya sebagai berikut :

Sekilas Definisi Mengenai Sofware Optitex Yang Digunakan Untuk Pembuatan Pola  Dalam Industri Garmen

Beberapa industri garmen untuk menunjang proses produksi ini sudah menggunakan beberapa jenis software. Salah satunya software optitex ini. Optitex  adalah software yang telah dirancang untuk membuat pola secara komputerisasi yang telah diprogramkan di komputer. Optitex ini mempunyai beberapan program utama antara lain Pattern Desaign System (Pola Desain Sistem), Marker (Rancangan Bahan), Grade (Kelas), Modulate (Memodulasi),3D dan 2D. Software ini dibuat secara khusus untuk mempermudah para penggunanya di industri garmen demi mendapatkan hasil desain yang maksimal. Perlu diketahui, penggunaan Software Optitex yang asli atau orisinil sangatlah penting, mengingat masih maraknya penggunaan software bajakan yang terpasang dan tersebar di Indonesia.  Ya, untuk mengetahui keunggulan dan kerugian yang didapatkan jika menggunakan software optitex asli dibandingkan dengan yang palsu atau bajakan, akan kita bahas di pembahasan selanjutnya.

Software Optitex

Sumber : https://id.pinterest.com/

Keunggulan dan Kerugian Yang Didapatkan Dalam Menggunakan Software Optitex Yang Asli Dibandingkan Dengan Yang Palsu Atau Bajakan

Ya sebagai pebisnis yang profesional dalam bidang industri garmen  tentunya kita akan memilih menggunakan sesuatu yang autentik. Seperti dalam memilih untuk menggunakan software optitex ini juga dianjurkan yang asli. Namun ada seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya bahwa menggunakan software optitex yang asli dibandingkan dengan yang palsu memiliki keunggulan dan kerugian, diantaranya sebagai berikut :

1. Menggunakan Software Optitex Asli

  • Moral Bisnis dan Perusahaan

Menjaga etika dan nilai moral dalam berbisnis itu sangatlah penting karena akan berpengaruh besar terhadap reputasi perusahaan tersebut baik dalam lingkungan mikro maupun makro.

  • Menghargai Karya Orang

Dengan menggunakan Software Optitex yang asli berarti kamu telah menghormati dan menghargai hasil karya orang lain.

  • Meminimalisir Resiko

Dengan menggunakan Software Optitex yang asli kamu dapat meminimalisir berbagai resiko seperti virus yang bisa saja berdampak buruk terhadap perangkat komputer Anda.

  • Update Secara Berkala

Selalu melakukan update secara berkala hanya dapat dilakukan jika kita menggunakan Software Optitex yang asli. Update ini tentunya akan sangat berguna karena software melakukan berbagai perbaikan dan kemajuan yang akan membuat bisnis kamu menjadi semakin maksimal. Semakin software ini di update maka nantinya tools-tools yang ada di sofware optitex tersebut lebih lengkap.

2. Menggunakan Software Optitex Palsu Atau Bajakan

  • Ilegal

Pembajakan software merupakan fenomena yang banyak ditemui di tengah-tengah masyarakat. Membajak adalah salah satu tindakan ilegal dan tergolong dalam tindakan mencuri.

  • Virus

Karena software bajakan adalah ilegal, kemungkinan besar dalam software tersebut dimasukkan virus yang akan berdampak terhadap perangkat komputer yang kita gunakan, dan ini akan sangat merugikan.

  • Miss Kalkulasi

Menurut beberapa software engineering, penggunaan software yang tidak original maka akan menghasilkan kalkulasi yang kurang akurat dibandingkan dengan software yang asli.

  • Tidak Bisa Diupdate

Penggunaan software bajakan akan memberi hambatan karena tidak bisanya melakukan update secara berkala, padahal update ini penting dilakukan demi mendapatkan versi terbaru software tersebut. Terkadang ada software tidak bisa digunakan jika belum diupdate.

  • Reputasi Bisnis/Perusahaan

Bagi sebuah bisnis memiliki reputasi yang baik tentunya akan sangat menguntungkan. Tetapi reputasi yang sudah dibangun ini bisa saja tercoreng karena kelalaian mereka dalam menggunakan software palsu/bajakan. Bahkan jika sampai ketahuan, perusahaan bisa dikenai denda yang serius.

Kelebihan Menggunakan Pola Komputer Dengan Software Optitex  Di Industri Garmen

Sebelum membuat pola dengan komputer tentunya harus mengerti terlebih dahulu mengenai komponen-komponen yang ada dalam proses pembuatan pola secara manual. Pola komputer dengan software optitex ini sering digunakan dalam proses pembuatan pola di industri garmen yang produksinya dalam jumlah yang besar. Dalam membuat pola menggunakan komputer dengan software optitex ini juga memiliki kelebihan, diantaranya sebagai berikut :

  • Dapat membuat pola dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu, karena pola dapat langsung di copy-paste di komputer
  • Waktu yang diperlukan dalam pembuatan pola lebih cepat daripada pola konstruksi
  • Untuk membesar atau memperkecil ukuran dapat dengan mudah dilakukan, karena terdapat menu grading yang dapat dioperasikan sesuai dengan petunjuk
  • Ukuran pada pola lebih tepat
  • Proses penataan pola dapat dilakukan secara cepat diatas bahan, jadi dapat langsung mengetahui berapa banyak bahan yang diperlukan dalam pembuatan busana

Kekurangan Menggunakan Pola Komputer Dengan Software Optitex Di Industri Garmen

Dalam pembuatan pola menggunakan komputer dengan software optitex memiliki beberapa kelebihan seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, tentunya juga memiliki kekurangannya. Untuk lebih jelasnya akan kita uraikan mengenai beberapa kekurangan menggunakan pola komputer dengan software optitex, diantaranya sebagai berikut :

  • Software ini harganya  relaitf mahal, mengakibatkan tidak semua orang atau belum semua industri garmen dapat membuat pola dengan menggunakan software tersebut.
  • Pola yang dibuat cenderung menggunakan pola standar, sehingga busana yang dihasilkan tidak sesuai dengan tubuh si pemakai atau menggunakan ukuran standar
  • Untuk pecah pola atau pada bagian-bagian yang lengkung, tingkat keluwesan lengkungya cenderung kaku atau kurang luwes

Varian Produk Yang Ada Di Software Optitex

Untuk software optitex ini selain digunakan untuk membuat pola tentunya banyak varian produk yang terdapat pada software tersebut, diantaranya sebagai berikut:

  • Pattern Design Software (PDS) for 2D, digunakan untuk membuat pola digital dengan mudah dan menghasilkan ukuran pola yang akurat dengan menghilangkan puluhan bahkan ratusan langkah manual dalam proses pengembangan desain.
  • Pattern Design Software (PDS) for 3D, siistem 3D ini menampilkan sampel virtual digital 3D inovatif untuk membuat desain pakaian dan membuat perubahan cepat dan didukung oleh rendering yang sangat baik sehingga mendapatkan visualisasi yang nyata.

Software Optitex

Sumber : https://www.researchgate.net/

  • Grade, membantu untuk membuat variasi ukuran dasar dan ukuran yang rumit dengan mudah dan cepat.
  • Marker, membantu membuat marker dengan merangkai dan memvisualisasi peletakan pola dalam satu tempat.
  • Automated Nesting, merupakan pembuat marker otomatis bernama NestPro ini adalah produk tercanggih dari Optitex yang akan memaksimalkan peletakan pola-pola pada marker. Hemat bahan, waktu, dan tenaga dengan optimalisasi nesting yang otomatis dan cerdas.

Demikian pembahasan singkat kita pada artikel ini untuk mengenal software optitex yang biasanya digunakan untuk membuat pola di industri garmen.  Semoga informasi yang kita sampaikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan anda tentang apa itu software optitex yang digunakan dalam membuat pola di industri garmen.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.