Article

Homepage Article Fashion Design 10 Syarat Menjadi Fashion…

10 Syarat Menjadi Fashion Journalist / Jurnalis Fashion

Mengasah keterampilan menulis tidak dapat dipungkiri memang menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menjadi fashion journalist. Namun selain keterampilan menulis kira-kira apa saja syarat yang wajib dipenuhi oleh seorang fashion journalist / jurnalis fashion?.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Journalist

Fashion journalist / jurnalis fashion adalah orang yang memiliki pekerjaan meliput dan melaporkan hal-hal yang berhubungan dengan fashion. Tak hanya sekedar membuat laporan saja, seorang fashion journalist juga harus memiliki kemampuan menciptakan tulisan yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

  • Deskripsi pekerjaan fashion journalist mencakup penyampaian berita, analisis dan tren kepada konsumen yang paham mode.
  • Melakukan wawancara dengan para desainer dan pelaku industri mode juga menjadi satu dari sekian banyak job desc seorang fashion journalist.
  • Adapun tulisan yang dibuat oleh seorang fashion journalist secara spesifik temanya tidak jauh dari pakaian dan aksesori.

Fashion Journalist

Sumber : https://www.blufashion.com/

Syarat Menjadi Fashion Journalist

Untuk dapat melakukan tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya, seorang fashion journalist / jurnalis fashion tentunya harus memenuhi kualifikasi / syarat tertentu yang berkaitan dengan pekerjaannya tersebut. Beberapa syarat yang dimaksud antara lain berupa:

1. Punya Passion di Bidang Fashion

Pertama seorang fashion journalist / jurnalis fashion harus memiliki passion di bidang fashion dan menyukai segala hal yang berkaitan dengan fashion.

Fashion Journalist

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Punya Keterampilan Menulis

Fashion journalist / jurnalis fashion harus punya keterampilan menulis yang bagus untuk melaporkan berita atau hasil liputannya dengan baik dan lancar.

  • Fashion journalist harus bisa membuat artikel yang mudah untuk dibaca dan dipahami, tapi juga mampu memberikan informasi mendalam terkait topik fashion yang dibahas.
  • Penggunaan kata-kata yang ringan dan pintar juga jadi elemen penting, agar artikel jadi enak untuk dibaca.

Kemampuan menulis multiplatform juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi fashion journalist / jurnalis fashion karena pada dasarnya fashion journalism adalah bidang yang bersifat dinamis dan dapat berubah dengan cepat.

  • Selain menulis untuk media cetak, seperti koran dan majalah, fashion journalist juga harus memiliki keterampilan menulis untuk platform digital seperti blog dan media sosial.
  • Fleksibilitas menulis sesuai lingkungan yang dinamis akan memberi keunggulan tersendiri pada fashion journalist dalam menjalani karir yang dipilihnya.

3. Memahami Kode Etik Jurnalistik

Seorang fashion journalist / jurnalis fashion wajib memahami kode etik jurnalistik dan mengimbanginya dengan penerapan yang tepat. Kode etik ini merupakan peraturan yang akan mengontrol kerja jurnalis agar tetap di jalan yang benar.

Beberapa kode etik jurnalistik yang dimaksud yaitu:

  • Bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beriktikad buruk.
  • Menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik.
  • Menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah.
  • Tidak membuat berita bohong ataupun fitnah.
  • Tidak menyalagunakan profesi dan tidak menerima suap.
  • Segera mencabut, meralat dan memperbaiki berita yang keliru dan tidak akurat disertai dengan permintaan maaf kepada pembaca.

4. Paham Tentang Istilah-Istilah Fashion

Berikutnya seorang fashion journalist / jurnalis fashion juga dituntut untuk mengetahui dan memahami istilah-istilah yang biasa digunakan dalam dunia fashion kemdian menerjemahkannya untuk orang yang awam terhadap bidang fashion.

Kemampuan menerjemahkan semua informasi yang didapat dan menjelaskan kompleksitas industri fashion secara luas, menyeluruh dan teliti menjadi nilai lebih yang sangat penting bagi seorang jurnalis fashion.

Fashion Journalist

Sumber : https://aajhslivewire.com/

5. Punya Pengetahuan Tentang Fashion

Fashion journalist / jurnalis fashion perlu memiliki pengetahuan yang luas tentang Bahan Kain, ikon mode, desainer masa kini dan masa lalu, serta mengetahui sejarah mode dan masalah global yang memengaruhi fashion, termasuk masalah ekonomi dan politik.

Karenanya jika anda ingin menjadi fashion journalist yang handal tentunya anda juga harus membekali diri dengan pengetahuan fashion yang lengkap, tak hanya secara teori tetapi secara praktikal.

Fashion Journalist

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Selalu Mengikuti Trend Terkini

Fashion journalist / jurnalis fashion harus selalu mengikuti perkembangan trend fashion, baik itu trend yang populer di dalam negeri maupun di luar negeri untuk menyajikan tulisan yang menarik bagi para pembaca.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:

  • Mewawancarai desainer atau meneliti industri fashion.
  • Rutin membaca majalah mode dan mengikuti kabar terbaru mengenai industri fashion di seluruh dunia.
  • Menghadiri peragaan busana, mempelajari desainer dan penampilan selebriti.

Fashion Journalist

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Menguasai Segmentasi Pembaca

Fashion journalist / jurnalis fashion mestinya juga harus menguasai segmentasi pembaca guna memetakan siapa yang akan menjadi pembacanya, siapa khalayak yang akan dibidik lewat sajian berita atau tulisan.

Pembagian segmen pembaca ini bisa berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, profesi, spesialisasi, hobi, suku atau budaya, agama, serta ras atau etnik.

8. Harus Kreatif dan Aktif

Sebagai seorang reporter, fashion journalist / jurnalis fashion dituntut untuk bekerja secara aktif dan kreatif dalam mengulik fashion dari berbagai sisi.

  • Jangan hanya fokus pada satu hal tapi carilah hal menarik terkait fashion yang bisa dibahas.
  • Fashion journalist uga bisa membuat inspirasi fashion dari seleb, selebgram, bahkan anak publik figur sekalipun.

9. Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Selain kreatif dan aktif, seorang fashion journalist / jurnalis fashion juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena dalam melakukan pekerjaannya fashion journalist  pasti akan sering bertemu dengan banyak penggiat fashion dan akan sering menghadiri event-event fashion.

  • Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu kelancaran kerja seorang fashion journalist / jurnalis fashion.
  • Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan jurnalis saat mewawancarai narasumber maupun ketika menyampaikan berita yang sudah diperoleh.

10. Punya Kepribadian Yang Kuat

Memiliki kepribadian yang kuat, percaya diri dan bersemangat akan membantu fashion journalist / jurnalis fashion untuk membangun hubungan yang erat dengan orang yang diwawancarai dan juga dengan audiens.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah syarat atau kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang fashion journalist / jurnalis fashion. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi gambaran kepada anda tentang apa saja hal-hal yang harus disiapkan oleh para calon jurnalis bila ingin berkarir sebagai fashion journalist.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.