Article

Homepage Article Desain Fesyen Mengenal Seluk Beluk Desain…

Mengenal Seluk Beluk Desain Produksi Busana 1 dan 2

Sebagai pedoman dalam proses produksi, keberadaan gambar desain produksi (production sketching) yang lengkap dan jelas sangat diperlukan untuk mengakomodasi keseluruhan sistem kerja industri, tidak terkecuali untuk industri garment. 

Desain Produksi Busana

Sumber : http://www.fashionantidote.com/

Tujuan utama dari penggunaan gambar desain jenis ini diantaranya untuk menstandarisasi produk pada kisaran standar mutu tertentu sesuai pesanan konsumen (buyer) serta mengontrol kesempurnaan proses produksi pada sebuah industri skala besar. Proses desain produksi busana sendiri dapat dibagi menjadi dua macam kategori yakni berupa desain produksi 1 dan desain produksi 2.

Desain Produksi Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Pengertian dan Ketentuan Desain Produksi 1

Desain produksi 1 merupakan desain yang dibuat untuk menunjukkan analisa desain serta detail dari desain sebuah busana, misal detail kancing, saku, serta jenis lengan yang dipakai. Desain yang dianalisa pada proses ini meliputi desain bagian depan dan bagian belakang.

Desain Produksi Busana

Sumber :  https://hubpages.com/

Desain produksi busana 1 harus disertai dengan lembar kerja yang menguraikan semua keterangan yang diperlukan dalam pembuatan produk. Sebagai contoh jenis bahan, warna bahan, corak dan kelengkapan busana.

Desain Produksi Busana

Sumber : https://www.shopify.com/

Pengertian dan Ketentuan Desain Produksi 2

Desain produksi 2 merupakan desain yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan ukuran dari tiap-tiap bagian detail desain busana, misal ukuran panjang lengan 30 cm, panjang saku 15 cm, lebar lidah kancing 2 cm. Dalam menuliskan desain produksi 2 harus jelas letak dan tanda panahnya.

Desain Produksi Busana

Sumber : http://www.fashionantidote.com/

Desain produksi busana 2 harus disertai dengan lembar kerja yang menguraikan tentang proses pembuatan busana. Sebagai contoh ukuran, kode produksi, dan jumlah produksi sesuai dengan ketentuan produksi.

Desain Produksi Busana

Sumber : http://www.designersnexus.com/

Untuk meminimalisir kesalahan dalam menterjemahkan desain, semua detail pada model busana yang akan diproduksi hendaknya digambar lengkap dan disertai dengan keterangan yang mendukung sekalipun kedua jenis desain tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang cukup mencolok.

Sebab desain produksi 1 itu hanya dibuat untuk menjelaskan tentang detail keterangan busana dan tidak menjelaskan secara lengkap ukuran ukuran busana. Sementara pada desain produksi 2 dijelaskan tentang detail ukuran dan tidak disertai keterangan komponen busana.

Desain Produksi Busana

Sumber : http://www.mypracticalskills.com/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahu kan seperti apa pentingnya desain produksi dalam industri garment. Kalau sahabat Fitinline ingin tahu lebih banyak tentang segala hal yang berkaitan dengan teknik menggambar desain fashion, anda bisa mendownload E-Booknya Di Sini.

E-Book Mendesain

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.