Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Fashion Item Pria Yang…

7 Fashion Item Pria Yang Wajib Pria Miliki Untuk Tampil Casual dan Stylish

Gaya casual memang sangat identik dengan busana keseharian yang santai, nyaman dan nggak ribet, karena itulah pemilihan item fashion yang akan dijadikan sebagai pelengkapnya juga harus tepat. Buat anda yang saat ini sedang mencari inspirasi style fashion yang simple untuk pria di Indonesia simak pembahasan berikut yuk.

Pengertian Gaya Casual

Gaya casual merupakan sebuah gaya berpakaian yang biasa digunakan pada waktu santai dan cukup digemari oleh banyak pria terutama kaum millennial. Selain lebih praktis, dari segi pemilihan busananya pun gaya casual juga menawarkan banyak keuntungan karena tidak terlalu ribet dan terikat dengan aturan tertentu.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan para pria dengan memakai baju casual diantaranya:

1. Tidak Membuat Gerah

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dengan memakai pakaian casual yaitu cenderung tidak membuat gerah. Tentunya hal ini akan sangat berguna bagi anda para pria yang mudah sekali berkeringat.

2. Tidak Terikat Aturan Baku

Sedikit berbeda dengan gaya berpakaian formal yang memiliki banyak aturan baku, gaya casual pada umumnya denderung lebih bebas dan tidak ribet karena pemilihan busana pelengkapnya jauh lebih beragam.

3. Lebih Fleksibel dan Santai

Gaya casual juga biasanya dikategorikan sebagai non-dress code karena anda dapat mengenakan pakaian yang bebas tetapi tetap terkesan sopan. Gaya ini secara umum juga cenderung lebih fleksibel dan memiliki kesan santai.

Jenis-Jenis Baju Casual Pria

Terinspirasi untuk menjadikan gaya casual sebagai statement fashion anda tapi masih bingung harus memilih baju casual pria yang seperti apa?. Supaya anda bisa lebih mudah untuk menemukan pakaian yang tepat berikut kami rekomendasikan beberapa jenis item fashion pria yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya casual.

1. Kaos (T-Shirt)

Kaos merupakan salah satu item pelengkap fashion yang biasa digunakan untuk menutup tubuh bagian atas yang terbuka. Untuk menunjang gaya penampilan pria kaos ini secara umum dapat dipadukan dengan celana apa saja baik itu celena jeans, celana joger, celana cargo, track pants maupun celana pendek.

Fashion Item Pria

Sumber : https://luxe.digital/

Berdasarkan desain dan variasinya, bentuk garis leher kaos pria sendiri secara garis besar dapat dibagi atas lima jenis yakni:

  • O-neck yang bagian lehernya berbentuk bulat. Kaos ini termasuk ke dalam jenis kaos paling standar dan paling klasik yang banyak disukai pria dan wanita.
  • V-neck yang memiliki bagian leher menyerupai huruf “V” di bagian depannya sehingga tampak memuncak lancip seperti segitiga ke bawah.
  • U-neck yang memiliki bentuk leher U. Bentuk U ini diperoleh dari perpaduan antara O-Neck dengan V-Neck sehingga bentuknya tidak lancip dan tidak juga bulat.
  • Y-neck yang memiliki bentuk leher memuncak lancip ke bawah ditambah sedikit garis lurus di ujungnya. Pada garis lurus tersebut biasanya disertakan kancing untuk pemanis kaos.
  • Turtleneck yang dilengkapi dengan leher berbentuk bulat dengan penambahan kain panjang (ribs) ke atas sehingga ketika dipakai bisa menutupi keseluruhan bagian leher.

Khusus untuk anda para pria yang selama ini suka bingung ketika hendak membeli kaos simak kembali pembahasan mengenai 10 Tips Memilih Kaos Pria Baik Dari Segi Model, Bahan Hingga Jahitannya. Kalau mau membuat kaos sendiri anda bisa membeli bahan kainnya dari kami Di Sini.

2. Kemeja Pria

Kemeja merupakan sebuah pakaian berkerah basic dan berkancing penuh di bagian depan yang didesain untuk menutupi bagian lengan, dada, bahu, serta tubuh pemakainya sampai bagian perut. Bergantung selera orang yang memakainya kemeja ini umumnya dapat dibuat dalam bentuk lengan panjang maupun lengan pendek. 

Sebagai pelengkap gaya casual pria beberapa jenis kemeja yang dapat digunakan antara lain berupa:

a. Kemeja Slim Fit

Kemeja slim fit dapat dikategorikan ke dalam jenis kemeja pria yang memiliki bentuk, desain dan potongan cukup unik karena dari segi ukuran secara umum cenderung lebih kecil dan lebih pas dengan bentuk badan bila dibandingkan kemeja reguler.

  • Sebagai pelengkap gaya penampilan pria kemeja slimfit pada dasarnya bisa di kombinasi dengan banyak banyak celana misalnya celana chino dan celana jeans.
  • Memilih model kemeja pria yang memiliki potongan slim fit akan memberikan efek ramping, rapi dan menarik pada orang yang memakainya.
  • Berencana untuk membuat kemeja slim fit sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload Pola Kemeja Slim Fit yang dibuat untuk konsumsi rumahan dan dikemas dalam bentuk file PDF.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.dhgate.com/

b. Kemeja Flanel

Kemeja flanel merupakan sebuah kemeja pria yang biasa dibuat dari kain flanel, sejenis kain tekstil yang cenderung tebal, bertekstur lembut dan halus karena dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan.

  • Sejak awal kemunculannya terdapat empat motif kemeja flanel yang paling populer yakni berupa basic flanel, floral pattern (motif floral), tribal pattern (motif tribal) dan stripe pattern (motif garis).
  • Kemeja flanel dapat dikenakan dalam beberapa gaya. Untuk yang berlengan panjang biasanya digunakan sebagai outerwear, sedangkan yang lengan pendek bisa dipakai sendiri tanpa tambahan dalaman apapun.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www2.hm.com/

c. Kemeja Linen

Kemeja yang dibuat dari kain linen juga menjadi salah satu jenis kemeja yang sangat cocok digunakan untuk gaya casual. Dengan karakteristik bahannya yang adem dan lembut, kemeja pria ini akan terasa sangat nyaman dipakai seharian.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.johnkart.com/

d. Kemeja Chambray

Berikutnya ada kemeja chambray yang memiliki tampilan fisik seperti denim tapi terkesan lebih halus dan lembut kerena diciptakan dari serat kapas. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa Kain Katun Oxford Chambray dan Kain Katun Fantasi Denim Chambray.

Fashion Item Pria

Sumber : https://factory.jcrew.com

e. Kemeja Kerah Cuban

Kemeja kerah cuban yang bermotif tegas dan berwarna cerah kini menjadi trend mode musim panas di luar negeri. Model kerahnya yang unik membuat kemeja ini paling cocok dikenakan saat aktivitas santai maupun hangout.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.cesarilondon.com/

3. Jaket Pria

Jaket dapat dikategorikan ke dalam jenis baju luaran yang panjangnya hingga mencapai pinggang maupun pinggul dan dapat dipakai untuk menahan angin serta cuaca dingin. Untuk memudahkan seseorang saat mengenakan dan melepaskannya, sebuah jaket biasanya dilengkapi dengan resleting  dari bagian leher ke bawah.

Berencana untuk membeli jaket sebagai pelengkap gaya casual anda?. Beberapa contoh model jaket pria yang dapat digunakan pada kesempatan casual antara lain berupa:

a. Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan sebuah model jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk pilot militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom, sehingga jaket ini disebut dengan istilah bomber jacket.

Fashion Item Pria

Sumber :  https://www.macys.com/

b. Jaket Harrington

Jaket harrington merupakan sebuah jaket berbahan ringan yang biasa didesain menggunakan lapisan dalam atau lining bermotif kotak-kotak. Pada bagian sekitar pinggang jaket ini biasanya ketat dengan manset dan bawah hem yang melebar elastis.

Fashion Item Pria

Sumber :  https://www.tokopedia.com/

c. Jaket Parka

Jaket parka merupakan sejenis jaket pria berbahan tebal yang umumnya dilengkapi dengan hoodie, panjangnya selutut dan dibagian dalam dilapisi bulu untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil dalam kondisi apapun.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www2.hm.com/

d. Jaket Windbreaker

Jaket windbreaker biasa dirancang untuk mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Khusus di negara Inggris jaket penghangat tubuh dengan model ini biasa dikenal juga dengan nama “windcheater”.

Fashion Item Pria

Sumber :  https://best.aliexpress.com/

e. Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan salah satu jenis model jaket pria yang pada awalnya sering dipakai para pelajar di Amerika, namun seiring perkembangan zaman dimodifikasi untuk pelengkap  kebutuhan fashion.

Fashion Item Pria

Sumber :  https://id.pinterest.com/

f. Jaket Denim

Jaket denim dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis jaket yang sangat populer di kalangan pria. Selain dipakai untuk menghangatkan tubuh ketika dingin, jaket denim ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap gaya penampilan casual yang keren.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.alexmill.com/

Ingin membuat jaket pria dengan model bomber, parka, varsity dan jaker denim tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber, Pola Jaket Parka, Pola Jaket Varsity dan Pola Jaket Denim siap pakai dari kami.

4. Sweater

Sweater merupakan outerwear serbaguna berkontur tebal yang dapat dipakai di atas pakaian lain seperti baju casual pria dengan model kemeja maupun kaos. Dari segi desain dan potongannya sweater bisa juga dikategorikan sebagai baju terusan karena dibuat tanpa kancing, resleting maupun hoodie (tudung kepala).

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.alibaba.com/

Untuk menyemurnakan gaya penampilan pria sweater yang dapat digunakan sebagai baju casual pria sendiri umumnya tersedia dalam berbagai model dan varian. Beberapa model sweater yang dimaksud yaitu:

  • Sweater O neck atau sweater crew neck yang memiliki lubang leher bulat.
  • Sweater V neck yang memiliki lubang leher berbentuk huruf V dengan sudut siku di dada atas tengah.
  • Sweater turtleneck yang memiliki garis leher berbentuk bulat dengan ribs panjang mendekati kerongkongan.

5. Jumper

Jumper merupakan salah satu baju casual pria yang lazim dipakai di atas kemeja pria dan juga kaos. Sebagai busana penutup tubuh bagian luar yang sangat populer, hoodie jumper sendiri biasanya juga selalu dilengkapi dengan saku pada bagian depan dan memiliki tali untuk menyesuaikan penutup kepala.

Fashion Item Pria

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa jenis hoodie jumper ada yang memiliki pembuka resleting dibagian depan namun ada juga yang tidak.

  • Khusus untuk hoodie jumper yang dilengkai dengan resleting, jenis resleting yang digunakan biasanya sama dengan resleting pada jaket yakni menggunakan resleting open end.
  • Tapi kalau untuk hoodie jumper yang dibuat tanpa resleting maka pada bagian badan depannya dibiarkan tertutup.

Fashion Item Pria

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat hoodie jumper sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis maka anda bisa mendownload pola hoodir jumper pria dari kami.

a. Pola Hoodie Jumper Pria Dengan Lengan Raglan

Hoodie jumper dengan lengan raglan merupakan hoodie jumper yang lengannya dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

b. Pola Hoodie Jumper Pria Dengan Lengan Licin

Hoodie jumper dengan lengan licin merupakan hoodie jumper yang lengannya dijahitkan pada lingkar kerung lengan.

6. Celana Pria

Celana merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang memiliki bentuk seperti pipa dan biasanya dipakai mulai dari pinggang melewati panggul kebawah sesuai panjang yang diinginkan. Beberapa jenis celana ada yang dibuat panjang tapi ada juga yang pendek dan membungkus batang kaki secara terpisah.

Khusus untuk pelengkap baju casual pria, beberapa contoh model celana pria yang dapat digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan antara lain terdiri dari:

a. Short Pants

Shirt pants merupakan celana pria yang didesain dengan ukuran pendek hingga sebatas paha maupun lutut. Dengan tampilannya yang sedemikian simple, short pants ini sangat cocok dipadukan dengan kaos, kemeja casual, sweater maupun jumper.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.amazon.com/

b. Track Pants (Sweat Pants)

Track pants merupakan model celana olahraga yang banyak dijadikan sebagai pakaian casual pria. Ciri paling khas yang membedakan track pants dengan celana lainnya yaitu adanya tali karet di bagian pinggang yang memungkinkan track pants mudah dipakai dan dilepaskan.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.adidas.co.id/

c. Celana Jeans

Celana jeans merupakan sejenis celana yang banyak dibuat dari kain denim. Jauh sebelum digunakan secara luas untuk pelengkap baju casual pria, celana ini mulanya diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Levi Strauss sebagai pakaian buruh tambang lho.

Fashion Item Pria

Sumber : https://shopfundeal.com/

d. Celana Cargo

Celana cargo merupakan sejenis celana pria berkantong banyak yang bisa diandalkan oleh orang-orang yang suka berpakaian praktis dan simple. Dengan tampilannya yang sedemikian unik celana ini juga memudahkan pemakainya untuk membawa banyak barang.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.tokopedia.com/

e. Joger Pants

Joger pants dapat dikategorikan ke dalam jenis celana pria yang bersifat timeless dan dapat dikenakan untuk memberikan kesan santai pada penampilan pemakainya. Untuk pelengkap gaya casual, celana ini umumnya sangat mudah dipadukan dengan polo shirt, kaos atau jaket.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.hollisterco.com/

7. Coat

Coat atau mantel termasuk ke dalam salah satu jenis baju panjang yang biasa dipakai oleh para pria untuk melindungi tubuh mereka agar tetap hangat ketika dingin. Dari segi desain coat inipun biasa dibuat lebih panjang dari pada jaket karena bagian bawahnya ada yang mencapai lutut bahkan sampai di bawah lutut.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.lazada.com.ph/

Tidak jauh berbeda dengan coat yang dipakai untuk wanita, model coat pria sendiri sebenarnya lumayan banyak. Beberapa contoh model coat pria yang dapat digunakan pada kesempatan casual antara lain berupa:

a. Duffle Coat

Duffle coat merupakan coat yang memiliki ciri khas berkantong besar di bagian depan dan biasa dilengkapi dengan empat atau enam kancing berbahan kayu di bagian dada. Duffle coat untuk pria ini kebanyakan dibuat dari bahan wol dengan panjang mencapai lutut.

Fashion Item Pria

Sumber : https://akindofguise.com/

b. Oversize Coat

Oversize coat merupakan jenis coat pria yang memiliki tampilan cukup longgar dan besar. Dengan modelnya yang simpel dan potongannya yang panjang, oversize coat sangat pas untuk dikenakan bila tidak anda ingin repot ketika beraktivitas di tengah cuaca dingin.

Fashion Item Pria

Sumber : http://www.hernanletcher.com/

c. Trench Coat

Trench coat merupakan coat paling legendaris yang banyak digunakan sebagai item pelengkap fashion. Potongan trench coat yang panjang, berkerah lebar dan berkancing banyak bisa menjadi pilihan paling tepat untuk anda yang menyukai coat berkarakter.

Fashion Item Pria

Sumber : https://www.dhgate.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi beberapa jenis item fashion pria yang dapat dipilih untuk pelengkap gaya penampilan anda. Kalau ssahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang informasi seputar fashion yang tidak kalah menarik simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.