Article

Homepage Article Fashion Design Simpel Namun Tetap Terkesan…

Simpel Namun Tetap Terkesan Manis Berikut 8 Inspirasi Padupadan Tunik Yang Bisa Anda Coba

Sejak jaman dulu hingga sekarang tunik memang menjadi primadona yang begitu digemari banyak oleh banyak wanita. Walaupun dari segi desain dan tampilan relatif sangat simple, tapi dibalik itu semua tunik justru bisa membuat si pemakai tampak lebih anggun dan mempesona asal pemilihan padupadannya juga sudah tepat.

Pengertian Tunik

Tunik dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis. Tidak seperti gamis yang istilah bahasanya berasal dari Arab, istilah tunik justru berasal dari serapan kata bahasa Inggris yakni berupa “tunic”.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://galerijilbabterbaru.blogspot.com/

Dilihat dari sejarahnya tunik sendiri sebenarnya lebih dulu dipakai sebagai pakaian sehari-hari oleh pria dan juga wanita Yunani, Romawi Kuno hingga kekaisaran Romawi. Setelah itu barulah model tunik, warna tunik dan bahan pembuatannya mulai dikembangkan menjadi lebih modern untuk memenuhi kebutuhan fashion wanita.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://hyzab.blogspot.com/

Model Tunik Wanita

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang kekinian, dewasa ini tunik dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang bervariasi ada yang dibuat dengan lengan atau tanpa lengan sekalipun, sementara panjangnya bisa mencapai lutut maupun betis. Beberapa macam model tunik yang cukup populer antara lain berupa:

1. Simple Tunik

Model tunik yang pertama yaitu berupa simple tunik yang memiliki potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail. Tunik ini sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari atau bisa juga dipakai ke acara formal dan semi formal.

2. Tunik Peplum

Tunik ala peplum yang memiliki efek lebih mengembang dan penuh pada bagian bawahnya. Tampilannya yang demikian unik akan menjadikan aksen peplum tampak begitu sempurna saat digunakan dalam acara formal maupun acara casual.

3. Tunik Asimetris

Tunik dengan potongan asimetris menjadi model tunik berikutnya yang bisa anda pakai sebagai pakaian lebaran, kondangan maupun pakaian harian. Selain berfungsi untuk menyamarkan bentuk tubuh, tunik ini juga akan membuat penampilan kian fashionable.

4. Tunik Dress

Tunik dress merupakan model tunik yang memiliki bentuk seperti layaknya dress tetapi sebenarnya adalah tunik. Bagi sejumlah wanita baju tunik wanita ini sering dijadikan pilihan yang tepat untuk mereka yang aktif dan memiliki kegiatan yang padat.

5. Tunik Abaya

Dengan memadukan antara tunik dan abaya lahirlah model pakaian yang namanya tunik abaya. Dibandingkan dengan abaya, baju tunik modern ini sifatnya memang cenderung lebih fleksible jadi bisa digunakan untuk acara non formal maupun formal.

6. Tunik Vest (Tunik Rompi)

Tunik vest atau tunik rompi merupakan jenis baju tunik wanita yang sangat trend di Korea dan Jepang. Rompi ini biasanya sering dipakai sebagai outer ketika memakai kaos maupun kemeja tanpa membuat penampilan pemakainya jadi terkesan berlebihan.

7. Tunik Kaos

Tunik kaos merupakan salah satu jenis baju tunik modern yang bisa anda pakai sebagai pelengkap gaya sehari-hari. Sesuai dengan namanya baju tunik cantik ini umumnya dibuat dari bahan kain yang memiliki karakteristik stretch alias melar.

8. Tunik Ruffle

Tunik ruffle merupakan sejenis tunik wanita yang dilengkapi dengan detail ruffle di beberapa bagian seperti misalnya bagian leher, ujung lengan dan bagian bawah baju. Tunik ini sangat cocok dipakai untuk anda yang mau tampil lebih feminim.

Tips Padupadan Tunik

Tertarik untuk mengenakan baju tunik wanita sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung menentukan item fashion yang cocok dikenakan sebagai padupadannya?. Khusus untuk anda yang ingin tampil makin kekinian dengan tunik, tidak ada salahnya bila sahabat Fitinline mencontek berbagai ide padupadan tunik berikut.

1. Tunik dan Legging

Legging menjadi salah satu item fashion paling praktis yang dipadupadankan dengan baju tunik modern. Selain bahannya enak untuk dipakai karena bersifat stretch (mulur), legging juga sangat cocok dikenakan dengan tunik lantaran sangat nyaman dikenakan untuk pakaian santai maupun aktifitas lainnya.

  • Untuk anda yang ingin memadukan tunik dengan legging, usahakan untuk memilih tunik yang  panjangnya melebihi bagian lutut. Hal ini dimaksudkan agar bentuk kaki anda tidak terekspos dengan jelas.
  • Pemilihan leggingnya pun juga harus tepat agar tampilan yang anda dapatkan terkesan makin sempurna. Jangan sampai anda memaksakan diri memakai legging yang terlalu sempit ya sahabat Fitinline. 

Beberapa hal paling penting yang wajib anda perhatikan bila ingin mendapatkan legging yang tepat diantaranya:

  • Pastikan harga legging yang ditawarkan sesuai dengan kualitas bahan kain tekstil yang digunakan untuk membuat legging.
  • Pilih legging yang memiliki elastisitas cukup tinggi.
  • Pahami betul tipe tubuh anda sebelum memutuskan untuk memilih legging tertentu.
  • Pilih legging yang nyaman bukannya yang ketat. Umumnya legging sendiri tidak memiliki ukuran nomor tetapi hanya menggunakan sistem simbol seperti S, M, L.
  • Legging warna hitam menjadi pilihan terbaik untuk menyembunyikan tubuh anda yang kurang menarik supaya terlihat lebih langsing.
  • Pilih legging yang berbahan tebal supaya awet dan tidak mudah rusak meski sering dipakai dan dicuci berulang kali.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://www.blibli.com/

2. Tunik dan Celana Jeans

Celana jeans yang bersifat timeless memang bisa membuat penampilan anda jadi anti mati gaya. Bahkan ketika dipadupadankan dengan baju tunik wanita sekalipun, celana jeans yang diciptakan dalam warna apapun akan membuat pemakainya senantiasa tampak feminim dan casual dalam waktu yang bersamaan.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://www.idntimes.com/

Belum menemukan celana jeans yang tepat untuk melengkapi gaya penampilan anda?. Sebagai pelengkap gaya penampilan yang modis dan stylish berikut beberapa contoh celana jeans yang bisa anda pilih.

a. Black Skinny Jeans

Black skinny jeans merupakan celana jeans warna hitam bergaya skinny yang tak pernah ketinggalan zaman karena akan membuat penampilan anda semakin effortless.

b. Classic Blue Skinny Jeans

Classic blue skinny jeans juga termasuk item fesyen bergaya klasik yang sangat mudah dipadukan dengan baju tunik modern maupun model busana lainnya.

c. High Waisted Jeans

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih kekinian anda bisa mengenakan high waist skinny jeans yang memiliki garis pinggang cukup tinggi dari model celana jeans biasa.

d. Straight Cut Jeans

Celana jeans wanita yang memiliki lebar sama mulai dari bagian pinggang ke bawah (tumit) juga akan membentuk paha dan juga kaki anda menjadi lebih ramping.

e. Low Rise Jeans

Low rise jeans termasuk ke dalam jenis celana jeans yang garis pinggangnya jatuh tepat di bagian pinggul. Low rise jeans yang berkembang saat ini kebanyakan dibuat dari material yang lentur.

Mencari bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain denim dari kami Di Sini

3. Tunik dan Celana Kulot

Jangan ragu untuk memadukan tunik dengan celana kulot yang lebar. Walaupun dari segi desain dan potongan memang terkesan sangat longgar, celana kulot yang anda kenakan bersama dengan baju tunik modern justru akan membuat anda merasa lebih nyaman untuk bergerak serta menambah kesan tinggi pada tubuh.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://kurio.id/

Ingin membuat celana kulot sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?.Sebagai bahan pertimbangan anda bisa mendownload Pola Celana Kerut All Size dan Pola Celana Kulot Wanita yang memakai resleting dari kami.

4. Tunik dan Celana Motif

Berani tampil beda dengan celana yang motif?. Jika selama ini anda sudah biasa menggunakan legging polos maupun celana jeans sebagai padanan tunik, sesekali anda wajib mencoba untuk menggunakan celana yang dibuat dari bahan bermotif garis (stripe pants) maupun bermotif kotak-kotak (plaid pants).

  • Untuk mencoba style yang satu ini pastikan pemilihan motif celananya sesuai dengan warna tunik yang anda kenakan.
  • Supaya penampilan anda jauh dari kesan berlebihan sebaiknya kenakan tunik yang dibuat dari bahan kain polos.
  • Pilih model tunik yang sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini anda bisa memilih tunik yang simple atau tunik yang berderail ramai sekalipun.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://www.blibli.com/

5. Tunik dan Chino Pants

Untuk memberikan kesan minimalis dan modern kenakan chino pants yang juga menjadi model celana favorit banyak orang dengan simple tunik maupun tunik simetris. Meski awalnya hanya didesain sebagai pakaian formal, kini chino pants juga dapat digunakan untuk pelengkap gaya casual.

  • Untuk tampil gaya dan trendy dengan chino pants pastikan celana yang anda pilih memiliki warna yang sama denganwarna tunik.
  • Kalaupun anda kesulitan untuk mendapat warna yang sama, minimal pilihlah warna chino pants yang mendekati warna tunik.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://www.blibli.com/

6. Tunik dan Rok Span

Tunik juga tetap cantik jika dipadukan dengan rok span yang memiliki siluet pas badan karena bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah. Sekalipun bentuknya cenderung pas badan tapi rok span ini tidak akan membuat anda menjadi gendut lho.

  • Dibandingkan model rok lainnya, rok span cenderung bersifat fleksibel karena bisa menyesuaikan dengan karakter pengguna.
  • Rok span dapat dikenakan sebagai pelengkap gaya penampilan casual maupun formal.
  • Pemakaian rok span yang dipadukan dengan tunik juga akan membuat penampilan wanita jadi terlihat anggun dan elegan.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://tunikbaru.blogspot.com/

7. Tunik dan Rok Plisket

Khusus untuk anda yang punya banyak koleksi rok plisket tidak ada salahnya jika anda mencoba mengenakan rok tersebut dengan baju tunik terbaru yang dilengkapi dengan tali serut maupun tali panjang di bagian pinggang karena padanan ini akan memancarkan sisi elegan dan kekinian pada penampilan anda.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://www.idntimes.com/

Rok plisket pada dasarnya dapat dikategorikan ke dalam jenis rok yang dibuat dari sejenis kain tekstil yang memiliki tekstur berlipat-lipat. Alih-alih membuat tubuh tampak bervolume, bahan rok plisket yang jatuh dan lebar justru akan membuat anda jadi lebih bebas bergerak dan beraktifitas.

  • Salah satu kelebihan dari rok plisket yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya.
  • Padupadan rok plisket ini pun juga sangat mudah karena anda bisa memakainya dengan berbagai pilihan outfit seperti halnya tunik.

Berdasarkan metode pembuatannya, lipatan kecil pada kain seperti halnya yang sering terlihat pada rok plisket secara garis besar dapat dibuat dengan dua macam cara.

  • Teknik pembuatan lipit dengan menggunakan mesin otomatis
  • Teknik pembuatan lipit dengan cara manual menggunakan bantuan setrika dan cairan kimia khusus berupa obat plisket.

8. Tunik dan Rok Lilit

Ketika sahabat Fitinline kehabisan ide dalam bergaya menggunakan tunik, cobalah untuk memakai tunik polos dengan rok lilit sebagai padanannya. Dengan cara ini anda tidak perlu khawatir mati gaya saat pergi ke kondangan atau menghadiri acara formal yang mengharuskan anda memakai kain adat.

  • Tunik polos akan terlihat sangat cantik ketika dipadukan dengan rok lilit dengan motif apapun, tinggal disesuaikan saja dengan selera anda.
  • Supaya tampak lebih elegan anda bisa memilih sepatu dan aksesoris seperti kalung serta tas yang sesuai dengan warna tunik dan rok lilit.

Baju Tunik Wanita

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Rok lilit sendiri sebenarnya merupakan sebuah rok yang dibuat tanpa dipola dan dijahit. Jadi bentuk dasarnya itu hanya berupa lembaran kain biasa, bisa dari kain batik, songket atau kain polos. Karena cara pemakaainnya dilakukan dengan dililitkan pada tubuh, maka rok tersebut kemudian diberi nama rok lilit.

Mau tahu lebih detail lagi mengenai cara pemakaian rok lilit?. Simak juga pembahasan mengenai 3 Cara Mudah Memakai Rok Lilit Untuk Memaksimalkan Penampilan.

Satu hal yang harus diingat jika anda ingin memakai tunik adalah pastikan anda memilih tunik yang sesuai dengan kebutuhan baik dari segi model, motif, warna maupun bahan dasarnya. Selain itu usahakan juga untuk memilih busana penutup tubuh bagian bawah yang attractive agar penampilan anda terlihat lain dari pada biasanya.

Untuk pemilihan hijabnya anda bisa memilih hijab model pashmina maupun hijab model segi empat yang masing-masing menawarkan banyak keistimewaan tersendiri.

1. Hijab Pashmina

Pashmina merupakan salah satu produk pelengkap fashion wanita yang bentuknya menyerupai selendang. Dengan bentuknya yang panjang dan lebar pashmina akan terlihat sangat bagus jika dikenakan sebagai hijab, penutup bahu serta dada.

2. Hijab Segi Empat

Hijab segi empat dapat didefinisikan sebagai salah satu model hijab yang paling standar yaitu berbentuk segi empat dan memiliki ukuran panjang sama pada ke empat sisinya. Beberapa keistimewaan yang ditawarkan hijab segi empat antara lain:

  • Hijab segi empat dapat dikenakan untuk acara formal, semi formal maupun acara casual sekalipun.
  • Desainnnya yang tidak terlalu ribet menjadikan hijab segi empat lebih mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai gaya.
  • Hijab segi empat bisa dipadupadankan dengan jenis pakaian baik itu baju tunik wanita maupun pakaian yang lainnya.
  • Hijab segi empat tersedia dalam beragam warna yang sangat menarik.
  • Pilihan bahan untuk membuat hijab segi empat ada banyak hingga cocok digunakan dalam acara apapun.

Demikian pembahasan singkat mengenai inspirasi padupadan tunik dengan berbagai macam model  rok dan celana yang bisa anda coba. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan tips menentukan padupadan yang tepat untuk berbagai jenis busana lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.