Article

Homepage Article Desain Fesyen Mengenal Jenis-Jenis Setrika…

Mengenal Jenis-Jenis Setrika Pakaian

Teknik pressing memang memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembuatan busana. Karena itulah keberadan alat pressing seperti setrika dan alat bantu lainnya sangat diperlukan baik itu saat kegiatan menjahit masih berlangsung maupun saat finishing.

Setrika Pakaian

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Sebagai salah satu alat paling penting yang diperlukan dalam proses pressing, setrika mempunyai bermacam-macam bentuk dan kegunaan, beberapa ada yang menggunakan bahan bakar yaitu arang, gas, serta listrik. 

Setrika Pakaian

Sumber : http://libertymaids.ae/

Setrika Arang

Setrika dengan bahan bakar arang dapat dikategorikan ke dalam jenis alat pressing yang memiliki keunikan tersendiri karena dibuat dari besi yang diisi arang membara. Cara menggunakan setrika arang cukup mudah yaitu memanfaatkan panas yang dihasilkan dari bara arang yang dibakar.

Setrika Pakaian

Sumber : http://www.aller-leih.com/

Bila anda memilih untuk menggunakan setrika arang, pastikan bagian penutupnya berfungsi dengan baik, bagian pegangannya kuat, serta bagian bawahnya licin dan tidak berkarat. Saat menyetrika pakaian lakukan dengan ekstra hati-hati agar pakaian tidak kotor terkena arang.

Setrika Pakaian

Sumber : http://tokoantiekretro.blogspot.co.id/

Setrika Listrik

Alat pressing dengan sumber panas dari listrik ini kebanyakan dibuat dari aluminium dan baja tahan karat. Panas yang diproduksi setrika listrik sangat bergantung pada besarnya daya yang dipakai. Semakin besar daya listriknya maka semakin tinggi panas yang diperoleh.

Setrika Pakaian

Sumber : http://www.qualitycleaners-midlandsltd.co.uk/

Untuk memudahkan seseorang dalam menggunakan setrika listrik diperlukan adanya papan setrika sebagai tatakan saat menyetrika serta alat bantu setrika untuk menyetrika bagian-bagian busana yang sulit seperti puncak lengan, kupnat, kampuh, manset dan ujung kerah kemeja.

Setrika Pakaian

Sumber : https://www.indiamart.com/

Simak kembali pembahasan mengenai Pentingnya Alat Bantu Setrika Dalam Proses Pengepresan Busana kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak tentang fungsi dari masing-masing alat bantu setrika tersebut. 

Setrika Uap

Setrika uap adalah inovasi terbaru setrika listrik. Jika setrika listrik menggabungkan energi panas dan besi pemberat untuk meluruskan serat-serat pakaian maka setrika uap menggabungkan energi panas dengan energi uap.

Setrika Pakaian

Sumber : https://www.kaercher.com/

Setrika uap sendiri jenisnya ada yang berbentuk portable atau lebih mirip setrika listrik biasa, namun ada juga yang berupa setrika uap berdiri. Jika menggunakan setrika uap berdiri maka pakaian harus digantung kemudian diuapi, bukannya diletakkan di atas papan setrika.

Setrika Pakaian

Sumber : http://bestratedsteamiron.com/

Setrika Gas

Setrika boiler atau gas merupakan jenis setrika yang diperoleh dari modifikasi setrika uap, dimana sumber panasnya tidak dihasilkan melalui energi listrik tapi melalui energi gas. Setrika ini sangat cocok untuk penggunaan dalam skala besar sehingga lebih sering digunakan oleh jasa penyedia laundry. 

Setrika Pakaian

Sumber : https://www.netmums.com/

Meski tersedia dalam berbagai macam jenis, prinsip kerja dari setrika ini pada dasarnya sama yaitu memanfaatkan energi panas untuk membuat pakaian menjadi lebih rapi. Pada proses penyelesaian akhir setrika berguna untuk mematikan jahitan sehingga diperoleh hasil jahitan yang sempurna. 

Setrika Pakaian

Sumber : http://www.ehomeservices.com.sg/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.