Article

Homepage Article Cara Menjahit Menentukan Jarum Yang Tepat…

Menentukan Jarum Yang Tepat Untuk Kain

Selain kesesuaian benang dengan sifat dan karakteristik bahan kain, faktor lain yang menjadi salah satu penentu kualitas hasil jahitan yaitu berupa pemilihan jarum yang tepat untuk menjahit bahan. Semakin halus jenis kain yang dijahit semakin kecil ukuran jarum yang harus digunakan, sebaliknya semakin tebal jenis kain yang dijahit maka semakin besar pula ukuran jarum yang digunakan. 

Menentukan Jarum Jahit

Sumber : http://www.prettyprudent.com/

Berikut beberapa pilihan jarum mesin jahit yang dapat dipakai untuk menjahit sejumlah kain dengan sifat dan karakteristik yang berbeda.

Ukuran Jarum Bahan
9 Sutra, Chifon, Voile, Organdi
11 Paris, Brokat Halus, Katun
13 Katun, hantung, Tafeta, Linen
14 Linen, Poplin, Semi Wool, Wool
16 Jeans Tebal
18,20 Terpal, Kain Jok Kursi

Menentukan Jarum Jahit

Sumber : http://foothillsvac.com/

Sebab jika sahabat Fitinline menggunakan jarum bernomor besar seperti nomor 14 untuk menjahit bahan yang halus seperti chifon, akibatnya bentuk jahitan yang dihasilkan akan berkerut kerut dan menampakkan lubang-lubang besar bekas jahitan.

Menentukan Jarum Jahit

Sumber : http://sewkansas.blogspot.co.id/

Sebaliknya bila anda memakai jarum mesin jahit dengan nomer kecil seperti nomor 9 untuk menjahit bahan yang tebal seperti drill, akibatnya jarum jahit menjadi mudah patah karena tidak kuat masuk ke bahan kain dan menyebabkan benang sering putus.

Menentukan Jarum Jahit

Sumber : http://craftsmumship.com/

Terlepas dari penjelasan di atas, dalam menentukan jarum yang tepat untuk kain anda juga harus memastikan jika jarum jahit yang anda pilih dapat digunakan untuk menjahit tindas jahitan yang sedikit lebih tebal atau menonjol.

Menentukan Jarum Jahit

Sumber : http://www.sewing.kiev.ua/

Semoga bermanfaat.

Comments 2

Leave a Comment
1

Rika OKtaviani

4 years ago
Hmmm,,,informasi yang sangat berguna bagi pemula seperti saya,,,,
2

fitinline

4 years ago
Jika ada hal lain yang ingin anda ketahui, silahkan kirimkan ke kami untuk kami sajikan dalam bentuk artikel. Selamat belajar ...

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.