Article

Homepage Article Jahit Menjahit Memperbaiki Jahitan Kelim…

Memperbaiki Jahitan Kelim Kaos Yang Rusak Tanpa Menggunakan Mesin Overdeck

Jahitan yang terdapat pada bagian ujung kaos anda mulai rusak dan mengganggu penampilan padahal bagian kaos yang lain masih bagus?. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena pada kesempatan kali ini Fitinline akan menjelaskan bagaimana cara untuk memperbaiki jahitan kelim kaos yang lepas tanpa menggunakan mesin overdek. 

Kelim Kaos

Sumber : http://www.pusatkaosbandung.com/

Kelim atau keliman merupakan proses finishing jahitan yang digunakan untuk merapikan kain di bagian bawah (bagian tepi). Lebar kelim bervariasi sesuai dengan model serta jenis bagian busana yang akan di kelim dan tergantung dari penempatannya. Pada kaos biasanya keliman dibuat sekitar 3 cm hingga 4 cm.

Kelim Kaos

Sumber : https://www.topssewing.com/

  • Untuk memperbaiki jahitan kelim kaos yang rusak caranya langsung lipat bagian bawah kaos ke arah buruk kain sesuai ukuran keliman kaos yang dikehendaki.
  • Supaya bentuk jahitan yang dihasilkan bisa semulus dan serapi jahitan mesin jahit overdeck sebaiknya lapisi bahan kaos yang ingin anda jahit dengan selembar kertas.
  • Jika sudah selanjutnya jahit kertas dan bagian tepi lipatan kaos tersebut secara bersamaan dari arah dalam kaos. Usahakan agar jahitan kaos tetap lurus dan jangan ada yang belok.
  • Dengan jarak sekitar 0.5 cm dari jahitan yang pertama berikutnya jahit kembali bagian lipatan kaos tersebut dari arah dalam sehingga hasilnya akan didapatkan jahitan kaos yang sama seperti jahitan kelim overdeck.
  • Jahitan yang kedua ini harus dibuat mengikuti jahitan yang pertama jadi harus betul-betul lurus.
  • Setelah proses menjahit selesai dilakukan selanjutnya lepaskan kertas yang digunakan sebagai alat bantu saat menjahit lalu potong bagian sisa lipatan kaos yang tidak terjahit supaya tampilannya terkesan lebih rapi.
  • Sekarang kaos anda siap untuk digunakan. 

Kelim Kaos

Sumber : https://threadtheoryblog.wordpress.com/

Kelim Kaos

Sumber : https://threadtheoryblog.wordpress.com/

Secara fisik bentuk jahitan yang dibuat dengan mesin jahit biasa memang jauh berbeda dengan jahitan kelim kaos yang dibuat dengan mesin overdeck sesungguhnya. Tapi setidaknya cara ini bisa sedikit membantu anda untuk meperbaiki tampilan kaos agar tetap bagus dari arah luar. 

Kelim Kaos

Sumber : https://sew4home.com/

Selain diterapkan untuk memperbaiki jahitan kelim kaos yang rusak atau terlepas cara di atas sebenarnya juga dapat dilakukan untuk memodifikasi ujung kaos yang sedikit kepanjangan. Prinsip kerjanya yaitu potong dulu bagian ujung kaos sesuai ukuran yang anda inginkan, lalu lipat dan jahit bagian ujung kaosnya.

Kelim Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

 

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.