Article

Homepage Article Jahit Menjahit Apa Yang Dimaksud Dengan…

Apa Yang Dimaksud Dengan Kaitan Kutu Babi Itu?

Ketika pertama kali mendengar istilah “kutu babi” hal apa yang terlintas dalam fikiran anda?. Sebagian dari anda mungkin akan berpikir jika kutu babi itu merupakan sejenis binatang yang suka menghisap darah atau menggigit manusia. Lantas apa hubungannya kutu babi tersebut dengan jahit menjahit?. 

Kutu Babi

Sumber : http://whafi.com/

Dalam dunia jahit menjahit “kutu babi” sebenarnya merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan sebuah simpul atau anyaman benang jahit yang dibentuk menjadi sebuah kaitan. Selain kutu babi, ada juga yang menyebutnya dengan istilah tali air.

Kutu Babi

Sumber : http://rumahjahithaifa.com/

Meski namanya agak menggelikan, namun kutu babi ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pengganti kaitan kancing kait yang biasanya dijual berpasangan antara pengait dan kaitannya (Eye & Hook).

Kutu Babi

Sumber : https://sewingladyblog.com/

Untuk pemakaian pada baju, kutu babi ini umumnya dibuat sendiri dari benang yang disimpul sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti lubang kaitan. Jadi sekalipun terbuat dari bahan benang, namun kutu babi ini terbilang cukup awet dan tidak mudah rusak karena tersusun atas beberapa lembar benang yang terikat kuat.

Kutu Babi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kaitan benang ini biasanya dipasang pada bagian ujung baju, sebagai contoh pada bagian belakang kerah shanghai atau kerah tegak. Selain diaplikasikan pada bagian kerah pakaian, kutu babi ini biasanya juga bisa digunakan pada baju wanita seperti kebaya, gamis atau baju wanita lainnya. 

Kutu Babi

Sumber : https://www.craftsy.com/

Mau tahu bagaimana cara paling mudah yang dapat diterapkan untuk membuat kaitan kutu babi tersebut?. Simak terus artikel kami ya...
Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.