Article

Homepage Article Desain Fesyen Meminimalkan Penyusutan…

Meminimalkan Penyusutan Bahan Denim Dengan Sanforisation

Pernah menjumpai istilah sanforisation sebelumnya?. Dalam dunia tekstil sanforisation dapat didefinisikan sebagai sebuah proses penyempurnaan mekanik yang bertujuan untuk menghasilkan kain yang tidak menyusut atau mengkeret. Salah satu jenis bahan kain yang biasa diproses dengan cara ini yaitu berupa bahan denim.

Sanforized Denim

Sumber : http://long-john.nl/

Produk pakaian berbahan denim seperti misalnya celana jeans yang telah melalui proses sanforisation, ketika dicuci umumnya tidak akan mengalami penyusutan yang signifikan. Karena proses menyusutkan bahan (denim) ini biasanya sudah dilakukan sebelum denim dibuat menjadi produk tertentu.

Sanforized Denim

Sumber : http://photobucket.com/

Mengapa bahan denim harus disusutkan?.

Sanforized denim yang dikenal juga dengan sebutan denim preshrunk diciptakan untuk mencegah penciutan setelah denim dicuci dan dikeringkan. Denim preshrunk pertama kali digunakan pada tahun 60-an, sebelumnya semua denim dibuat dari bahan Shrink-to-Fit.

Sanforized Denim

Sumber : http://www.neighbourlist.com/

Bahan dasar jeans pada umumnya terbuat dari bahan katun. Bila katun diredam air tentu saja akan menyusut dan akan membesar lagi jika direnggangkan. Untuk mempertahankan bentuknya agar tidak mudah berubah maka bahan denim harus diproses lebih lanjut dengan metode sanforisation.

Melalui proses sanforisation, penyusutan yang terjadi pada jeans atau produk denim yang lain umumnya bisa dimaksimalkan sampai dengan kira-kira 1%. 

Sanforized Denim

Sumber : https://www.ropedye.com/

Lain halnya dengan jeans yang belum di sanforized (dikenal dengan sebutan: unsaforized denim) penyusutan masih bisa terjadi sehingga dapat merubah ukuran jeans dengan signifikan. Jeans yang belum di sanforized pada umumnya perlu direndam dahulu sebelum dipakai.

Sanforized Denim

Sumber : https://www.highsnobiety.com/

Perkiraan akan penyusutan yang terjadi setelah bahan denim diproses dengan metode sanforisation biasanya tidak bisa diprediksi, karena tingkat penyusutan tiap-tiap jeans akan berbeda tergantung pada bahan yang digunakan, temperatur, lamanya direndam di air dan faktor-faktor lain. 

Sanforized Denim

Sumber : http://levi.co.id/

Penting untuk diingat, sebelum memutuskan untuk membeli produk berbahan dasar denim sebaiknya ketahui dulu apakah bahan yang digunakan merupakan sanforized denim atau unsanforized denim. Kalau sahabat Fitinline masih bingung simak aja yuk pembahasan mengenai Perbedaan Sanforized dan Unsanforized Denim.

Sanforized Denim

Sumber : https://www.heddels.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.