Article

Homepage Article Desain Fesyen 6 Teknik Washing Yang Biasa…

6 Teknik Washing Yang Biasa Diterapkan Pada Produk Jeans

Washing pada jeans merupakan salah satu proses yang biasa dilakukan untuk membuat efek fading yang realistis. Semacam efek pudar pada pakaian denim yang terbentuk karena sering digunakan. Berdasarkan catatan sejarah, konsep washing jeans pertama kali diperkenalkan oleh Jack Spencer untuk brand Lee

Washing Jeans

Sumber : https://amatterofmillimeters.wordpress.com/

Terinspirasi dari konsep washing yang ditemukan Jack Spencer, beberapa produsen jeans kemudian mulai mengembangkan metode washing tersebut untuk membuat jeans yang unik sesuai dengan ciri khas masing-masing brand.

Washing Jeans

Sumber : https://www.heddels.com/

Lantas seperti apa teknik washing yang biasa diterapkan pada produk jeans?. Sampai saat ini setidaknya dikenal enam macam washing jeans, beberapa diantaranya berupa garment wash, bio bleach, stone wash, acid wash, sandblast, dan whiskering.

Washing Jeans

Sumber : http://yo-hei.info/

Garment Wash

Untuk melunturkan kanji pada denim supaya tekstur bahannya menjadi lebih halus dan tidak keras lagi, bahan denim biasanya diproses dengan teknik garment wash. Setelah melalui proses garment wash warna yang dihasilkan pun sama dengan warna denim asli sebelum di washing.

Washing Jeans

Sumber : http://www.burton.co.uk/

Bio Bleach

Bio bleach merupakan jenis washing jeans yang biasa dilakukan dengan menggunakan zat pemutih. Tujuan utamanya untuk melunturkan zat indigo (zat pewarna) pada jeans sehingga warna yang dihasilkan menjadi biru muda.

Washing Jeans

Sumber : http://lapakfashion.com/

Stone Wash

Stone wash merupakan jenis washing yang biasa dilakukan dengan alat bantu berupa batu apung. Pada teknik stone wash produk jeans umumnya dicuci bersamaan dengan batu apung menggunakan mesin cuci khusus. Tujuannya supaya permukaan jeans dan batu apungnya saling bergesekan dan menghasilkan efek fading yang khas.

Washing Jeans

Sumber : https://www.blueinc.co.uk/

Acid Wash

Acid wash yang dikenal juga dengan nama marble, moon wash atau snow wash termasuk ke dalam jenis washing jeans yang mirip dengan stone wash. Hanya saja untuk menimbulkan efek kontras pada jeans batu apung harus di celupkan terlebih dahulu ke dalam chlorine baru dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Washing Jeans

Sumber : http://www.yournextjeans.com/

Sandblast

Sandblast merupakan jenis washing jeans yang biasa dilakukan dengan menyemprotkan pasir pada permukaan jeans menggunakan alat khusus. Bagian yang terkena sandblast nantinya akan mempunyai efek yang lebih putih dibandingkan produk yang tidak terkena sandblast.

Washing Jeans

Sumber : https://business-humanrights.org/

Whiskering

Whiskering merupakan jenis washing yang biasa dilakukan untuk membuat efek lipatan-lipatan pada paha dan lutut bagian belakang celana jeans. Hasilnya efek yang ditimbulkan akan terlihat seperti denim yang sudah pernah digunakan.

Washing Jeans

Sumber : https://www.heddels.com/

Karena teknik washing yang dapat diterapkan untuk setiap pakaian denim itu bermacam-macam jadi bisa saja produk yang dihasilkan memiki jenis fading yang berbeda. Hal inilah yang justru membuat pakaian denim menjadi istimewa.

Washing Jeans

Sumber : https://www.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.