Article

Homepage Article Batik 5 Jenis Kain Mori Yang Bisa…

5 Jenis Kain Mori Yang Bisa Dipilih Untuk Bahan Dasar Pembuatan Batik

Kain mori merupakan sejenis kain berwarna putih polos yang memiliki ketebalan, kehalusan, dan kerapatan yang sempurna sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membatik. Kain mori yang biasa disebut sebagai kain cambric ini termasuk kedalam jenis kain tenun benang kapas hasil olahan pabrik yang dibuat dengan teknik anyaman polos dan diputihkan.

Kain Mori Batik

Sumber : https://blog.djarumbeasiswaplus.org/

Seperti kain tekstil pada umumnya, kain mori batik ini memiliki beberapa tingkatan kualitas tergantung jenis benang tenun yang digunakan dan kerapatan anyaman, sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari kain mori primissima, kain mori prima, kain mori biru, kain mori voilissima, serta kain mori berkolissima.

Kain Mori Batik

Sumber : http://redayabatik.com/

Kain Mori Primissima

Kain mori primissima termasuk kedalam jenis kain mori berkualitas tinggi yang memiliki konstruksi benang Ne 50-56, dengan kepadatan (tetel) benang lusi yaitu antara 105-125 per inch (42-50 cm), serta kerapatan untuk benang pakan antara 100-120 per inch (42-50 cm). Kain mori ini dapat ditemukan dengan merek dagang Kereta Kencana, Crown, Bendera.

Kain Mori Batik

Sumber : http://smpn10yogya.sch.id/

Kain Mori Prima

Kain mori prima merupakan jenis bahan batik kualitas sedang yang memiliki spesifikasi nomor benang sedikit lebih kasar dan tingkat ketebalan benangnya lebih rendah. Susunan atau konstruksi pada jenis mori prima menggunakan benang Ne 36-46, dengan kandungan kanji kurang lebih 100 %. Kain mori prima yang saat ini lebih banyak dimanfaatkan untuk batik cap ini dapat dijumpai dengan merek dagang Bendera, Gong, Kupu, Ayam Mas, Menjangan.

Kain Mori Batik

Sumber : http://kainmori.com/

Kain Mori Biru

Kain mori biru merupakan jenis kain mori kualitas rendah dengan spesifikasi nomor benang, tebal benang dan pegangan kain yang lebih kasar sehingga sangat berpengaruh terhadap proses pembatikan dan pewaranaan. Mori biru memiliki susunan atau konstruksi benang Ne 28-36 untuk benang lusi dan Ne 26-34 untuk benang pakan. Kain ini dapat dijumpai dengan merek dagang Cendrawasih, Nanas, Garuda Dunia.

Kain Mori Batik

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain Mori Berkolissima

Kain mori batik berkolissima merupakan produk pilihan untuk kebutuhan batik tulis ataupun jenis batik lainnya seperti cap atau printing. Kain ini dibuat dengan benang katun carded dengan komposisi CD40 x CD40 dan konstruksi kain 130 x70. Selain itu kain ini juga melalui proses finishing Mercerized-Sanforized.

Kain Mori Batik

Sumber : http://www.kidnesia.com/

Kain Mori Voilissima

Kain mori batik voilissima merupakan jenis bahan batik yang memiliki kualitas sama dengan mori primissima namun cenderung bertekstur tipis. Kain ini dibuat dengan benang katun combed dengan komposisi CM50 x CM50 dan konstruksi kain 88 x70. Selain digunakan sebagai bahan dasar batik, hasil akhir dari prose produksi kain ini juga sangat sesuai untuk membuat aksesoris pakaian. Seperti halnya kain berkolissima, kain mori batik voilissima juga melalui proses finishing Mercerized-Sanforized.

Kain Mori Batik

Sumber :  https://fitinline.com/

Tertarik untuk berbelanja Kain Mori Batik? Sahabat Fitinline bisa melihat koleksinya Di sini.

Kain Mori Batik

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.