Article

Homepage Article Jahit Menjahit Memasang Bisban Pada Lengan…

Memasang Bisban Pada Lengan Pakaian

Untuk memperbaiki tampilan sebuah pakaian supaya terlihat semakin menarik tidak jarang seorang penjahit menambahkan bisban pada busana yang dibuatnya. Bisban sendiri merupakan sebuah pita berukuran kecil yang biasa digunakan sebagai penutup pinggiran kain supaya terlihat manis dan rapi.

Lantas bagaimana cara menentukan ukuran bisban dan cara memasangkannya pada pakaian? Pertama-tama siapkan terlebih dahulu pakaian yang ingin anda beri tambahan bisban. Siapkan pula bisban yang akan anda gunakan untuk membingkai garis leher atau bagian ujung lengan pakaian. 

Bias Tape

Dengan menggunakan meteran kain, ukur seberapa panjang lubang lengan atau lingkar leher pakaian yang akan anda beri tambahan bisban.

Bias Tape

Gunakan ukuran yang diperoleh dari langkah sebelumnya sebagai acuan untuk menentukan panjang bisban. Tambahkan kelonggaran sepanjang 1 cm hingga 2 cm kemudian potong bisban tersebut sesuai kebutuhan.

Bias Tape

Potong serong masing-masing bagian ujung bisban kemudian gabungkan kedua ujung bisban tersebut dengan pola jahitan berbentuk lurus. Untuk memudahkan proses menjahitnya sahabat Fitinline bisa menyematkan jarum pentul pada ujung bisban.

Bias Tape

Bias Tape

Bias Tape

Setelah proses menjahit bisban selesai dilakukan selanjutnya pasangkan salah satu sisi pinggiran bisban pada garis jahitan ujung lengan atau kerah pakaian, dengan posisi bagian baik bisban dan bagian baik pakaian saling berhadapan.

Bias Tape

Sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.  

Bias Tape

Bias Tape

Jahit sepanjang tepian bisban dan pakaian secara bersamaan. 

Bias Tape

Supaya bisban terpasang dengan rapi pada lengan pakaian sahabat Fitinline bisa memotong-motong kecil bagian kampuh bisban dan kampuh pakaian.

Bias Tape

Balut bagian kampuh leher atau lengan pakaian dengan cara melipat bagian bisban yang bebas kearah bagian buruk pakaian. 

Bias Tape

Sematkan jarum pentul sepanjang lipatan dalam bisban untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.

Bias Tape

Karena bisban ini nantinya akan kembali dijahit tindas dari bagian luar pakaian, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu jarum pentul yang digunakan sebagai alat bantu dalam melipat bisban pada bagian luar pakaian tanpa mengubah lipatan bisban.

Bias Tape

Jahit tindas sepanjang tepi batas sambungan bisban dan garis leher atau lengan pakaian menggunakan pola jahitan berbentuk lurus.

Bias Tape

 

Hasilnya akan diperoleh tampilan yang lebih rapi seperti gambar berikut.  

Bias Tape

Bias Tape

Lebih jelasnya anda bisa menyimak video di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.