Article

Homepage Article Fashion Design Mau Bisnis Fashion-mu Sukses?…

Mau Bisnis Fashion-mu Sukses? Cermati 7 Ciri Wirausahawan Sukses ini

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Unsplash.com / Junior REIS

Ada yang tertarik berwirausaha di bidang fashion?

Secara garis besar, wirausaha adalah proses di mana seseorang melihat dan menciptakan suatu peluang baru yang ada di masyarakat dalam bentuk bisnis, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dari situ bisa dilihat bahwa wirausahawan memegang peranan yang besar dalam menyukseskan suatu usaha. Baik dalam bidang fashion maupun bidang lainnya. Maka dari itu, masyarakat yang tertarik berwirausaha harus mengetahui beberapa sifat yang menjadi ciri-ciri wirausahawan sukses.

Namun alangkah baiknya apabila Liners mengetahui konsep dari wirausahawan terlebih dahulu untuk bisa sukses berbisnis fashion. Dilansir dari Liputan6.com, seorang entrepreneurship atau wirausahawan merupakan orang yang bertanggung jawab untuk menyusun gagasan berupa produk ataupun layanan baru dalam aktivitas wirausaha. Dimulai dari menentukan metode produksi produk yang tepat, menyusun dan mengatur manajemen operasional, serta memilih cara yang efektif untuk memasarkan produk fashion tersebut.

Meski bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, para pengusaha harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat terlebih dahulu sebelum membuat suatu produk fashion. Sebab, tujuan mulia dari hadirnya suatu usaha adalah menjawab permasalahan tersebut. Jika produk yang ditawarkan tidak memiliki hal itu, tak heran apabila tidak ada orang yang ingin membelinya.

Setelah mengetahui konsep ini, baru Liners bisa menyesuaikan karakteristik diri dalam bisnis agar bisa memperoleh tujuan wirausahawan sukses di dunia. Adapun beberapa ciri wirausahawan sukses tersebut terdiri dari beberapa hal, yaitu:

1. Punya rasa ingin tahu yang besar.

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Unsplash.com / Jason Strull

Perasaan kepo atau penasaran terhadap suatu permasalahan bisa menjadi landasan Liners untuk berusaha memahami masalah yang ada di masyarakat loh. Diawali dengan permasalahan apa yang dialami hingga bagaimana masalah tersebut bisa dipecahkan dalam bentuk produk maupun layanan. Dengan begitu, solusi untuk masalah bisnis pun dapat terpecahkan.

Sebagai contoh masalah, saat ini sebagian orang kadang merasa resah bahwa pakaian yang mereka kenakan tidak sepenuhnya sesuai dengan bentuk badan mereka. Lantas, apa yang bisa dilakukan?

2. Bangun pemikiran yang kreatif sehingga menghasilkan produk yang inovatif.

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Unsplash.com / Burgess Milner

Faktanya, kreativitas sudah menjadi kemampuan yang dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam bisnis bidang fashion. Sebab, pemikiran yang kreatif itu pun bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan di masyarakat. Maka dari itu, para wirausahawan harus menggunakan kreativitas dan kecerdasannya untuk dapat menghasilkan produk yang inovatif dan tak pernah ada sebelumnya.

Bahkan sisi kreatif itu bisa dipakai buat memikirkan solusi yang relevan dan out of the box. Apalagi dalam pesatnya perkembangan dunia saat ini,  perubahan pasti akan selalu terjadi. Berdasarkan hal itulah, bagi masyarakat yang tertarik berwirausaha harus bisa kreatif dan beradaptasi saat menghadapi masalah baru.

Salah satu contoh solusi untuk menjawab permasalahan di poin sebelumnya, Liners bisa membuat layanan untuk membuat baju yang sesuai dengan bentuk badan mereka.

3. Miliki keinginan terus belajar dan sikap yang bertanggung jawab.

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Unsplash.com / Daria Nepriakhina

Ingat, bahwa dunia ini terus berputar sehingga perubahan pun pasti akan terus terjadi dan tidak dapat dihindari. Untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut, Liners pun harus tetap siap dan bisa beradaptasi dalam setiap kondisi. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah memiliki hati terbuka terhadap berbagai pembelajaran baru agar bisa menemukan solusi dari masalah dengan tepat.

Selain keinginan terus belajar, Liners juga harus memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas yang diembannya. Teman-teman bisa memulainya dengan mempelajari berbagai hal supaya mempunyai pengetahuan yang luas terkait bisnis dan siap untuk berwirausaha. Contohnya seperti proses produksi produk, sistem operasionalnya, hingga metode pemasarannya. Setiap orang yang bertanggung jawab pasti akan berusaha memberikan yang terbaik dan menyelesaikan tugas yang diberikannya.

4. Andalkan pemikiran yang optimis dan semangat pantang menyerah.

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Unsplash.com / Fernando Brasil

Tidak bisa dipungkiri kalau saat memulai bisnis fashion, tentu ada banyak masalah dan tantangan yang dihadapi. Dimulai dari sepinya pengunjung yang membeli, banyaknya modal yang harus dipersiapkan dan masih banyak lagi. Apalagi jika hal yang sudah kita rencanakan ternyata tidak berjalan sesuai harapan.

Berbagai tantangan inilah yang menjadi alasan mengapa wirausahawan harus memiliki semangat dan pemikiran yang optimis. Hal ini dikarenakan mereka harus menganalisis dan mengambil keputusan yang dengan kepala dingin agar usaha tersebut bisa tetap berjalan.
Justru ada banyak manfaat yang bisa diambil dari melakukan kedua hal ini. Contohnya seperti membantu mencegah turunnya motivasi saat berhadapan dengan masalah sulit, mendorong diri supaya bisa tujuan bisnismu bisa tercapai. Ingat kembali alasan positif yang melatar belakangi Liners saat memulai bisnis fashion.

5. Berani mengambil risiko.

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Unsplash.com / Element5 Digital

Mengambil risiko di sini bukan berarti memilih pilihan yang ada secara sembarangan. Namun, para pebisnis mampu memutuskan alternatif yang paling menguntungkan dengan risiko seminim-minimnya agar terhindar dari kesalahan yang fatal. Buktinya seperti kerugian, penipuan, kegagalan, dan sebagainya.

Perlu diingat bahwa keputusan yang diambil oleh para wirausahawan adalah tindakan yang bersangkutan dengan banyak orang. Dibutuhkan keberanian sekaligus wawasan yang luas untuk bisa optimal dalam memutuskan. Sikap optimis serta semangat pantang menyerah itu pun juga harus dibarengi dengan kecerdasan pebisnisnya. Karena itu, jangan sampai keputusan paling menguntungkan yang diambil justru merugikan banyak orang.

6. Kembangkan keinginan tinggi untuk berprestasi.

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Unsplash.com / Krakenimages

Memiliki tujuan untuk meraih prestasi bisa menjadi salah satu cara bagi Liners apabila ingin mengembangkan pemikiran optimis dan semangat pantang menyerah. Miliki prinsip bahwa apa yang sedang dikerjakan saat ini adalah kesempatan sekali yang tidak pernah datang lagi. Dengan begitu, wirausahawan pun bisa bekerja secara maksimal dan tidak asal-asalan.

7. Bersifatlah seperti seorang pemimpin dan bukan bos.

Ciri Wirausahawan Sukses

Sumber: Austin Distel

Walaupun semua wirausahawan ingin bisnisnya maju dan mendapat keuntungan, jangan sampai melupakan rekan-rekan yang sudah bekerja bersama dengan kalian. Seorang pemimpin yang baik dapat dilihat dari bagaimanakah dirinya bersikap dan mendorong rekannya untuk bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Bisa dinilai melalui sikap tanggung jawab, bijaksana, adil, tegas, berani, serta cerdas yang dimilikinya sehingga diandalkan oleh banyak orang.

Penting untuk diperhatikan bahwa mempunyai sifat mau mendengarkan juga berperan besar ketika memulai bisnis. Hargai dan dengarkan pendapat yang mereka ucapkan, karena tidak mudah bagi seseorang untuk bisa melontarkan pendapat mereka. Walau begitu, wirausahawan tetap memiliki kuasa untuk bisa mengambil keputusan yang relevan dengan kondisi.

Bagaimana Liners, sudah paham apa saja yang menjadi ciri-ciri entrepreneurship yang sukses? Pantau terus media Fitinline.com untuk memperoleh ilmu seputar tips memulai bisnis fashion!

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.