Article

Homepage Article Fashion Design Layering System Pada Jaket…

Layering System Pada Jaket Outdoor dan Manfaatnya Untuk Pendakian

Merasa cukup familiar dengan istilah layering system yang biasa diaplikasikan saat memakai jaket outdoor atau ini kali pertama bagi kamu menjumpai istilah tersebut?. Supaya pengetahuanmu tentang layering system saat memakai jaket outdoor jadi bertambah, yuk simak artikel breikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Apa Itu Layering System

Layering system dapat didefinisikan sebagai metode berpakaian yang biasa dilakukan dengan cara menumpuk beberapa lapisan pakaian menjadi satu, dengan material bahan yang berbeda untuk mencapai fungsi yang berbeda pula, namun masih memiliki keterkaitan yang sangat erat antara satu sama lainnya.

Layering System Jaket Gunung

Sumber : https://kailasgear.com/

Khusus untuk aplikasinya pada jaket outdoor, layering system sendiri biasanya terdiri dari tiga lapisan utama yakni lapisan dasar (base layer), lapisan tengah (mid layer) dan lapisan luar (outer layer).

1. Base Layer (Lapisan Dasar)

Base layer merupakan lapisan dasar yang berfungsi untuk menjebak panas agar tubuh tetap hangat  namun disisi lain juga berfungsi untuk menyerap keringat dari kulit kemudian menguapkannya. Bahan yang digunakan biasanya berupa polyester (sintetis) atau morino wool (alami).

2. Mid Layer (Lapisan Tengah)

Mid layer merupakan lapisan yang berfungsi sebagai penghangat atau menjaga panas tubuh. Bahan yang digunakan biasanya berupa kain fleece, lapisan penghangat sintetis (synthetic down) dan lapisan penghangat alami (organic down) seperti bulu angsa.

3. Outer Layer (Lapisan Luar)

Outer layer merupakan lapisan terluar yang memiliki peran sangat penting untuk melindungi tubuh dari hujan, angin dan kondisi lainnya.

  • Outer layer harus dibuat dari bahan yang waterproof dan windproof agar air dan angin tidak masuk ke bagian dalam jaket dan mengenai badan.
  • Outer lyer harus bersifat breathable agar uap keringat bisa keluar dari dalam jaket dan tubuh tetap kering.
  • Outer layer harus tahan lama dan mampu menahan abrasi serta kerusakan dari lingkungan pegunungan yang kasar.
  • Outer layer sering kali dilengkapi dengan fitur tambahan seperti hoodie yang dapat disesuaikan, ventilasi, serta kantong-kantong yang aman dan mudah diakses.
  • Outer layer idealnya juga ringan dan mudah dikemas agar tidak memberatkan pendakian dan perjalanan.
  • Outer layer biasanya memiliki seemsheeld atau perisai untuk melindungi sisi jahitan agar tidak kemasukan air.

Layering System Jaket Gunung

Sumber : https://www.nomadseakayaking.co.uk/

Manfaat Layering Syetem

Selain memberikan rasa nyaman pada pengguna saat berpetualang di alam bebas, layering system pada jaket outdoor juga memiliki manfaat yang besar pada keselamatan pengguna lho. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari layering system yang penting untuk kamu ketahui.

1. Menjaga Suhu Tubuh

Layering system bisa membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil karena memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengurangi jumlah pakaian yang dikenakan sesuai dengan kondisi cuaca dan tingkat aktivitas. 

  • Saat cuaca mulai dingin atau saat aktivitas menurun, kamu bisa menambah lapisan tengah (mid layer) untuk isolasi tambahan.
  • Sementara saat cuaca mulai memanas atau aktivitas meningkat, kamu bisa melepaskan satu lapis pakaian untuk mencegah overheating.

Layering System Jaket Gunung

Sumber : https://www.winfieldsoutdoors.co.uk/

2. Kemudahan Berpakaian

Layering system memungkinkan pengguna untuk cepat menyesuaikan pakaian mereka tanpa harus mengganti seluruh outfit di tengah kondisi cuaca pegunungan yang dapat berubah-ubah dengan cepat.

Layering System Jaket Gunung

Sumber : https://us.alpkit.com/

3. Efisiensi Packing

Dibandingkan membawa satu jaket yang tebal, layering system lebih memudahkan pengemasan dan mengurangi beban saat bepergian. Dengan begitu perlengkapan yang kamu bawa ketika berpetualang di alam bebas, tidak over kapasitas atau under kapasitas.

  • Menggunakan beberapa lapisan biasanya lebih efisien dalam hal ruang dan berat dibandingkan satu lapis jaket yang tebal.
  • Efisiensi saat packing juga menjadi suatu hal yang sangat penting untuk pendakian atau perjalanan di alam bebas.

Layering System Jaket Gunung

Sumber : https://us.alpkit.com/

4. Kenyamanan Bergerak

Setiap lapisan dirancang untuk fungsi tertentu tanpa mengorbankan kenyamanan bergerak. Base layer yang tipis dan fleksibel, mid layer yang menahan panas tubuh dan outer layer yang tahan cuaca, semuanya bekerja sama untuk memberikan kenyamanan optimal pada tubuh.

Layering System Jaket Gunung

Sumber : https://www.popularmechanics.com/

5. Kesehatan Kulit

Layering system yang efektif membantu menjaga kulit tetap kering, menambah kenyamanan pada pengguna saat beraktivitas di luar ruangan dan mengurangi risiko iritasi kulit yang bisa terjadi akibat kelembapan berlebih.

6. Mencegah Hipotermia

Dalam kegiatan hikking seperti mendaki gunung, layering system juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan lainnya seperti hipotermia karena tubuh terpapar suhu yang sangat rendah.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai seberapa penting penerapan layering system ketika memakai jaket outdoor dan manfaat dari layering system itu sendiri. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih outfit yang tepat untuk mendaki gunung dan berpetualang di alam bebas ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket outdoor?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Parasut, Kain Taslan dan berbagai Bahan Jaket terbaik lainya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.