Kimono

Kimono merupakan pakaian tradisional Jepang berbentuk mantel lengan panjang yang didesain menyerupai huruf "T". Istilah kimono sendiri diperoleh dari penggabungan kata ki dan mono yang secara harfiah dapat diartikan sebagai baju atau sesuatu yang dikenakan. Berbeda dengan kimono wanita yang diciptakan dalam bentuk busana terusan, kimono yang dikenakan oleh pria umumnya berbentuk setelan. Dibandingkan dengan kimono wanita, kimono pria umumnya lebih sederhana baik dalam desain, motif dan juga warnanya.

 

Kimono

Sumber : http://semut-atom.blogspot.com

Sebagai bentuk kecintaan terhadap warisan budaya Jepang yang sudah ada sejak zaman edo (1600-1868), para pria dan wanita dinegara tersebut sering kali mengenakan kimono pada berbagai kesempatan istimewa hingga saat ini. Salah satunya berupa furisode kimono yang diciptakan dari bahan sutra dengan kualitas terbaik dalam corak dan warna yang meriah. Hal mendasar yang membedakan furisode kimono ini dengan kimono lainnya adalah ukuran lengannya yang cukup panjang hampir menyentuh tanah.

Kimono

Sumber : http://en.wikipedia.org

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Dalam tradisi yang berkembang di negara Jepang, furisode kimono biasanya dikenakan oleh para wanita yang berusia genap 20 tahun, untuk menghadiri seijin shiki atau hari kedewasaan maupun upacara penting lainnya selama wanita itu belum menikah. Untuk menyempurnakan penampilan ditambahkan pula obi atau sabuk yang dililitkan di bagian pinggang, serta alas kaki bernama zori atau geta.

Kimono

Sumber : http://www.japonic.com

Sementara itu, para pria di Jepang lebih sering mengenakan kimono untuk menghadiri berbagai acara formal seperti kekkon shiki atau pesta pernikahan maupun upacara minum teh. Sedangkan anak-anak biasanya mengenakan kimono untuk menghadiri perayaan Shichi-Go-San. 

Kimono

Sumber : http://blog.asiahotels.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Perlengkapan pendukung yang biasa dikenakan bersama dengan kimono diantaranya berupa hakama atau celana panjang pria yang dibuat dari bahan berwarna gelap, geta atau sandal berhak dari kayu, hiasan rambut wanita menyerupai tusuk konde yang disebut kanzashi, tabi atau kaus kaki sepanjang betis yang dipakai bersama geta, serta obi yang dililitkan dibagian tubuh sewaktu mengencangkan kimono.

Kimono

Sumber : http://www.travellingbooky.com

Sejalan dengan perkembangan dunia fashion, saat ini pemanfaatan kimono telah mengalami pergeseran fungsi kedalam bentuk yang lebih modern. Diantaranya untuk pekerja bidang industri jasa dan pariwisata, pelayan rumah makan tradisional atau ryōtei, dan pegawai penginapan tradisional yang disebut dengan nama ryokan.

Kimono

Sumber : http://www.allposters.com

Semoga bermanfaat.

Tags : busana wanita, designer indonesia, gaun batik pesta, kebaya batik, gaun pesta batik, baju bagus, desain baju, design baju batik, fashion designer, desainer baju

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.