Article

Homepage Article Fashion Design Keistiewaan Cheongsam Dress…

Keistiewaan Cheongsam Dress Tionghoa Yang Bersiluet Pas Badan

Cheongsam merupakan pakaian tradisional Tionghoa yang memiliki siluet pas di badan dengan ukuran panjang hingga sebatas mata kaki, bagian betis atau sebatas lutut. Nama cheongsam sendiri dalam bahasa Kanton Provinsi Guangdong, China dapat diartikan sebagai gaun panjang. Sementara di wilayah Beijing gaun tersebut lebih populer dengan nama qipao atau pakaian panji. Qipao yang diciptakan dalam bentuk busana terusan banyak dikenakan oleh wanita Manchu dari Dinasti Qing yang berdiam di wilayah utara China.

 

Cheongsam

Sumber : http://www.burdastyle.com

Revolusi yang terjadi di tahun 1911, berhasil membawa Dinasti Qing yang dipimpin oleh bangsa Manchu menuju puncak kejayaan dan menjadikan qipao sebagai busana nasional yang dikenakan oleh seluruh wanita China pada tahun 1920. Desain dan tampilannya yang sederhana namun terkesan anggun dan berkelas mampu menjadikan cheongsam sebagai busana andalan yang dapat digunakan untuk berbagai acara formal maupun casual. 

Cheongsam

Sumber : http://yeinjee.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Dari sekian banyak kain tekstil yang dikenal dalam industri garmen, terdapat beberapa jenis kain yang direkomendasikan untuk pembuatan cheongsam, diantaranya berupa wool, twill, satin, cotton, dan sutra. Untuk mempercantik tampilan cheongsam dapat pula ditambahkan aplikasi berbentuk sulaman dekoratif pada bagian kerah, lengan, dan ujung busana.

Cheongsam

Sumber : http://modernqipao.com

Mengacu pada nilai-nilai budaya yang berkembang di Tionghoa, pakaian tradisional cheongsam pada umumnya didominasi oleh warna-warna merah yang dipercaya akan mendatangkan keberuntungan dan kesejahteraan bagi pemakainya. Ragam hias yang ditampilkan pada busana cheongsam diantaranya berbentuk bunga peony, bunga lotus, naga dan ikan. 

Cheongsam

Sumber : http://www.dhresource.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Dalam kepercayaan masyarakat setempat bunga peony diartikan sebagai lambang kemakmuran dan kesejahteraan, bunga lotus sebagai lambang kecantikan, naga sebagai lambang kekuatan, dan ikan sebagai lambang keberuntungan.

Cheongsam

Sumber : http://modernqipao.com

Di negara barat cheongsam dianggap sebagai busana fashionable yang dapat dikenakan pada berbagai kesempatan. Berawal dari situlah, model cheongsam yang mulanya dibuat longgar mulai dikembangkan kedalam bentuk yang lebih ketat dengan ujung lengan yang semakin menyempit. 

Cheongsam

Sumber : http://www.aliexpress.com

Semoga bermanfaat.

Tags : busana wanita, designer indonesia, gaun batik pesta, kebaya batik, gaun pesta batik, baju bagus, desain baju, design baju batik, fashion designer, desainer baju

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.